Tutorial Lengkap Cara Membuat Kerajinan Decoupage

2
5126
cara membuat kerajinan decoupage

Artikel ini khusus dibuat bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat kerajinan decoupage. Tutorial atau langkah-langkah di bawah ini juga akan kami lengkapi dengan alat dan bahan, serta tips-tips agar hasil pekerjaan tampak lebih menawan. Selamat membaca!

decoupage-kerenCantiknya beragam produk decoupage memang tak bisa dipungkiri. Berbagai barang pun bisa dipercantik dengan teknik ini. Selain gelas, toples, dan botol yang sudah sangat umum, meja hingga pintu rumah pun bisa dimodifikasi agar lebih menarik dengan decoupage.

Apa itu Kerajinan Decoupage?

Yang dimaksud dengan kerajinan decoupage sendiri adalah suatu teknik menempelkan gambar pada media untuk kemudian dilapisi dengan coating. Coating umumnya berwarna transparan dengan memanfaatkan penis, plitur, atau top coat.

CS Lem Kayu

Gambar yang ditempel bisa terbuat dari aneka rupa bahan. Kita bisa memanfaatkan kertas koran, gambar di majalah yang bagus, hingga lukisan kita sendiri. Tapi umumnya para pembuat decoupage profesional memanfaarkan napkin atau sapu tangan khusus. Sebab memang tak semua bahan bisa tahan ketika dilem lalu dicat.

Bagi pembaca yang tertarik, silahkan simak tutorial pembuatannya di bawah ini.

Alat dan Bahan

  1. Gambar (napkin decoupage atau bahan lain yang bisa dan Anda sukai).
  2. Lem Eva Phaeton Bio Industries (sangat bagus untuk decoupage)
  3. Coating (disarankan menggunakan cat berbasis air supaya tidak bau,
  4. BioColours).
  5. Kuas
  6. Media yang akan didecoupage
  7. Cat berwarna (opsional).
  8. Amplas

lem-eva-phaeton

Cara Membuat Kerajinan Decoupage

  1. Bersihkan media. Keringkan dan pastikan tak ada minyak yang tertinggal. Bagi yang menggunakan media gelas, Anda bisa menggunakan air perasan detergen dan ambil gelas dengan perantara lain seperti kain bersih. Sebab, tangan kita seringkali mengandung keringat (minyak). Proses pengeringan dilakukan dengan natural saja (diangin-anginkan).
  2. Sementara itu, buat sketsa dan rencana penempatan gambar.
  3. Aplikasikan gambar pada media dengan lem Eva Phaeton.
  4. Tunggu hingga kering.
  5. Anda bisa melukis pada media bila berkenan. Gunakan cat dengan warna yang Anda inginkan.
  6. Tunggu kering, lalu amplas.
  7. Aplikasikan top coat BioColours FA 714. Tunggu sampai kering lalu amplas. Ulangi sampai mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Mudah bukan cara membuat kerajinan decoupage di atas? Nah agar hasilnya makin menawan dan bisa Anda jual di berbagai marketplace seperti olx, tokopedia, dan bukalapak, percantik dengan beberapa kiat di bawah ini

  1. Gunakan pita atau renda untuk gelas, botol, dan toples
  2. Untuk memberi kesan lawas, jangan gunakan top coat yang clear, gunakan saja top coat yang agak kekuningan.
  3. Bila Anda ingin menjualnya, bungkus dengan kotak yang juga cantik. Ingat produk ini unggul karena keindahannya, jadi kita bisa memaksimalkan profit dengan meningkatkan nilai estetikanya tersebut.

cara membuat kerajinan decoupage

Demikian cara membuat kerajinan decoupage dan tips agar hasilnya lebih menawan. Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

2 COMMENTS

    • Dear agan Fadil, silahkan hubungi kami di 082167600692(WA, SMS, atau telp) untuk informasinya. Kami bias saja melakukan kursus bila kondisinya memungkinkan.

      Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here