Ini lho Perbedaan Mesin Planer dan Jointer

0
27
perbedaan mesin planer dan jointer

Apa ya perbedaan mesin planer dan jointer? Ayo, temukan jawabannya dalam pembahasan lengkap di bawah ini.

Terdapat sangat banyak alat dalam industri woodworking. Ada mesin ketam, pengamplas dan masih banyak lagi. Tiap-tiap alat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan yang jelas, semuanya didesain untuk mempermudah kerja para woodworker.

Di antara berbagai perlengkapan perkayuan, kita bisa membedakan alat yang sederhana dan yang tergolong canggih. Contoh alat yang tergolong canggih adalah planer dan jointer. Kedua alat ini jarang dimiliki oleh woodworker pemula atau para pelaku usaha mebel kecil. Sebab keberadaan keduanya memang lebih tepat untuk pengerjaan proyek kayu berskala sedang hingga menengah.

Sayangnya, banyak yang masih bingung mengenai dua mesin ini. Malah banyak yang menganggap bahwa keduanya sama. Padahal, antara planer dan jointer, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Dan kali ini, lemkayu akan membahas perbedaan kedua mesin itu. Tapi sebelumnya, kita harus tahu dulu pengertian masing-masing mesin.

Perbedaan Mesin Planer dan Jointer

Apa itu Mesin Planer?

CS Lem Kayu

Mesin planer adalah mesin untuk menyamakan ketebalan kayu. Misalnya begini. Anda sedang mengerjakan proyek pembuatan buffet dalam jumlah yang relative banyak. Sayangnya, supply kayu yang Anda peroleh ternyata memiliki ketebalan yang berbeda. Ujung sebuah kayu lebih tebal dibanding ujung yang lain. Kalau proyek Anda kecil saja, barangkali Anda bisa mengatasi masalah tersebut secara manual. Tapi hampir semua kayu yang Anda beli memiliki ketebalan yang tidak seragam. Nah, mesin planer bisa menjadi solusi atas masalah Anda. Mesin ini sendiri bisa dibagi menjadi dua, yakni yang statis seperti meja, dan yang portable.

Apa itu Mesin Jointer?

Di atas sudah dijelaskan mengenai mesin planer. Untuk mengetahui perbedaan mesin planer dan jointer tentu kita juga harus mengenal apa itu jointer wood machine. Secara sederhana, mesin jointer adalah mesin yang didesain untuk meratakan permukaan kayu. Kasusnya sama dengan planer. Katakanlah Anda mendapat proyek besar untuk membuat cabinet dapur. Tapi kayu yang Anda beli ternyata banyak yang melengkung. Ujung-ujung kayu tidak rata. Nah untuk mengatasi ini, Anda bisa memanfaatkan jointer. Jointer berupa meja yang terbagi dari dua bagian. Di tengah-tengahnya terdapat mata pisau untuk memotong permukaan kayu supaya rata. Perlu keterampilan khusus untuk menggunakan jointer. Silahkan baca artikel kami agar Anda paham bagaimana cara kerja mesin jointer.

Perbedaan Mesin Planer dan Jointer

Dari penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa beda utama antara mesin planer dan jointer terletak pada fungsinya. Yang satu berfungsi untuk meratakan permukaan kayu, sedangkan yang lain untuk menyamakan ketebalan kayu.

Sekilas fungsi tersebut seolah sama. Dan banyak pula yang salah paham mengenai kedua tujuan tersebut. Planer, misalnya, sering dianggap sebagai mesin untuk meratakan permukaan kayu. Padahal, fungsi itu ada pada jointer, bukan planer.

Ilustrasinya seperti ini. Misalnya Anda mendapati kayu-kayu yang agak melengkung. Dari segi ketebalan sebenarnya kayu-kayu itu sama tebalnya dari ujung ke ujung (misal ketebalannya seragam 5 cm). Tapi kayu itu tidak bisa digunakan karena ujungnya melengkung. Nah, untuk mengatasi ini, jointer adalah alat yang tepat untuk Anda.

Karena fungsinya yang berbeda, tampilan kedua mesin pun akhirnya juga terlihat berbeda. Bila kita lihat di antara keduanya, jointer terdiri dari dua bagian dengan mata pisau di tengah. Sedangkan planer stationary (statis) tidak terbagi atas dua bagian. Pada planer ada satu mata pisau yang akan mengikis permukaan kayu supaya ketebalannya seragam.

Simpulan

Di atas telah dijelaskan panjang lebar mengenai perbedaan mesin planer dan jointer. Dari pembahasan panjang itu, bisa kita ringkas atau simpulkan bahwa:

  1. Mesin planer adalah mesin untuk menyamakan ketebalan kayu
  2. Mesin jointer adalah mesin untuk meratakan permukaan kayu.
  3. Perbedaan mesin planer dan jointer yang paling utama terletak pada aspek guna atau fungsinya. Dan karenanya, penampakan kedua mesin pun berlainan.
  4. Meski berbeda, namun kedua mesin sama pentingnya dalam pengolahan kayu.
  5. Mana yang harus dipilih di antara keduanya? Jawabannya sesuai kebutuhan Anda.
  6. Selebihnya, pastikan membeli dengan memerhatikan spesifikasi produk sampai rasionalitas harganya. Misal pada planer, perhatikanlah berbagai aspek mulai dari mata pisaunya sampai tipenya.

Jangan Lupa Gunakan Crossbond ya

Lemkayu adalah situs yang mengangkat tema dunia woodworking khususnya perekatan. Situs ini sengaja kami kembangkan agar pembaca bisa mendapatkan informasi mengenai alat-alat pertukangan dan bahan yang diperlukan.

Sebagai situs yang peduli dengan dunia woodworking nasional, kami juga secara khusus menyediakan produk perekat tersendiri. Produk yang kami rekomendasikan adalah Crossbond.

Crossbond adalah adhesive yang terdiri atas dua tipe atau varian. Tipe pertama adalah Crossbond X3 dan tipe kedua adalah Crossbond X4.

Crossbond X3

Crossbond X3 merupakan lem untuk perekatan sambungan kayu. Lem ini bisa digunakan untuk menyambungkan komponen mebel, komponen kerajinan, sampai untuk rangka dalam ruangan (indoor).
Karena merupakan lem indoor, adhesive ini didesain agar tidak memiliki bau menyengat. Selain itu, keamanan lem ini juga tak perlu dipertanyakan lagi. Selebihnya, Crossbond X3 adalah lem yang sangat kuat, tahan lama, tidak menyebabkan glue line, sangat hemat digunakan, dan tidak menyebabkan lapisan film lem yang tebal.

crossbond x3

Crossbond X4

Varian kedua Crossbond adalah Crossbond X4. Berbeda dengan Crossbond X3, Crossbond X4 adalah lem outdoor dan indoor untuk perekatan lapisan lebar. Misalnya, untuk merekatkan veneer pada kayu, untuk merekatkan tripleks, sampai memasang lantai kayu parquet serta decking. Lem ini juga memiliki berbagai kelebihan sebagaimana Crossbond X3 mulai dari daya rekatnya yang sangat baik sampai sifatnya yang aman digunakan. Kelebihan khusus Crossbond X4 terletak pada sifatnya yang lebih tahan terhadap berbagai faktor yang bisa merusaknya.

Nah, bagaimana? Baik Crossbond X3 ataupun Crossbond X4 memiliki perbedaan sebagaimana perbedaan mesin planer dan jointer. Akan tetapi, meski keduanya berlainan, namun keduanya sama-sama dibutuhkan dalam suatu proses pengerjaan produk kayu.

lem untuk dinding kayu

Maka dari itu, belilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda membutuhkan keduanya, langsung beli saja keduanya.

Bagaimana cara membeli Crossbond?

Mudah sekali. Anda bisa membeli di toko online seperti Tokopedia hingga Shopee. Selain itu, tentu saja Anda juga bisa membeli di lemkayu.net secara langsung. Silahkan kontak Customer Service kami lewat WA, email, dan lain sebagainya untuk informasi dan pemesanan.

Bagaimana denagn pembelian secara langsung? Pembelian secara langsung dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Nah, kiranya demikian informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga informasi mengenai Crossbond serta perbedaan mesin planer dan jointer ini bisa memberikan manfaat ya.

Nantikan terus berbagai artikel dan informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here