Ingin Jual Kursi Kantor Murah? Begini Caranya

0
801
jual kursi kantor

Ada kiat tersendiri bagi Anda yang jual kursi kantor agar harga produk tersebut lebih murah. Mari, simak penjelasan pentingnya di bawah ini.

Apa itu Kursi Kantor?

Bagi Anda yang biasa di dunia kerja, pasti paham apa itu kursi kantor. Anda yang bekerja di industri mebel, khususnya untuk produksi office furniture pun pasti paham mengenai seperti apa mebel ini. Mudahnya, yang dimaksud kursi untuk kantor tersebut adalah kursi untuk para pekerja di kantor. Ia berbeda dengan kursi yang dipakai untuk kebutuhan lain. Misalnya, kursi makan ataupun sofa ruang tamu.

Alasannya? Tentu saja karena fungsinya memang berbeda. Bagi orang awam, mungkin tiap kursi “sama saja”. Toh, sama-sama bisa dipakai untuk duduk bukan? Tapi kalau kita mau memperhatikannya dengan cermat, tiap kursi punya ciri sendiri. Pun begitu dengan kursi kantor. Di antara ciri dari kursi ini adalah adanya roda, sandaran yang nyaman, bantalan yang biasanya empuk, dan tinggi yang sesuai dengan meja kantor.

Menyimak Harga di Tempat Jual Kursi Kantor

Deskripsi fisik kursi kantor sudah dijelaskan di atas. Nah, salah satu ciri khas mebel ini yang lain adalah harganya yang demikian tinggi. Kalau Anda pergi ke toko mebel, Anda bisa melihat perbandingan harga yan cukup signifikan antara harga kursi biasa dengan kursi untuk kantor.

CS Lem Kayu

Mengapa demikian?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi fenomena itu. Beberapa alasan dikarenakan produknya adalah produk import. Sehingga harganya menjadi mahal karena ongkos kirim dan bea pajak yang tinggi. Selain itu, tingginya harga kursi tersebut juga karena biaya produksi yang mahal. Bahan-bahannya mahal, dan pembuatannya pun belum populer di kalangan pelaku usaha mebel Indonesia. Hal-hal inilah yang kurang lebih membuat kursi kantor tak bisa didapat dengan harga murah.

Jual Kursi Kantor Second jadi Solusi?

Tingginya harga kursi kantor menyebabkan banyak kalangan yang kemudia mencoba menggunakan produk second. Tak percaya? Silahkan cari di search engine mengenai kursi ini. Salah satu suggestion yang muncul adalah mengenai kursi kantor bekas atau second.

Secara umum, harga kursi seperti ini berkisar di antara angka ratusan ribu rupiah. Angka umumnya di kisaran tiga ratus ribu rupiah sampai lima ratus ribu rupiah. Banyak juga harganya yang di atas itu tergantung kualitas dan brand office chair terkait.

Bagi kantor yang baru merintis usahanya, menyediakan kursi seperti ini bisa memberatkan. Apalagi sifatnya tidak berkaitan langsung dengan produktivitas. Jadi, jalan alternative sering dipilih. Misalnya dengan menggunakan kursi biasa terlebih dahulu. Atau menggunakan kursi kantor bekas seperti dijelaskan di atas.

Harga kursi kantor bekas sendiri tergolong lumayan. Tak semahal kursi kantor yang baru, karena sudah mengalami pemotongan oleh penjualnya mengingat statusnya sebagai barang second. Hanya saja, membeli kursi seperti ini tergolong risky. Kita harus hati-hati, jangan sampai membeli produk yang sudah rusak.

Tips untuk Anda yang Jual Kursi Kantor

Harga kursi kantor yang tinggi memang kadang membuat pusing. Banyak yang kemudian memutuskan untuk tidak menggunakannya. Tapi tahukah Anda bahwa yang pusing dengan fenomena tingginya harga kursi ini bukan hanya pembeli? Produsen dan penjual pun terus berusaha menyediakan produk yang lebih murah. Mereka juga bersaing satu sama lain agar produknya lebih mudah dijangkau pasar.

kursi direktur bagus (2)

Tapi bisakah harga produk ini ditekan menjadi lebih murah? Jawabannya sebetulnya bisa. Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan selaku produsen sekaligus tukang jual kursi kantor.

Perbanyak Referensi

Pertama, perbanyak referensi Anda. Selama ini, kita tahu kursi kantor sekedar yang ada di pasaran. Bahannya pun itu-itu saja. Padahal ada banyak varian bahan yang dapat dipilih, misalnya:

  1. Kain Tenun
  2. Kain Rajut
  3. Vinyl
  4. Mesh
  5. Kulit Sintetis
  6. Kulit Asli
  7. Kayu
  8. Akrilik atau Plastik
  9. Kayu solid
  10. MDF dan berbagai kayu olahan

Dari berbagai bahan di atas, kita bisa mempelajari mana-mana yang bisa membuat harganya menjadi demikian tinggi. Kita bisa mencari bahan subtitusi. Misalnya, mengenai kain yang dipakai, kita bisa menggunakan kain tenun yang harganya lebih murah. Lalu, bila Anda hendak menggunakan elemen kayu, bisa digunakan kayu olahan atau solid yang murah.

Gunakan Bahan yang Murah

Sebagaimana disebut di atas, setelah mencari referensi mengenai kursi ini, hal kedua yang harus dilakukan adalah memilih bahan yang murah. Kita bisa membandingkan pelapis kursi tersebut. Misalnya pelapis dari kulit asli. Harga produk yang seperti ini pasti sangat mahal. Sebagai gantinya, sebaiknya dipakai kain tenun atau kulit sintetis saja.

Make Over Kursi Kantor Lama

Sebetulnya, Anda juga bisa melakukan make over mebel lama. Ini beda lho dengan sekedar jual kursi kantor bekas. Sebab, dengan melakukan make over Anda melakukan perbaikan pada kursi tersebut. Tampilan kursi seyogyanya juga diperbaiki dalam proses ini. Misalnya mengganti sandaran yang rusak, bantalan kursi yang sudah tidak nyaman, sampai mengganti sarung bantalnya. Anda juga bisa menghilangkan feature yang benar-benar tak bisa dipakai. Daripada menjadi “cacat”, bukankah lebih baik ditiadakan saja? Cara ini dipastikan akan membuat harga kursi kantor lebih terjangkau. Namun Anda harus memasarkannya dengan lebih baik. Jadi produk Anda tidak akan dianggap sebagai produk second atau bekas semata.

Gunakan Bahan Pendukung yang Terjangkau

Selain bahan utamanya, Anda juga perlu membeli bahan pendukung yang harganya terjangkau. Meski demikian, pastikan bahwa bahan tersebut tetap berkualitas. Jadi konsumen tetap percaya pada produk Anda. Misal, untuk adhesive-nya, Anda bisa mengandalkan lem yang bagus seperti Crossbond.

Crossbond merupakan lem untuk pembuatan furniture. Lem ini terdiri atas dua varian yang terbagi menjadi Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X4 bisa digunakan untuk pelapisan, sedangkan Crossbond X3 bisa digunakan untuk perekatan rangka. Kedua lem ini bisa membantu Anda untuk menghasilkan office chair yang kualitasnya baik tetapi harganya tetap terjangkau.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Terapkan Desain yang Sederhana

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah meneraplan desain yang sederhana. Kita toh pada akhirnya bisa memberikan opsi pada pembeli ketika hendak membeli di tempat jual kursi kantor. Apakah mereka ingin membeli kursi dengan desain dan komponen lengkap tapi mahal, atau memilih produk yang lebih murah.

Misal, terkait dengan feature kursi yang bisa diputar, dinaik-turunkan, dan dipindahkan dengan roda. Kita bisa menghilangkan satu atau dua feature tersebut namun memberikan keringanan harga.

Beberapa kita di atas akan membantu Anda untuk jual kursi kantor murah. Memang tak mudah. Sebab kita harus menekan biaya produksi kursi office tersebut. Namun bukan berarti tidak bisa.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus artikel dari kami seputar dunia perekatan dan industri mebel.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here