Contoh Kerajinan dari Kayu dan Cara Pembuatannya yang Simpel dan Mudah

0
7394

Bicara mengenai contoh kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya memang seolah tak ada habisnya. Bagaimana tidak? Terdapat banyak sekali tipe kerajinan yang bisa kita temukan.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Kekokohan bukan satu-satunya keunggulan yang ditawarkan kayu. Beda dengan besi dan bahan solid sintetis lainnya, kayu menawarkan estetika atau keindahan. Meski merupakan padatan, bahan ini juga relatif lunak sehingga bisa dibentuk secara fleksibel. Singkatnya, berbagai sifat kayu ini membuatnya menjadi bahan craft atau kerajinan tangan yang bagus.

Kayu sebagai Bahan Kerajinan?

perawatan kayu alami natural oil

Kayu sebagai bahan kerajinan telah termanifestasikan dalam aneka bentuk sejak zaman dulu kala. Hingga hari ini, pemanfaatan kayu sebagai bahan craft juga terus dilakukan. Munculnya bahan-bahan sintetis tak membuat kayu menjadi pilihan kedua. Malah belum ada bahan sintetis yang bisa menyaingi material alami ini dalam industri craft.

Baca Juga : contoh kerajinan dari kayu

Yang menarik, pemanfaatan kayu sebagai bahan kerajinan merupakan sebuah langkah "green". Pasalnya, industri kerajinan bisa memanfaatkan kayu limbah dari pengolahan kayu untuk kebutuhan lain seperti furniture. Kayu-kayu daur ulang seperti palet pun bisa juga diolah lebih lanjut menjadi hiasan dekoratif.

promo produk biovarnish wood filler

Baca Juga : cara membuat tempat pensil dari bambu sederhana

Contoh Kerajinan dari Kayu dan Cara Pembuatannya

Nah, sebagai inspirasi bagi Anda yang tertarik berkecimpung di bidang ini, berikut ini kami sajikan contoh kerajinan kayu yang mudah dibuat dan garis besar pengolahannya.

Hiasan Dinding Kayu Palet

Punya sisa kayu palet atau potongan kayu bekas memanjang? Coba siapkan papan kayu lebih lebar dan beberapa potong palet tersebut. Rekatkan palet pada alas kayu kemudian aplikasikan finishing vintage hingga white wash. Hasilnya? Hiasan dinding super cantik!

Baca Juga : cara membuat tempat pensil dari kayu yang mudah

Miniatur Kayu Aneka Bentuk

Aneka miniatur sangat bisa Anda buat dari bahan kayu. Misalnya saja miniatur sepeda hingga berbagai jenis hewan. Cara pembuatan craft ini memang terbilang rumit. Namun bisa saja kita buat lebih mudah bila yang ingin dibuat memiliki bentuk sederhana.

Mainan Kayu

Contoh kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya yang lain adalah mainan kayu. Mainan kayu bisa berbentuk rumah boneka barbie, mobil-mobilan, boneka kayu kecil, hingga peralatan masak tiruan. Pangsa pasar craft ini adalah anak-anak. Sehingga memanfaatkan warna-warna cerah dengan bentuk yang menarik sangat dibutuhkan.

Baca Juga : contoh kerajinan kotak dari stik es krim

Tempat Pensil

Ada banyak cara membuat tempat pensil dari kayu. Misalnya saja membentuknya kotak atau bulatan. Kita juga bisa menggunakan cabang-cabang kayu yang kemudian dilem mengitari rangka tabung yang sudah disediakan sebelumnya.

Pembatas Buku Bagus

Terakhir, bisa juga kita membuat pembatas buku dari bahan kayu bekas. Toh cara pembuatannya secara umum sangat mudah. Hanya diperlukan dua kayu yang disambungkan sebagai alas dan badan. Penyambungannya bisa mengandalkan teknik sambungan tamu yang sederhana kemudian dikuatkan dengan lem Crossbond. Nah, supaya lebih menarik, rekatkan organem lain pada pembatas buku ini.

Baca Juga : kerajinan kayu dan cara pembuatannya

Bagaimana? Tertarik membuat sendiri kerajinan kayu? Mulailah dengan meniru aneka contoh kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya di atas. Setelah itu, kembangkan kreativitas Anda sendiri untuk produk yang lebih bagus.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here