Lem untuk Membuat Maket Harus Berkualitas dan Ini Rekomendasi Kami

0
46
lem untuk membuat maket

Ingin membuat maket tapi bingung membeli adhesive yang tepat? Tak usah khawatir! Gunakan saja lem untuk membuat maket Crossbond X3 dan Ultra Phaethon ini.

Pada kesempatan sebelumnya, antijamur.net telah mengulas mengenai produk bernama maket. Singkat kata maket adalah pemodelan 3D yang kecil namun tetap representative. Benda ini biasanya dibuat untuk kegiatan arsitektural, demo, souvenir, hiasan, mainan , hingga media pembelajaran.

Di kehidupan sehari-hari, maket ternyata tak begitu sulit dijumpai. Ketika menonton TV pun, kadang kita melihat contoh penggunaan maket saat ada berita mengenai rencana pembangunan sebuah fasilitas. Biasanya dalam pemberitaan itu, akan ditunjukkan semacam miniature yang dibuat secara khusus. Ya, inilah yang disebut dengan maket.

Bahan untuk membuat produk ini sangatlah beragam. Ada yang membuat maket dari kayu, bahan gelas, bambu, semen, tanah liat, hingga bubur kertas dan botol-botol. Tiap bahan ini menawarkan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

CS Lem Kayu

Penggunaan bubur kertas, misalnya, memang bukan pilihan yang bagus dan tahan lama. Akan tetapi, bubur kertas sangatlah murah. Dus, cocok untuk proyek pembuatan maket yang diterapkan di berbagai sekolah.

Tertarikkah Anda membuat produk ini? Bila iya, simak alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan benda ini.

Alat dan Bahan untuk Membuat Maket

Pada dasarnya alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat maket tergantung pada jenisnya. Contoh untuk membuat maket kayu, maka kita perlu kayu, lem kayu, cat kayu, hingga amplas. Sedangkan bila kita membuat pemodelan dengan bubur kertas, maka kita harus mengumpulkan kertas bekas, lem kertas, dan juga pewarna untuk kertas.

Namun secara kategoris, alat dan bahan ini bisa dibedakan menjadi:

  1. Bahan utama yang jenis-jenisnya telah dijelaskan di atas.
  2. Cat. Pada hampir semua produk maket, cat pasti digunakan. Cat berfungsi untuk memberikan warna yang representative terhadap warna asli produk.
  3. Lem untuk membuat maket. Kecuali untuk pembuatan pemodelan dalam jumlah banyak (misalnya untuk souvenir), maka lem hampir selalu digunakan.
  4. Berbagai jenis penyambung dan perekat lainnya. Misalnya, paku dan skrup.
  5. Kuas dan berbagai alat aplikasi cat yang digunakan untuk melakukan finishing.
  6. Pembersih dan bahan-bahan pendukung lainnya yang sering disepelekan padahal memiliki manfaat yang sangat besar.
lem untuk membuat maket

Dua Jenis Lem untuk Membuat Maket yang Kami Sarankan

Seperti dijelaskan di atas, dari berbagai bahan yang dibutuhkan, Anda perlu sedia adhesive kala membuat pemodelan 3D representative ini. Dan kami di lemkayu.net menawarkan dua produk adhesive yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan pemodelan 3D. Keduanya adalah Crossbond X3 untuk kayu dan Ultra Phaethon untuk kertas.

Crossbond X3 untuk Maket dari Kayu

Crossbond X3 adalah lem PVAc water based yang diformulasikan khusus sebagai lem untuk kayu. Crossbond X3 bisa Anda gunakan untuk membuat pemodelan pesawat kayu, mobil kayu, hingga miniature gedung bersejarah dari bahan kayu.

Crossbond X3 menawarkan daya rekat yang sangat baik. Apalagi lem ini pun sudah lama digunakan untuk perekatan pada industri furniture dan konstruksi bangunan. Dengan lem untuk membuat maket ini, produk Anda akan lebih tahan lama sekaligus kokoh.

Bagaimana dengan tingkat keamanannya? Tentu sangat baik. Crossbond kami hadirkan di Indonesia bersama dengan produk woodworking lain sebagai bentuk dedikasi kami untuk mendukung industri nasional yang eco friendly.

Harga lem ini juga terjangkau lho. Sehingga bila Anda membuat maket untuk kebutuhan profesional, Anda bisa lebih hemat dalam membelanjakan bahan-bahan. Namun murahnya Crossbond bukan terkait dengan nominalnya semata, melainkan dengan penggunaannya yang sangat hemat.

Ultra Phaethon untuk Maket dari Kardus hingga Bubur Kertas

Ultra Phaethon menggunakan formula PVAc sepertihalnya Crossbond X3. Namun formulasinya berbeda sebab lem ini didesain untuk perekatan yang lebih ringan.

Produk adhesive ini bisa Anda gunakan untuk membuat maket dari bahan kertas atau bubur kertas. Ultra Phaethon akan memberikan daya rekat yang dibutuhkan dengan kualitas-kualitas krusial lainnya seperti tidak menyebabkan noda hitam jelek, tak berbau sangat menyengat, dan lebih aman digunakan.

Produk kami sudah lama diandalkan oleh industri kerajinan. Dengan demikian, kami memahami kualitas seperti apa yang diperlukan pada sebuah produk lem untuk membuat maket.

Bagaimana dengan harganya? Harga lem Ultra Phaethon lebih murah dibanding Crossbond. Lem ini bisa diandalkan oleh para murid yang membuat prakarya hingga pengrajin yang jelas lebih senang bila mendapatkan bahan yang berkualitas namun lebih terjangkau.

Mudahkah Membuat Maket dengan Crossbond dan Ultra Phaethon?

Ya. Sebab keduanya menawarkan keunggulan berupa kemudahan aplikasi. Kenapa kedua adhesive ini mudah digunakan, sebab:

  1. Bukan lem 2K yang dalam aplikasinya harus dicampurkan dengan komponen yang lain.
  2. Berbasis PVAc sehingga tingkat keamanannya bagus. Lem yang aman akan membuat karyawan lebih cekatan dalam mengaplikasikan dibanding lem yang berbahaya.
  3. Kecepatan kering ideal sehingga aplikasinya tidak harus tergesa-gesa atau malah berlambat-lambat.
  4. Bukan solvent based glue yang baunya menyengat dan mengganggu aplikatornya.
  5. Noda yang mudah dibersihkan sehingga pekerjaan tidak semakin banyak.

Namun, perlu dipahami bahwa secara keseluruhan, mudah dan tidaknya pembuatan maket tergantung dari jenis maketnya itu sendiri. Maket dari tanah liat, misalnya, lebih sulit dibuat dari maket bubur kertas.

Tujuan pembuatannya pun menentukan. Untuk keperluan profesional, tentu maket harus dibuat sangat representative. Dus, pasti prosesnya lebih sulit dibanding maket souvenir yang detilnya biasanya kurang.

Kontak dan Pemesanan

Silahkan hubungi kami lewat kontak yang disediakan (email, telepon, ataupun WA). Anda bisa bertanya lebih lanjut mengenai produk kami pada CS. Selain itu, tentu Anda juga bisa memesan secara online.

Namun bila Anda lebih tertarik dengan pembelian secara langsung, silahkan saja mampir ke Bio Service Point dan agen-agen kami. Bio Service Point beralamatkan di Jogja, Jepara, dan Cirebon. Sedangkan agen kami tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

Penutup

Pada akhirnya, kita bisa mengatakan bahwa maket adalah suatu pemodelan yang memiliki sangat banyak manfaat. Kita bisa menggunakannya untuk hiasan, kebutuhan arsitektur, media pembeajaran, pengingat akan gedung bersejarah, hingga untuk mainan anak.

Maket bisa dibuat dari berbagai jenis material. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat produk ini antara lain adalah kayu, bubur kertas, semen, tanah liat, hingga bahan plastik.

Penggunaan bahan yang berbeda berimplikasi pada penggunaan bahan pendukung yang lain. Demikian juga dengan lemnya.

Di lemkayu.net sendiri, kami menawarkan dua produk yang cocok sekali untuk keperluan ini. Keduanya adalah lem untuk membuat maket Crossbond X3 dan Ultra Phaethon. Crossbond X3 bisa digunakan pada kayu sedangkan Ultra Phaethon untuk kertas.

Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda bisa membuat maket yang bagus dengan lem yang bagus pula.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here