5 Ide Kerajinan Batok Kelapa Paling Menarik

0
22

Ada setidaknya 5 ide kerajinan batok kelapa! Apa saja ya daftar craft atau kerajinan tersebut? Ayo disimak. Siapa tahu kamu jadi pengusaha kaya dengan membuat satu di antara kerajinan ini.

Tahukah kamu bahwa selain industri furniture, industri kerajinan Indonesia pun diandalkan secara nasional? Beberapa pengusaha, termasuk pengusaha muda berhasil mengekspor produknya ke berbagai negara di dunia. Itupun omset mereka terus naik, dan mereka mengaku bahwa mereka kesulitan menerima pesanan secara global.

Kerajinan yang dibuat pun bukan kerajinan yang sulit dan bahannya susah didapatkan. Malah ada beberapa kerajinan yang justru dibuat dari bahan yang tak terpakai, misalnya hiasan dari kayu palet atau kayu bekas peti kemas. Ada juga produk seperti cocopot yang banyak dicari karena multifungsi dan visualnya pun menarik.

Apa Anda tertarik untuk membuat aneka kerajinan seperti itu? Ada banyak sekali ide yang bisa Anda eksplor. Salah satunya adalah mengembangkan aneka craft cantik dari batok kelapa.

CS Lem Kayu

Kenapa batok kelapa? Sebab material ini hanya terdapat di negara tropis. Jadi sudah pasti, bahan batok kelapa akan menarik minat negara-negara maju yang kebanyakan berada di iklim subtropics. Nah, kali ini, kami akan bagikan ide kerajinan berbasis batok kelapa yang bagus.

5 Ide Kerajinan Batok Kelapa

Gantungan Kunci

Ide Kerajinan Batok Kelapa

Material batok kelapa memiliki sifat yang sangat keras dan densitasnya pun tinggi. Dari segi penampakan, material ini memiliki warna yang menarik dari coklat muda hingga coklat tua. Visual dan kuatnya batok kelapa bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan beragam jenis gantungan kunci. Buat saja bentuk cetakan yang menarik seperti kupu-kupu, miniature prambanan, dan lain sebagainya.

Gantungan kunci ini bisa dijual sebagai souvenir ataupun untuk cinderamata pada acara-acara tertentu. Misalnya untuk souvenir pada seminar yang bertemakan Indonesia. Pasti amat menarik. Pembuatannya pun tergolong mudah dan murah.

Bunga

Selain bisa dibentuk menjadi gantungan kunci, batok kelapa juga bisa dibentuk menjadi bunga. Batok yang kecil bisa kita pakai untuk membuat tiruan kuncup bunga. Sedangkan yang besar bisa dipotong untuk membentuk mahkota bunga yang mekar.

Bunga dari bahan batok ini nanti bisa disambungkan ke kayu sebagai tangkainya. Ketika dirangkai dalam vas besar, pasti ia akan menjadi penghias ruangan yang amat cantik. Selain itu, bunga-bunga ini juga bisa dijadikan hiasan dinding. Tempel saja batuk kelapa yang dibentuk bak mahkota bunga pada papan dengan pola seperti bunga. Setelah itu, papan tinggal dipajang saja di dinding ruangan.

Vas dan Berbagai Wadah

Ide Kerajinan Batok Kelapa

Ide lain yang bisa kami berikan untuk membuat kerajinan batok kelapa adalah dengan membuat vas dan aneka wadah. Ya, vas atau pot bunga! Ini pun sudah kami bahas secara khusus di artikel sebelumnya. Pot bunga dari tempurung kelapa bisa didesain sebagai pot gantung atau biasa saja. Selain menarik, tanaman juga bisa menyerap nutrisi berguna dari batok tersebut.

Selain sebagai pot tanaman hidup, material ini juga bisa dibuat untuk vas bunga hias, tempat smartphone, tempat permen, wadah penganan, hingga wadah uang kecil. Pasti menarik memiliki wadah yang bentuknya bulat dengan warna natural menarik ala material ini.

Membuat Kerajinan Batok Kelapa Tak Biasa : Tas dan Dompet

Ya, tas dan dompet! Anda juga bisa lho membuat produk fashion dari bahan tempurung kelapa. Dan memang sudah ada yang memproduksinya. Hanya saja, popularitas tas dan dompet seperti ini masih kalah populer dibanding tas dan dompet yang terbuat dari kain. Selain itu, penggunaannya di masyarakat awam pun masih jarang. Padahal, tas dan dompet yang dihasilkan dari tempurung kelapa memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh produk dari merk lainnya.

Bagaimana cara membuatnya? Memang tidak semudah pembuatan kerajinan lainnya yang disebut di artikel kali ini. Tapi kalau Anda sudah tahu basic pembuatan tas dan dompet, Anda sebetulnya tinggal mengaplikasikan saja penggunaan bahan yang keras ini.

Lampu Hias

Kafe dan restaurant adalah dua usaha yang sedang naik daun karena sektor pariwisata yang meningkat beberapa tahun ini. Selain itu, semakin urbannya masyarakat juga berimplikasi pada semakin tingginya demand akan ketersediaan kafe dan juga restaurant.

Nah, adanya ceruk pasar seperti ini, bisa Anda manfaatkan lebih jauh. Anda bisa membuat kerajinan batok kelapa berupa lampu hias. Hasilnya pasti sangat menarik. Batok bisa dijadikan lampu gantung ataupun lampu meja. Cara pembuatannya juga mudah dilakukan. Eksplor saja kreativitas Anda. Misalnya dengan melubangi batok kelapa dalam jumlah yang banyak sehingga cahaya dari lampu akan berpendaran indah dari dalam lampu hias tersebut.

Gunakan Crossbond ya untuk Membuat Kerajinan Batok Kelapa

Kreativitas adalah hal yang mutlak tatkala Anda ingin menghasilkan beragam produk menarik seperti aneka kerajinan batok kelapa di atas. Tapi ingat, selain kreativitas, pastikan juga Anda mengandalkan lem yang tepat.

Khusus untuk kerajinan yang kuat, tahan lama, tidak bau, tidak glue line, dan ramah lingkungan (eco friendly), kami sarankan untuk menggunakan Crossbond. Lem Crossbond adalah lem PVAc water based. Lem ini bukan hanya kuat dan tahan lama. Beberapa aspek yang membuat Crossbond unggul sebagai lem kerajinan terletak pada sifatnya yang mudah digunakan, aman, tidak berbau menyengat, warna tersembunyi, dan lapisan lemnya tipis. Hal-hal itu akan membantu Anda menghasilkan kerajinan yang benar-benar indah namun tetap kuat dan tahan lama.

Kontak dan Pemesanan Crossbond

Tunggu apa lagi? Yuk, beli Crossbond sekarang juga. Pembelian lem ini sangat mudah lho dilakukan. Anda bisa membeli dengan cara melakukan pemesanan secara online. Hubungi saja customer service kami untuk dipandu dalam proses pemesanan yang cepat, ramah, dan profesional.

lem kayu terbaik

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Jauh dari Bio Service Point? Hubungi CS kami. Kami memiliki beberapa agen di beberapa kota di Indonesia. Siapa tahu kami memiliki agen yang domisilinya dekat dengan tempat di mana Anda tinggal.

Nah, kiranya, demikianlah informasi mengenai ide pembuatan kerajinan batok kelapa yang bisa kami bagikan. Batok atau tempurung kelapa memang material yang amat menarik. Dari material ini, kita bisa membuat vas bunga, lampu hias, sampai dompet! Kuncinya adalah daya kreativitas Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mengandalkan lem Crossbond. Lem Crossbond merupakan lem PVAc water based.

Lem Crossbond aman digunakan, kuat, tahan lama, tidak bau, warnanya tersembunyi, dan mudah digunakan. Karakter tersebut membuat Crossbond sangat ideal sebagai adhesive untuk membuat beragam jenis kerajinan batok kelapa.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Nantikan ide-ide menarik yang lain di situs mengenai dunia perekatan ini, lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here