Make Over Furniture Lama dengan Finishing Patina dan Crossbond

0
664

Anda mungkin menyukai tampilan furniture lama Anda. Tapi bagaimana dengan kekokohan mebel tersebut? Daripada membiarkan furniture lama tersebut rusak, mari make over furniture lama Anda dengan finishing patina dan perbaiki dengan Crossbond.

Tak semua orang menyukai tampilan furniture dengan warna coklat, permukaan mulus, dan tingkat kilau glossy. Sebagian orang justru menyukai tampilan tua, lawas, bahkan dengan aksen lapuk. Industri pembuatan mebel pun sebetulnya sudah lama tanggap dengan selera seperti ini. Meski tak banyak diaplikasikan pada produk-produk furniture kebanyakan, akan tetapi hingga hari ini sudah dikenal berbagai jenis finishing seperti finishing patina untuk memberikan tampilan lapuk.

Patina sebetulnya tidak merujuk pada satu warna khusus. Istilah ini digunakan untuk semua warna dan kesan finishing yang memberikan kesan teroksidasi ataupun lapuk. Misalnya, warna hijau lapuk, warna coklat teroksidasi, dan masih banyak berbagai varian yang lain.

CS Lem Kayu

Dengan berbagai cara, para woodworker mencoba mewujudkan kesan teroksidasi tersebut pada berbagai furniture yang mereka kerjakan. Produk-produk yang mereka kerjakan biasanya tersegmentasi khusus pada kelas high end serta ekspor. Tapi tentu saja bukan berarti hanya sebagian kecil orang yang menyukai tampilan patina. Seiring berjalannya waktu, ternyata masyarakat awam juga mulai menyukai tampilan seperti ini.

Tertarik membeli furniture dengan tema patina? Atau malah ingin membuat furniture dengan tampilan patina? Bahasan itu akan kami angkat pada artikel selanjutnya. Kali ini, kami ingin mengajak Anda untuk melakukan make over furniture lama dengan finishing patina dan Crossbond.

aksen warna patina

Mengapa make over furniture menggunakan patina dan Crossbond? Jawabannya ada dua. Pertama, Anda mungkin menyukai tampilan lawas dan karenanya ingin mempertahankan mebel lama tersebut. Tapi ingat, finishing bukan hanya berfungsi sebagai pemercantik produk saja. Lebih dari itu, finishing juga berfungsi melakukan perlindungan. Dengan refinishing dengan warna patina, Anda bisa mewujudkan mebel bertema lawas tapi terlindungi dengan baik.

Alasan kedua, kami menyarankan Crossbond karena berbagai mebel lama sering mengalami kerusakan pada bagian penyambungan hingga komponennya. Dengan Crossbond, Anda bisa memperbaiki kerusakan tersebut, sehingga furniture kesayangan Anda tetap kokoh dan makin nyaman untuk digunakan.

Yuk, langsung saja kita bahas caranya di bawah ini.

Make Over Furniture dengan Finishing Patina

Kesan yang ditampilkan pada finishing patina memang menawan. Bagi Anda yang tertarik memiliki mebel dengan tampilan seperti ini, sediakanlah:

Alat dan Bahan

1. Amplas no 400
2. BioVarnish Walnut Brown
3. BioVarnish Black
4. BioColours Sanding Sealer
5. BioColours Top Coat Death Matte
6. Air suling sebagai pengencer
7. Kuas atau spray gun

Seperti yang Anda lihat, di atas kami menggunakan warna walnut brown dan black. Hasilnya nanti furniture akan memiliki kedua warna tersebut. Tapi ingat, cara ini hanyalah sebuah contoh saja. Tentu varian warna lainnya masih bisa diterapkan untuk tipe finishing seperti ini. Yang penting adalah bagaimana memberikan aksen atau kesan teroksidasi.

Langkah-langkah Make Over Furniture dengan Finishing Patina

Sudah siap dengan berbagai peralatan di atas? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Siapkan kayu terlebih dahulu. Pastikan kayu: bersih, rata, bebas dari jamur, bebas dari noda minyak, dan kering (MC 15%). Apabila ditemukan noda bekas jamur, aplikasikan dulu pemutih kayu WA (White Agent) 250. Selanjutnya bilas kayu dengan detergen untuk menghilangkan sisa bahan.
2. Untuk menghilangkan lapisan finishing lama, lakukan pengamplasan dengan baik.
3. Bila kayu sudah siap difinish, siapkan BioVarnish Walnut Brown. Encerkan dengan air, dengan perbandingan 1:5. Aplikasikan cat tersebut ke seluruh permukaan kayu. Biarkan lapisannya mengering selanjutnya lakukan pengamplasan.
4. Siapkan BioColours Sanding Sealer. Encerkan sealer tersebut dengan perbandingan 1 : 2.
5. Aplikasikan sanding sealer. Biarkan lapisannya mengering selanjutnya lakukan pengamplasan.
6. Siapkan BioVarnish Black dengan pengenceran 1 : 5. Biarkan lapisannya mengering selanjutnya lakukan pengamplasan.
7. Siapkan BioColours Top Coat death matte (sangat tidak mengkilap, hindari menggunakan top coat mengkilap). Biarkan lapisannya mengering selanjutnya lakukan pengamplasan. Ulangi bila perlu.
8. Selesai!

Make Over Furniture dengan Crossbond

Apakah furniture lama Anda mengalami kerusakan? Coba cek dengan teliti. Kerusakan yang dimaksud tidak melulu berupa patahnya beberapa komponen. Bisa saja kerusakannya disebabkan oleh sambungan kayu yang mulai longgar.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukanlah pemeriksaan menyeluruh pada berbagai bagian mebel. Cek bagian penyambungan antar komponennya dan perhatikan kualitas kayunya. Tentukan:

1. Apakah ada komponen furniture yang perlu diganti?
2. Apakah ada bagian furniture yang hilang (misalnya patah) sehingga harus diganti?
3. Apakah ada sambungan kayu yang tidak lagi kuat?
4. Apakah ada masalah jamur sehingga komponen harus diperbaiki dulu?

Lakukanlah saran-saran di bawah ini apabila Anda menemukan satu atau beberapa kondisi di atas:

1. Bila dirasa ada komponen kayu yang perlu diganti, lakukan penggantian segera. Potong komponen yang lama dengan rapi, dan siapkan kayu pengganti yang ukurannya sesuai dengan kayu lama tersebut. Lakukan penyambungan dengan memanfaatkan paku, wood joint seperti dowel dan Crossbond.
2. Bila ada bagian kayu yang patah, cari kayu baru dan perbaiki dengan kayu tersebut. Cara ini persis seperti cara pertama. Jadi, ganti kayu yang patah tersebut dan lakukan penyambungan dengan paku serta aplikasikan wood joint yang bagus dengan dukungan lem Crossbond.
3. Untuk masalah penyambungannya, pasang ulang sambungan dan terapkan perekat baru. Anda mungkin kesulitan mencopot sambungan kayu tersebut. Tapi biasanya, sambungan yang tak lagi kokoh relatif lebih mudah dilepas. Bila Anda sudah berhasil melepasnya, bersihkan dengan amplas area sambungan kayu. Berikutnya, oleskan adhesive Crossbond untuk make over furniture ini, dan pasang kembali sambungan seperti sedia kala.
4. Untuk mengatasi masalah jamur, Anda perlu menggunakan fungisida khusus. Cek kondisi jamur tersebut. Apakah jamur hidup di atas permukaan kayu atau muncul dan menginfeksi bagian substrat kayu? Untuk yang pertama, Anda cukup mengatasinya dengan fungisida. Tapi untuk yang kedua, Anda perlu mengamplas seluruh finishing dan bila perlu melakukan treatment khusus. Bila jamur sudah sangat parah, sebaiknya ganti saja bagian tersebut dengan kayu yang baru.

Berbagai cara make over furniture di atas melibatkan Crossbond sebagai bahan perekat. Ingat, jangan lupa untuk memakaikan clamp press agar ikatan yang terjadi antar mebel lebih kuat. Clamp press adalah alat yang berfungsi menjaga posisi sambungan sekaligus menekan kedua kayu supaya ikatannya benar-benar baik.

Bila Anda tak memiliki clamp press, ganti dengan alat lain seperti dengan mengikat kencang kedua kayu sampai lem sudah kering.
Itulah dua cara make over furniture yang kami sarankan. Patina akan membuat produk Anda tampil beda dengan tema teroksidasi tapi tetap terlindungi, sedangkan Crossbond akan membuat mebel Anda lebih kokoh.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here