Berkenalan dengan Kayu Bakau, Yuk!

0
580

Sebagai negara dengan garis pantai yang begitu luas, Indonesia dikaruniai oleh hutan mangrove. Apabila bisa diolah dengan benar, hutan mangrove bisa menjaga kelestarian ekosistem poyau, sekaligus menghasilkan kayu bakau yang memiliki nilai ekonomis.

Pohon Bakau

Pantai dengan pasir putih yang luas menjadi idaman untuk berlibur kebanyakan orang. Tapi bagaimana dengan pantai yang tertutupi hutan mangrove?

Hutan mangrove adalah hutan yang sangat unik. Hutan ini berlokasi di daerah payau atau peralihan antara air tawar dengan air asin. Pohon yang mendominasi hutan ini adalah bakau atau Rhizopora. Terdapat sangat banyak jenis Rhizophora di dunia. Hampir semua kawasan beriklim tropis memiliki beberapa area di mana hutan bakau ditemukan demikian luas.

Bagi banyak flora dan fauna, hutan mangrove memiliki arti tersendiri. Ada jenis ikan yang memang hidup di air peralihan, burung-burung yang membutuhkan tempat istirahat selama migrasi antar benua, dan lain sebagainya. Keunikan ekosistem mangrove memang tampak sangat menonjol.

CS Lem Kayu

Pohon bakau sendiri sebagai tanaman yang mendominasi memiliki karakteristik unik di sana-sini. Salah satu yang paling mudah dilihat adalah keberadaan akar nafas. Coba perhatikan gambar pohon bakau di artikel ini. Pohonnya memang tidak menjulang besar, atau memiliki tajuk lebat seperti beringin dan sawo. Akan tetapi, terdapat struktur serupa akar yang muncul pada batang bagian atas. Ya, itulah akar nafas. Fungsi dari akar nafas adalah agar tanaman bisa bertahan dalam situasi pasang surut yang sering terjadi.

Sampai saat ini, evolusi menghasilkan Rhizophora yang beragam spesies. Terdapat Rhizophora mucronata, Rhizopora stylosa, Rhizopora apiculata, serta dua hibridanya, yaitu Rhizopora lamarckii, serta Rhizopora annamalai.

kayu bakau

Tanaman-tanaman bakau tersebut pada dasarnya bisa tumbuh hingga ketinggian 30 meter lho. Ya, seperti pohon-pohon besar yang biasa ditemukan di hutan lebat iklim tropis. Namun demikian, pada umumnya, pohon bakau hanya mampu tumbuh hingga tinggi 8 meter saja. Secara umum, pertumbuhan tanaman ini memang kurang dari 1 meter tiap tahunnya.

Tertarik untuk menanam tanaman ini? Mungkin Anda yang tinggal dekat garis pantai bertanya demikian. Boleh saja menanam bakau. Tapi Anda harus hati-hati. Bakau kadang bisa bersifat hama. Penanamannya bisa menggeser pohon-pohon lain di daerah Anda. Selain itu, akan lebih baik apabila tanaman ini ditanam berkombinasi dengan tanaman lain.

Kegunaan Pohon Bakau

Kita yang tinggal jauh dari garis pantai mungkin tak akan merasakan dampak langsung dari tanaman ini. Mungkin di antara kita bahkan ada yang berpikir bahwa hutan bakau “merusak keindahan daerah sekitar pantai.”

Padahal, sebetulnya ada banyak manfaat pohon mangrove dan hutannya secara umum. Keberadaan hutan akan menjadi benteng alami abrasi yang saat ini terjadi di mana-mana. Apalagi tatkala suhu dunia semakin panas akibat terjadinya pemanasan global.

Kedua, sebagaimana berbagai jenis pohon yang lain, tanaman mangrove juga menghasilkan kayu. Dan masyarakat sekitar biasanya memanfaatkan kayu-kayu tersebut untuk berbagai kebutuhan. Beberapa bahkan ada yang memanfaatkan mangrove untuk pengobatan tradisional. Meski tentu saja klaim tersebut dipertanyakan.

Karakter dan Manfaat Kayu Bakau

Meski awalnya hanya dimanfaatkan masyarakat sekitar hutan mangrove, namun ternyata kayu ini makin banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Tahukah Anda bahwa:

  1. Bakau bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis mebel
  2. Bisa digunakan untuk membuat rangka dan elemen bangunan
  3. Bisa digunakan untuk membuat pulp
  4. Bisa digunakan untuk membuat kerajinan
  5. Bisa digunakan untuk membuat perahu dan sejenisnya

Kayu bakau memiliki kualitas yang cukup untuk diperdagangkan sebagai kayu komersil. Salah satu keunggulannya sendiri adalah ketahanannya yang baik terhadap paparan air.

kayu bakau

Jadi, kenapa tidak memanfaatkan kayu mangrove? Kita bisa mendapatkan keuntungan dengan pendayagunaannya. Hanya saja, kita memang tak boleh merusak alam. Pemanfaatan kayu dari pohon bakau harus menaati rambu-rambu upaya konservasi. Jadi, perusahaan untung, dan masyarakat di sekitar garis pantai pun tidak rugi.

Kami Sedia Lem Terbaik untuk Kayu Bakau

Bio Industries tentu saja mendukung upaya pemanfaatan kayu bakau yang baik. Dan sebagai wujud dukungan kami, kami menyediakan berbagai produk perlengkapan pengolahan kayu bakau. Kami menghadirkan lem untuk membuat berbagai produk woodworking berkualitas. Lem tersebut adalah Crossbond X3 dan Crossbond X4.

Dua Varian Crossbond

Crossbond adalah lem PVAc. Bertahun-tahun lem ini menjadi andalan berbagai pelaku usaha di bidang woodworking. Bukan tanpa alasan, sebab Crossbond memang menawarkan kualitas yang tak dimiliki oleh adhesive yang lain. Lem ini berdaya rekat kuat, mudah digunakan, hemat, murah, dan lain sebagainya. Varian Crossbond sendiri terdiri atas dua produk untuk kebutuhan pengeleman yang berbeda, yakni:

  1. Crossbond X3. Crossbond X3 didesain untuk perekatan struktural. Misalnya untuk mengelem sambungan kayu, baik itu sambungan lidah dan mulut, tenon, dan lain sebagainya. Jadi, le mini biasa digunakan dalam pembuatan berbagai jenis furniture, konstruksi, atau kerajinan.
  2. Crossbond X4. Le mini didesain untuk perekatan permukaan lebar. Misalnya untuk merekatkan tripleks atau membuat tripleks itu sendiri. Crossbond X4 adalah lem indoor dan outdoor, berbeda dengan Crossbond X3 yang hanya lem indoor saja.
lem kayu terbaik

Cara Membeli Crossbond

Ayo dapatkan lem Crossbond untuk membuat berbagai produk dari bahan baku kayu bakau sekarang juga. Kini pembelian Crossbond bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah lho.

Yang pertama, pembelian secara langsung. Anda bisa bertemu dengan agen kami yang paling dekat dengan tempat Anda. Atau, Anda juga bisa langsung ke Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Yogyakarta, dan Cirebon. Untuk alamat agen kami sendiri, Anda bisa menanyakan ke CS kami.

Kedua, Anda bisa membeli secara daring atau online. Pembelian secara online bisa dilakukan langsung di lemkayu.net. Hubungi saja kontak yang disediakan pada website ini. Anda akan berhubungan dengan CS kami yang akan melayani pesanan Anda dengan ramah dan profesional. Pembelian via marketplace pun bisa dilakukan untuk mendapatkan lem Crossbond X3 dan Crossbond X4.

Nah, itulah informasi yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini. Dari paparan di atas, bisa dikatakan bahwa bakau adalah tanaman yang memiliki sangat banyak guna. Salah satu kegunaan kayu ini adalah kayunya. Kita bisa lho memanfaatkan kayu bakau tanpa merusak alam. Tapi tentu saja kita harus melakukannya dengan hati-hati dan menghindari illegal logging.

Bio Industries tentu mendukung upaya pemanfaatan bakau dengan cara yang baik tersebut. Kami pun sudah menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengolahan kayu ini. Kami menyediakan lem Crossbond X3 dan lem Crossbond X4. Crossbond X3 untuk perekatan struktural sedangkan Crossbond X4 untuk perekatan laminasi. Kedua Crossbond bisa membuat produk dari kayu bakau memiliki kualitas yang sangat baik dan tahan lama.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here