Apa itu Finger Joint?

0
3137
finger-joint-adalah

Finger joint adalah salah satu cara penyambungan kayu dengan bentuk menyerupai jari jemari ketika dipertemukan. Jenis konstruksi ini sangat disukai produsen furniture, terutama produsen kelas menengah ke atas. Alasannya karena sifat sambungan ini stabil pada kayu berukuran kecil. Hal yang berbeda dengan sambungan pen & lubang maupun lidah berkait.  Finger joint sendiri memiliki prinsip dasar sama dengan sambungan gerigi.

Kelebihan

Salah satu kelebihan sambungan ini (selain karakternya stabil pada kayu berukuran kecil) adalah kekuatan konstruksi yang lebih kuat. Pasalnya, terdapat banyak jari yang menyebabkan permukaan bidang yang akan dilem lebih luas. Selain itu, proses persiapan untuk jenis konstruksi ini lebih cepat dan mudah dibanding konstruksi lain.

Kekurangan

Kekurangan finger joint terletak pada kerumitan kontsruksinya. Apabila konstruksi yang dibuat tidak tepat, akan terdapat banyak celah pada bagian ujung sambungan. Kesalahan lain yang beresiko besar pada jenis konstruksi ini adalah terlihatnya garis film lem yang digunakan. Garis ini dapat muncul karena dua sebab. Pertama, karena penggunaan lem konstruksi kayu yang buruk. Dan yang kedua,  karena pemberian tekanan yang kurang maksimal.

Peralatan yang Dibutuhkan

CS Lem Kayu

Konstruksi finger joint mensyaratkan penggunaan mesin serta peralatan khusus. Mesin pertama digunakan untuk membentuk konstruksi pada ujung kayu. Mesin kedua digunakan pada saat assembling arah memanjang. Mesin kedua ini memiliki fungsi untuk memberikan tekanan sehingga tidak tercipta garis-garis film lem dan perlekatannya lebih kuat. Setelah film kering, selanjutnya proses dilakukan dengan mesin standar lain.

Yang Harus Diperhatikan Saat Memanfaatkan Konstruksi Finger Joint

  1. Perhatikan MC atau Moisture Content kayu sebelum dilakukan pengeleman.
  2. Permukaan yang akan dilem harus benar-benar halus dan rata.
  3. Sebaiknya, kayu yang akan disambung memiliki ukuran seragam.
  4. Dari aspek estetika, ada baiknya Anda memperhatikan warna kayu yang akan disambung.
  5. Tekanan disesuaikan. Tidak perlu berlebihan. Yang paling utama adalah menyambungkan ujung finger joint.

.Informasi Pengeleman dan Produk Lem Kayu

Hubungi kami di +62.274.388.301, sms/WA di +6287839346433, atau email [email protected] untuk informasi produk lem kami, Crossbond X4 (untuk laminasi kayu) dan Crossbond X3 (untuk konstruksi kayu). Anda juga bisa langsung menghubungi kami di

  1. Bio Center Yogyakarta Phone / fax: 0274 388301 Hp / WhatsApp: Klik Di Sini e-mail: [email protected]
  2. Bio Service Point Jepara Phone: 0291 598992 e-mail: [email protected]
  3. Bio Service Point Cirebon Phone: 0231 320759 e-mail: [email protected]
  4. Agen-agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here