Yuk, Intip Ide Kerajinan dari Kayu dan Cara Pembuatannya Ini

0
3834
tempat lilin kayu

Bicara mengenai kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya sudah pasti tak akan ada habisnya. Sebab ada banyak jenis ide yang bisa digali sekaligus diwujudkan.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Kayu bukan hanya kuat dan bisa menghasilkan produk-produk yang mengandalkan kekuatannya. Selain kuat, material ini juga memiliki tampilan cantik yang bisa kita andalkan untuk membuat aneka handicraft dan benda-benda seni bernilai tinggi. Di Indonesia, usaha kerajinan memanfaatkan kayu pun sudah termasuk luar biasa. Beragam produk asli Indonesia telah melalang buana ke berbagai negara. Tertarik untuk mengikuti langkah ini? Bila jawaban Anda iya, mulailah dulu dengan kerajinan-kerajinan yang cara pembuatannya sederhana namun bisa Anda jadikan semenarik mungkin. Berikut contoh beberapa kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya.

perawatan kayu alami natural oil

Baca Juga : cara membuat kerajinan dari kayu

Frame untuk Kaca maupun Gambar

Frame atau figura secara teknik termasuk mudah dibuat. Sehingga setelah menguasai cara pembuatan dasarnya, Anda bisa menerapkan cara khusus untuk membuatnya lebih menarik. Misalnya dengan menambahkan ukiran tradisional, menambahkan decoupage menggunakan pola asli nusantara, hingga menggunakan bahan tambahan seperti rotan dan eceng gondok.

Baca Juga : cara mudah membuat kerajinan kotak pensil dari triplek

promo produk biovarnish wood filler

Kerajinan dari Kayu dan Cara Pembuatannya

Hiasan Dinding Kepala Rusa

Pada artikel sebelumnya, kami telah menyajikan cara membuat hiasan kepala rusa. Silahkan buka artikel tersebut untuk penjelasan lebih lanjut. Nantinya, prinsip pembuatan hiasan seperti itu bisa Anda aplikasikan untuk jenis hiasan dinding lainnya.

Gantungan Kunci

Kerajinan dari kayu seperti gantungan kunci merupakan salah satu tipe craft yang sangat populer. Pilihlah bentuk yang menarik dan jarang dibuat orang. Kombinasikan kayu dengan bahan natural lainnya misalnya dengan rotan dan biji-bijian.

Baca Juga : cara membuat tempat lilin dari kayu

Asbak

Berbekal sedikit bahan, asbak-asbak kayu bisa Anda hasilkan. Cara membuat kerajinan ini tergolong mudah dilakukan karena Anda hanya perlu mengelem komponen kayu menggunakan lem yang bagus seperti Crossbond X3.

Miniatur

Berbagai miniature seperti miniatur kendaraan maupun bangunan-bangunan bersejarah sangat cocok dijadikan suvenir. Misalnya miniatur kecil candi Borobudur yang terbuat dari kayu hingga miniatur sepeda ontel khas Jogja. Cara pembuatan produk seperti ini memang tak bisa dikatakan mudah. Jadi mulailah dengan benda-benda yang sederhana saja.

Baca Juga : cara membuat kerajinan dari stik

Kerajinan dari Kayu dan Cara Pembuatannya

Vas

Kata siapa kayu tak bisa dibuat vas? Justru karena “jarang”, wooden vase Anda akan tampak menarik dibanding vas yang lain. Supaya lebih menarik, Anda bisa mengaplikasikan teknik tertentu seperti decoupage.

Kerajinan dari Kayu dan Cara Pembuatannya

Wadah Lilin

Contoh lain kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya yang menarik dibuat adalah wadah atau tempat lilin. Cara pembuatanya mirip dengan asbak maupun vas, hanya saja lebih kecil.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here