Membuat Sendiri Meja Belajar Lipat dengan Crossbond X3

0
764
meja belajar lipat

Membuat meja belajar lipat yang mudah bisa dilakukan bersama Crossbond X3. Perekat andalan ini akan membantu Anda menghasilkan meja lipat yang bukan hanya menarik dan kuat, tapi juga bisa diproduksi dengan harga lebih murah. Yuk, simak di bawah ini caranya.

Salah satu jenis furniture yang paling banyak dijual di toko mebel pinggir jalan pastilah meja belajar yang bisa dilipat. Tentu ada alasannya mengapa meja seperti ini begitu laku. Salah satu yang paling kentara adalah karena kebutuhan yang tinggi akan meja tersebut. Kebutuhan yang tinggi menyebabkan permintaan akan meja seperti itu juga menjadi ikut tinggi. Apalagi dengan harganya yang jauh lebih terjangkau dibanding meja belajar konvensional.

Perbandingan harganya bisa begitu besar di mana meja seperti ini ada yang bisa dibeli puluhan ribu saja sedangkan meja belajar harganya sampai ratusan bahkan jutaan rupiah.

CS Lem Kayu

Sinyal tinggi akan permintaan meja ini pun tak pelak direspon oleh pelaku usaha mebel. Selanjutnya, terlihatlah fenomena yang kita lihat di mana meja ini menjadi begitu banyak dijual.

Yang disayangkan, kebanyakan penjual tidak membuat mejanya sendiri. Banyak yang hanya menjadi perantara semata. Padahal proses pembuatan meja seperti ini sebetulnya tidak sulit dilakukan. Bagi Anda yang bukan orang awam di industri mebel, proses pembuatan meja sebetulnya cukup ringkas. Begitu untuk membuat meja terlihat lebih menarik sehingga lebih disukai anak-anak. Nah, di kesempatan ini, lemkayu.net akan membantu Anda untuk membuat meja belajar seperi ini. Cara yang disajikan di bawah ini dipilih dari berbagai cara yang paling sederhana sehingga akan mudah diikuti.

Cara Membuat Meja Belajar Lipat: Cara I

Alat dan Bahan

1. Kayu. Luas dan jumlah potongan kayu yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran meja. Misalnya, meja ingin dibuat dengan permukaan 30 x 50 cm, sedangkan tingginya 25 cm. Maka, sediakan potongan kayu untuk papan yang ketika disandingkan berukuran 30 x 50 cm, potongan untuk kaki 4 buah setinggi 20 cm, lebar 5 cm, dan tebal 3 cm, penopang papan 1 buah, 2 apron ukuran 50 cm, lebar 7cm, dan 2 apron 30 cm, dengan lebar 7 cm.
2. Skrup penyambung
3. Bor
4. Paku
5. Lem kayu Crossbond X3
6. Kuas
7. Gambar poster atau napkin decoupage
8. Lem kerajinan Ultra Phaethon
9. Cat
10. Amplas
11. Pemotong kayu
12. Clamp Press
13. Pegangan untuk membawa meja

Langkah-langkah Membuat Meja Belajar Lipat

meja belajar lipat (2)

1. Siapkan dulu semua kayu yang akan digunakan. Kayu-kayu tersebut harus sudah halus, rata, bersih, dan kering. Bila kayu masih kasar, gunakan amplas untuk menghaluskannya. Potong juga kayu menurut petunjuk yang disebut di atas.
2. Siapkan permukaan meja. Jajarkan potongan kayu yang Anda siapkan. Pada tiap sisinya, aplikasikan lem Crossbond. Silangkan bagian penyambung papan berlawanan arah. Aplikasikan lem, lalu pakukan agar kuat.
3. Gunakan clamp press supaya ikatan lem benar-benar kuat.
4. Siapkan kayu untuk apron.
5. Rekatkan kayu untuk apron sesuai ukurannya. Yang 50 cm sejajar dengan panjang permukaan meja, dan yang 30 cm sejajar dengan permukaan lebar meja. Gunakan lem Crossbond. Bila perlu terapkan skrup sudut untuk membuatnya lebih kuat.
6. Pasang kaki. Pemasangan kaki adalah bagian tricky untuk membuat meja belajar lipat. Sebetulnya caranya sederhana saja. Pasang kaki di bagian dalam sudut apron sebagaimana biasanya. Namun saat memasangnya dengan skrup, biarkan ikatannya tidak begitu rekat, jadi kaki masih bisa digerakkan.
7. Pasang pegangan menggunakan lem serta skrup.
8. Aplikasikan finishing dengan warna sesuai selera Anda.
9. Agar lebih bagus, tempelkan poster atau aplikasikan decoupage pada permukaan meja. Untuk aplikasi decoupage, silahkan simak penjelasan kami di artikel Semua Tentang Decoupage.
10. Selesai!

Cara Membuat Meja Belajar Lipat: Cara II

Aplikasi cara pembuatan study desk yang bisa dilipat di atas memang mudah diikuti. Tapi bagi sebagian dari Anda, mungkin cara di atas kurang feasibel. Pasalnya, penggunaan kayu solid akan membuat meja menjadi lebih mahal. Padahal target pasar Anda adalah konsumen yang tak mempunyai daya beli setinggi itu.

Nah, untuk mengakali hal ini, Anda bisa memanfaatkan pemakaian kayu olahan. Pada dasarnya proses pembuatan meja belajar lipat yang dilakukan tak berbeda dengan cara di atas. Hanya saja, untuk finishingnya, Anda tidak bisa menggunakan cat. Untuk kayu olahan, gunakan pelapis seperti veneer. Agar menarik bagi anak, Anda juga bisa menggunakan laminate motif menarik di bagian permukaan meja. Tak sulit bukan? Aplikasi decoupage juga bisa diandalkan agar meja lebih menawan.

Cara ini memang tak akan menghasilkan meja belajar yang lebih kokoh dibanding cara pertama. Namun cara ini juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. biaya produksi lebih rendah
2. harga jual produk yang nantinya akan lebih terjangkau

Segera Pesan Crossbond untuk Membuat Meja Belajar Lipat

Berbagai produk dengan bahan dasar kayu, baik itu meja ruang tamu atau meja belajar foldable seperti yang dijelaskan di atas, membutuhkan lem sebagai salah satu bahan pendukung pembuatannya. Bio Industries sebagai salah satu pelopor manufaktur dengan produk ramah lingkungan pun kini menyediakan lem khusus yang bisa Anda andalkan.

lem kayu untuk finger joint terbaik

Kami menyediakan Crossbond dengan formulasi modern, PVAc water based. Lem ini didesain secara khusus dan dibuat dengan teknologi terbaik untuk menghasilkan produk berkualitas yang harganya terjangkau. Tak hanya kuat, Crossbond juga memiliki ketahanan yang baik, cepat kering, mudah digunakan, cover area luas, dan solid content yang tinggi.

Crossbond juga terdiri atas dua varian, yakni Crossbond X3 untuk perekatan rangka, dan Crossbond X4 untuk perekatan pelapisan. Keduanya bisa diandalkan bersama untuk menghasilkan produk kayu berkualitas unggulan.
Tertarik bukan dengan adhesive ini? Crossbond bisa dibeli dengan cara yang mudah. Anda bisa menghubungi CS kami dan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Membuat pesanan dengan keterangan nama pemesan, jenis produk yang ingin dibeli, jumlah produk, dan alamat pengiriman.
2. Mendapat invoice dari CS kami. Invoice mencakup keterangan detil produk yang akan Anda beli serta total tagihannya.
3. Membayar ke nomor rekening yang kami sebutkan sesuai dengan jumlah tagihan pada invoice.
4. Mengirimkan bukti pembayaran.
5. Mendapat nomor resi dari CS kami.

Dengan maraknya pembelian adhesive ini, Crossbond juga membuka keagenan bagi Anda yang berminat. Jangan sia-siakan kesempatan meraup untung dengan lem masa depan industri woodworking ini ya!

Nah, mudah bukan cara membuat meja belajar lipat di atas? Berbekal Crossbond X3 yang bisa dipesan dengan praktis, Anda akan berhasil membuat aneka meja belajar yang bisa dilipat dengan kualitas terbaik namun lebih murah.
Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here