Seperti ini Gambaran Pembuatan Briket Kayu

0
770
pembuatan briket kayu

Selain kayu lapis dan kayu solid, salah satu produk yang bisa dihasilkan dari kayu adalah briket. Di bawah ini akan dijelaskan gambaran pembuatan briket mulai dari pengumpulan serbuk hingga proses produksinya.

Apa itu Briket Kayu?

pembuatan briket kayuBriket kayu sebagaimana briket pada umumnya merujuk pada blok bahan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Produk ini bisa digunakan sebagai alternatif bahan bakar kayu solid maupun alternative untuk bahan bakar fossil seperti minyak bumi dan gas.

Briket dapat mempertahankan nyala api dalam waktu relative lama sehingga pemanfaatannya dianjurkan karena tergolong efektif. Selain itu, karena tergolong sebagai produk alternative untuk bahan bakar fossil, produk ini juga sering dianggap sebagai bahan yang lebih aman dan ramah lingkungan. Apalagi, pada umumnya, briket terbuat dari sampah-sampah sisa pengolahan kayu.

Alur Pembuatan Briket Kayu

Untuk membuat briket kayu, berikut ini alur proses yang harus Anda kerjakan.

Pengumpulan Alat dan Bahan

CS Lem Kayu

Yang pertama harus dilakukan untuk membuat briket kayu tentu adalah pengumpulan semua alat dan bahan yang diperlukan. Pada proses ini,  pengumpulan serbuk kayu atau tatal dari mesin serut dan lainnya adalah yang paling utama. Pilih bahan tatal yang agak besar serta tak terlalu halus. Setelah didapatkan, letakkan tatal pada area yang bersih dari berbagai jenis noda atau zat yang dapat merusak proses pembuatan briket kayu.

Pengeringan

Untuk mengeringkan briket kayu, Anda tak perlu menggunakan oven. Karena ukurannya yang kecil, bahan briket cukup dikeringkan dengan cara diangin-anginkan saja. Lakukan pengeringan pada wilayah yang bersih.

Pressing

Setelah bahan dirasa cukup kering, masukkan tatal ke dalam mesin pressing. Keberhasilan proses ini sangat tergantung pada tingkat kering tatal. Semakin kering, maka prosesnya akan lebih cepat dan membuahkan hasil yang baik. Karena itu, Anda harus benar-benar memeriksa kekeringan tatal sebelum diproses dalam mesin pressing. Lama waktu pressing sendiri umumnya hanya memakan waktu beberapa menit.

Pengemasan

Setelah briket dikeluarkan mesin, ambil produk tersebut untuk kemudian dikemas atau dipacking dengan plastik pembungkus yang telah disediakan. Pengemasan ini harus dilakukan sesegera mungkin agar kekeringan tatal benar-benar tetap terjaga.

Demikian gambaran alur singkat pembuatan briket kayu. Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here