Mengenal Karakter dan Manfaat Kayu Jabon

0
2273

Kayu jabon adalah salah satu jenis kayu paling populer beberapa tahun belakangan ini. Apa saja alasannya ya? Yuk simak di artikel berikut ini.

Industri perkayuan di Indonesia memiliki ketidakseimbangan dalam rantai supply dan demand. Seiring berjalannya waktu, demand untuk kayu berkualitas sangat tinggi tapi supplynya tak juga bertambah. Hal ini kemudian mendorong penggunaan material kayu alternative.

Sengon adalah contoh kayu yang sering didapuk sebagai kayu alternatif. Dengan harga yang lebih mudah, pertumbuhan yang cepat, dan jumlah yng banyak, kayu ini menjadi andalan pelaku usaha woodworking dari tripleks sampai furniture.

Baca Juga : Mengenal Kayu Jabon dari Ciri hingga Penggunaannya

Namun demikian, ternyata sengon juga memiliki kekurangan. Kayu ini ternyata mudah diserang hama. Tak mengherankan, popularitas sengon tersaingi oleh jabon.

Apa itu jabon? Kayu jabon adalah kayu yang sejatinya memiliki sifat serupa sengon. Kayu ini pun dianggap sebagai alternative wood dari kayu-kayu populer seperti jati. Kayu seperti ini sering dipakai dalam pembuatan kayu olahan seperti tripleks dan fiber board. Namun tersainginya sengon oleh jabon tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang memang menunjukkan bahwa kayu ini memiliki kualitas yang lebih baik.

Baca Juga : Mengenal Kayu Cemara: si Coklat-Kemerahan yang Punya Pasar Potensial

Keunggulan Kayu Jabon

Pertumbuhan Cepat

Jabon memiliki pola pertumbuhan yang cepat. Dengan demikan, petani bisa dengan cepat memanen kayu tersebut. Dalam satu tahun, pelebaran diameter bisa mencapai 10 meter. Ketika sudah usia 6 tahun, diameter batang sudah bisa mencapai 50 cm dengan tinggi pohon kurang lebih 17 meter.

Kayu Jabon

Modal Terjangkau

Harga bibit kayu jabon sangat terjangkau. Beberapa tahun lalu harga bibitnya kurang dari 2 ribu rupiah per buah. Selain harganya yang murah itu, lahan untuk penanaman kayu ini pun tidak perlu syarat-syarat ketat. Malahan, pohon ini bisa ditanam di area kurang ideal seperti di tanah yang mengandung banyak lempung.

Baca Juga : Karakteristik Kayu Cempaka dan Perbandingannya dengan Kayu Lain

Pasar Terbuka

Pasaran untuk kayu ini masih terbuka lebar. Berbagai industri perkayuan dalam negeri siap menampungnya. Jadi para petani tak perlu khawatir mengenai bagaimana cara untuk menjual kayu ini.

Nah, dengan pasar yang siap menampung, artinya siklus penanaman bisa dimulai lagi. Keuntungan yang diperoleh petani pun berlipat ganda.

Baca Juga : Lem Superlengket Crossbond X3

Lebih Tahan Hama

Sebagai pohon, jabon memiliki ketahanan terhadap hama yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sengon. Dan faktor inilah yang pernah menjadi penentu melesatnya kayu jabon di atas sengon. Sebab saat itu, petani kayu sengon sedang merugi akibat serangan hama yang cukup masif.

Kualitas Kayu Cukup Baik

Yang tak kalah penting, jabon menawarkan kualitas kayu yang sebetulnya cukup baik. Kita tentu tak bisa membandingkan kayu ini dengan ulin, mahogani, atau jati. Namun di kelasnya, kayu ini tergolong kayu yang bisa diandalkan.

Kayu ini ideal digunakan dalam pembuatan engineered wood seperti fiber board, blockboard, plywood, dan lain sebagainya. Serat kayunya yang banyak membuat ia bisa diekspektasi untuk kegunaan-kegunaan itu. Di luar manfaat tersebut, kayu ini juga bisa dipakai untuk membuat wooden craft, pernak-pernik kayu, sampai furniture.

Pemanfaatan Kayu Jabon

Sebagaimana disebut di atas, kayu ini memiliki kualitas yang cukup baik sehingga bisa diandalkan berbagai industri perkayuan. Misalnya industri pembuatan engineered wood, wooden craft, elemen bangunan, sampai untuk membuat furniture.

Jangan Lupa, Gunakan Crossbond untuk Membuat Produk Kayu Jabon

Kami di lemkayu.net tentu mendukung upaya pemanfaatan kayu jabon lebih lanjut. Dan sebagai perwujudkan dukungan kami, kami menyediakan adhesive yang bisa Anda andalkan untuk pengolahan kayu ini.

Kenapa adhesive? Bukankah fungsi adhesive tidak begitu penting? Eits, jangan salah. Dalam banyak hal, lem atau adhesive memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kualitas produk kayu. Tahukah Anda bahwa:

  1. Lem memengaruhi kekokohan produk. Sebab hampir semua produk kayu termasuk kayu olahan disatukan elemen-elemennya menggunakan lem.
  2. Lem memengaruhi estetika atau keindahan produk kayu.
  3. Lem memengaruhi keamanan produk kayu tersebut. Kandungan pada lem akan berkontribusi terhadap tingkat keamanan produk kayu secara keseluruhan.

Dan untuk kebutuhan itulah, kami rekomendasikan kepada Anda lem Crossbond X3 dan lem Crossbond X4.

Crossbond X3

Crossbond X3 merupakan lem PVAc water based yang didesain untuk perekatan sambungan kayu. Misalnya untuk sambunga siku, tenon, mulut dan lidah, serta lain sebagainya. Lem ini bisa digunakan dalam pembuatan beragam jenis furniture, kerajinan, hingga rangka konstruksi bangunan.

Crossbond X3 merupakan indoor adhesive atau lem untuk kebutuhan perekatan dalam ruangan. Lem ini akan optimal menjaga produk dengan ikatan yang baik dan berbagai kelebihan lainnya. Tatkala diaplikasikan pada pembuatan berbagai produk kayu jabon pun, Crossbond X3 bisa diandalkan. Apalagi lem ini pun tidak menyebabkan noda bekas pengeleman yang membuat estetika produk menjadi jelek.

Crossbond X4

Varian kedua Crossbond adalah Crossbond X4. Lem Crossbond X4 juga merupakan lem PVAc water based sebagaimana Crossbond X3. Akan tetapi, Crossbond X4 didesain khusus untuk perekatan pada bidang datar. Perekatannya dibuat lebih kuat sebab perekatan pada bidang luas dan datar memang membutuhkan daya rekat ekstra.

Lem ini sangat cocok digunakan untuk kayu jabon. Sebabnya, jabon banyak dipakai untuk membuat tripleks, dan papan-papan kayu olahan yang lain. Crossbond X4 bisa digunakan dalam pembuatan kayu olahan seperti itu atau dalam aplikasinya saja.

Yang menarik, lem ini bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor. Banyak yang telah menggunakan Crossbond X4 untuk perekatan lantai luar ruangan atau decking kayu lho. Daya tahan dan kerekatn le mini tak perlu diragukan lagi.

lem kayu terbaik

Keunggulan Crossbond X3 dan Crossbond X4

Kedua Crossbond memiliki fungsinya masing-masing. Namun demikian, keduanya memiliki keunggulan yang sama.

  1. Keduanya memiliki daya rekat yang baik sesuai fungsinya masing-masing.
  2. Sebagai lem PVAc water based, keduanya lebih aman digunakan.
  3. Tidak menyebabkan bau menyengat pedas sebagaimana yang biasa didapati pada lem solvent based.
  4. Hemat digunakan
  5. Harga yang lebih terjangkau
  6. Aplikasi yang mudah
  7. Proses pengeringan standar mesin sehingga tidak menyulitkan alur produksi

Banyak bukan kelebihan Crossbond sebagai lem untuk kayu jabon? Makanya, segera pesan sekarang juga lem unggulan ini.

Cara Pembelian

Beli Crossbond X3 atau Crossbond X4 dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Hubungi Customer Service kami. Kontak CS via WA, telepon, atau lainnya yang tersedia di website ini.
  2. Silahkan berdiskusi lebih lanjut dengan CS. Anda juga bisa meminta saran kepada CS dan informasi lainnya terkait lem yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  3. Pembayaran, dan konfirmasi pembayaran.
  4. Pengiriman produk oleh kurir pengiriman.
  5. Selama proses pengiriman oleh kuriri, kami akan membantu Anda memantau perkembangannya.

Nah, kurang lebih itulah yang bisa kami sampaikan di artikel mengenai kayu jabon ini. Semoga informasi ini memberikan manfaat ya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan lem Crossbond X3 dan lem Crossbond X4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here