Si Wangi Kayu Rosewood yang Penuh Kejutan

0
26

Salah satu jenis kayu yang populer di dunia adalah kayu rosewood. Apa sih yang sebetulnya dimaksud dengan rosewood? Apa semua anggota genus Dalbergia tergolong dalam kelompok ini?

Pernahkah Anda mendengar mengenai kayu rosewood? Kebanyakan orang Indonesia masih asing dengan istilah ini. Tapi tidak dengan mereka yang berkecimpung di dunia pertukangan.

Rosewood adalah kelompok kayu yang terdiri dari beberapa spesies Dalbergia. Di negara-negara barat, baik itu Eropa ataupun Amerika Serikat, rosewood biasanya mengacu pada Dalbergia nigra yang mendapat julukan rosewood Brazil. Kayu dari D. nigra ini menghasilkan wangi yang manis dan unik yang bisa bertahan sampai bertahun-tahun masa pakainya. Dan itulah yang membuat genus Dalbergia identic dengan nama rosewood yang secara literal bermakna kayu mawar di Bahasa Indonesia.

Selain D. nigra, spesies Dalbergia lain yang terkenal adalah Dalbergia latifolia. Jenis ini ditemukan di benua Asia. Anda tahu namanya di Indonesia? Ya, itulah kayu yang biasa kita sebut dengan nama sonokeling. Selain terdapat di Indonesia, kayu ini juga banyak ditemukan di India dan juga Pakistan.

CS Lem Kayu

Dari berbagai spesies kayu rosewood sendiri, harga paling mahal dicetak oleh Dalbergia maritima yang berasal dari Madagaskar. Kayu D. maritima dikenal karena warnanya yang merah merona. Sayangnya, kayu yang juga biasa disebut bois de rose ini terancam keberadaannya di alam akibat aktivitas pembalakan liar.

Perlu dicatat, tidak semua genus Dalbergia adalah termasuk rosewood. Beberapa dikelompokkan tersendiri karena memang karakteristiknya yang berlainan. Misalnya saja yang terkenal adalah African blackwood, kingwood, dan Brazilian tulipwood. Spesies-spesies tersebut masuk dalam genus Dalbergia, akan tetapi tidak digolongkan sebagai rosewood.

Ciri-ciri Kayu Rosewood

Berikut ini beberapa ciri khas yang biasa ditemukan pada rosewood.

kayu rosewood
  1. Serat yang kasar dengan warna keperakan serta mengkilap sehingga kadang menyerupai kayu yang baru saja dipoles dengan semir kayu glossy atau mengkilap.
  2. Secara alami memilik bau khas yang wangi, sedangkan beberapa spesies memiliki bau yang unik dan khas. Tapi ketika dijual, ada kalanya bau rosewood sudah berubah gara-gara pengolahan tertentu yang dilakukan oleh penjualnya (misalnya menggunakan pengawet solvent based)
  3. Memiliki warna coklat hingga kemerahan di bagian teras, dan warna terang seperti coklat muda hingga kuning di bagian luar.

Kenapa sih harus memerhatikan karakteristik kayu rosewood ini? Jawabannya, karena di pasaran kadang dijual rosewood palsu. Salah satu ciri rosewood palsu adalah warnanya yang mencoba menyontek warna kayu asli tapi terlalu tajam. Beberapa bagian kayu juga masih terlihat putih sehingga menunjukkan bahwa warna kayu tersebut telah dipalsukan.

Karakteristik Teknis

  1. Mudah dikerjakan secara manual ataupun dengan alat. Namun kayu terasnya sulit diwarnai
  2. Densitas kayu 593kg/m3
  3. Tahan terhadap rayap
  4. Tidak tahan terhadap kumbang bubuk
  5. Perbedaan warna kontras antara bagian teras dengan bagian kayu gubal

Pemanfaatan

Kayu rosewood banyak digunakan untuk:

  1. Membuat berbagai jenis furniture dari dining chair, buffet, cabinet, meja, meja rias dan masih banyak lagi
  2. Digunakan untuk membuat pegangan pada berbagai perabot
  3. Pembuatan berbagai jenis kerajinan
  4. Pembuatan mainan seperti catur
  5. Pembuatan alat musik seperti gitar
  6. Digunakan untuk rangka bangunan
  7. Digunakan untuk membuat berbagai jenis elemen bangunan dari pintu, lantai kayu, sampai frame jendela

Pengolahan Rosewood Butuh Lem yang Tidak Bau

Pengolahan rosewood seharusnya dilakukan dengan prinsip universal seperti saat kita mengolah kayu yang lain. Prinsip tersebut adalah memaksimalkan kualitas kayu tersebut dan menekan kekurangannya. Ingat, salah satu kelebihan utama kayu ini adalah karakternya yang mampu menghasilkan bau yang harum dan unik. Karenanya, semestinya proses pengolahan kayu ini tidak mereduksi bau tersebut. Kalaupun baunya pada akhirnya berkurang, kita harus bisa meminimalisirnya.

Bagaimana cara agar bau rosewood tidak berkurang secara signifikan? Salah satu usaha penting yang mesti dilakukan adalah memilih bahan-bahan yang tidak menghasilkan bau menyengat. Misalnya, hindari menggunakan cat solvent. Sebab apa? Sebab cat solvent hampir pasti menghasilkan bau pedas menyengat yang bertahan sampai berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Gunakanah cat water based atau cat berbasis air.

Demikian pula dengan lemnya. Hindari memilih lem solvent based saat mengolah kayu ini. Gunakan lem water based seperti Crossbond.

Kami Sedia Crossbond

Crossbond merupakan lem Polyvinyl acetate water based. Salah satu keunggulan lem ini adalah sifatnya yang tidak menghasilkan bau menyengat pedas seperti lem solvent based. Aspek lain yang membuat adhesive ini unggul terletak pada sifatnya yang tidak menyebabkan glue line dan tidak tebal. Glue line adalah noda pada bekas area pengeleman. Glue line biasa terjadi akibat lem yang berkualitas buruk. Glue line tampak kehitaman atau kebiruan sehingga merusak keindahan produk kayu.

Adapun, lem yang tebal cenderung menyebabkan produk kayu, baik itu alat music atau kerajinan, tampak begitu jelek. Nah, karena itulah, lem yang menghasilkan lapisan tips namun kuat seperti Crossbond begitu diunggulkan.

Crossbond X3 dan Crossbond X4

Lem Crossbond juga terdiri atas dua varian yang bisa Anda gunakan. Yang pertama adalah lem Crossbond X3 untuk perekatan penyambungan. Sedangkan yang kedua adalah lem Crossbond X4 untuk laminasi kayu.

  1. Ingin mengelem sambungan kayu, rangka, dan memasang elemen kerajinan kayu rosewood? Crossbond X3 jawabannya.
  2. Ingin memasang lantai rosewood, veneer rosewood, hingga tripleks rosewood? Maka Crossbond X4 adalah jawabannya.

Kontak dan Pemesanan

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan lem Crossbond X3 ataupun lem Crossbond X4. Pembelian bisa dilakukan dengan:

  1. Pembelian secara daring. Pembelian secara daring dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami via kontak yang disediakan. Kamu akan dipandu oleh CS kami dalam proses pembelian daring tersebut.
  2. Pembelian secara langsung. Pembelian secara langsung dilakukan di Bio Service Point. Atau, Anda juga bisa membeli lewat agen kami yang tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Surakarta.

Anda juga bisa membeli di toko online. Produk kami banyak dijual di online shop seperti Tokopedia hingga Bukalapak.

Pembelian Crossbond pada akhirnya sangat mudah dilakukan. Dan ingat, dengan lem ini, kita bisa mempertahankan kualitas kayu rosewood dari keindahan ataupun dari baunya yang sangat wangi. Ya, rosewood pada akhirnya memang kayu yang sangat menarik. Kayu ini memiliki rupa yang cantik dengan aroma manis dan unik. Jenisnya pun beragam dari yang harganya sedang sampai yang harganya sangat mahal. Oleh karena itulah, kayu ini perlu proses pengolahan yang benar dan tepat dari ahlinya. Anda pun bisa selalu mengandalkan Crossbond X3 dan Crossbond X4 dalam pengolahan kayu rosewood.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Ikuti terus berbagai informasi dan artikel menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here