Info Lengkap Meja Kursi Tamu Minimalis Penting untuk Pengusaha Mebel

0
1005
meja kursi minimalis (2)

Apa itu meja kursi tamu minimalis? Siapa yang menyukai mebel ini? Dan lem apa yang tepat digunakan untuk membuatnya? Info lengkap mengenai meja dan kursi tamu minimalis akan kami bahas berikut ini.

Mengenal Gaya Minimalis

Satu dari sekian gaya mebel yang popularitasnya luar biasa di masyarakat adalah gaya minimalis. Coba saja tanyakan secara random pada orang yang tidak Anda kenal mengenai gaya desain yang mereka ketahui. Daripada menjawab dengan nama-nama gaya seperti beach house, farm house, cottage, hingga Palladian, kemungkinan besar mereka akan menjawab dengan gaya minimalis.

Minimalis sendiri sebagai sebuah gaya bukanlah gaya yang baru. Setidaknya, gaya ini sudah bermula pada era pasca perang dunia kedua. Sejak saat itu, gaya ini diterapkan di berbagai bidang. Ia telah merambah bidang fashion, interior design, façade, dan tentu saja mebel. Salah satu mebel yang sering didesain dengan gaya populer ini ialah meja dan kursi tamu.

Karakteristik Meja Kursi Tamu Minimalis

Dari berbagai mebel yang dijual di pasaran, meja dan kursi tamu sendiri tergolong mebel yang paling laku. Sebab, hampir setiap rumah membutuhkannya. Pada meja dan kursi inilah orang menjamu tamu yang bertandang ke rumah mereka. Suka tak suka, kita pasti akan melakukan berbagai usaha suyapa suasana ruang tamu lebih menawan. Dan salah satu yang bisa dilakukan adalah menghadirkan meja dan kursi yang bagus dengan desain yang populer. Karena itulah, seperti dijelaskan di atas, dibanding mebel lainnya, gaya minimalis lebih sering diterapkan pada meja dan kursi tamu.

pagar tampil baru dengan Orchid

Dari penampilannya sendiri, gaya minimalis akan memberikan karakteristik yang khas ketika diaplikasikan pada meja dan kursi. Berikut ini beberapa karakteristik meja kursi tamu minimalis.

  1. Warna yang cenderung netral. Warna mebel atau produk apapun yang didesain dengan gaya minimalis cenderung netral. Warna yang dipilih tidak terlalu cerah, tetapi juga tidak terlalu gelap. Jadi, warna seperti merah menyala atau biru tua sangat jarang ditemukan pada mebel bergaya minimalis.
  2. Warna cenderung monokromatis dengan atau tanpa tambahan aksen natural. Selain netral, warna juga sering hadir dengan tampilan monokromatis. Putih adalah ciri utama gaya minimalis. Namun tak jarang, tambahan kesan natural diberikan. Pada mebel sendiri, kesan natural ini biasanya bersumber dari warna alami kayu yang organik.
  3. Model yang efisien. Model meja kursi tamu minimalis pasti sangat efisien. Dalam artian, tidak ada bagian mebel yang tidak fungsional. Elemen-elemen yang tidak dibutuhkan secara esensial tidak akan digunakan.
  4. Estetika tak bertumpu pada pola yang mendetil. Pada meja dan kursi yang didesain dengan gaya minimalis, keindahan produk hadir lewat kesederhanaannya. Jadi, adanya pola detil seperti ukiran justru tidak dianjurkan sama sekali.
meja kursi minimalis

Dilihat secara keseluruhan, meja kursi tamu minimalis akan menghadirkan kesan efektif, efisien, dan modern. Kehadirannya di ruang tamu akan cocok dengan lifestyle masa kini tanpa mengurangi kesan relaks yang dihadirkannya. Tamu akan disambut dengan gaya yang simpel, mengena, tapi tetap menenangkan dengan warna netral. Apalagi bila ditambahkan dengan kesan natural atau organik.

Baca Juga:  Berbagai Contoh Sambungan Kayu dan Lem yang Dibutuhkan

Apa Keuntungan Membuat Meja Kursi Tamu Minimalis?

Bagi pengguna furniture, kehadiran meja dan kursi tamu bergaya minimalis merupakan pilihan yang bagus untuk membuat ruang tamu semakin menawan. Tetapi, tentu saja hal ini berbeda dengan perspektif pelaku usaha mebel.

Gaya minimalis yang populer di masyarakat jelas tak bisa diabaikan oleh pengusaha mebel, baik itu yang berskala besar, kecil, ataupun menengah. Bila data mengenai popularitas gaya ini diabaikan, bisa jadi konsumen akan beralih pada mebel import dari berbagai negara lainnya. Hal ini jelas merugikan karena penyuka mebel dengan gaya minimalis tidaklah sedikit. Malah, semakin hari jumlahnya diprediksi semakin banyak. Dengan kata lain, membuat meja kursi tamu minimalis sejatinya adalah pilihan prospektif untuk mengembangkan bisnis.

Kabar baiknya, membuat mebel dengan gaya minimalis pada dasarnya bukan hal yang terlampau sulit untuk dilakukan. Yang diperlukan orang adalah memahami apa itu gaya minimalis, prinsip, dan contohnya. Misalnya, bila biasanya pengrajin Indonesia membuat meja dengan ukiran mewah Jepara, pada gaya minimalis, meja justru dibuat tanpa ukiran. Meja harus dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa terlihat cantik meskipun modelnya sangat sederhana. Memang tidak mudah. Bisa dibilang, hal ini sangat tricky. Tetapi, ada banyak referensi yang bisa diandalkan mengenai berbagai contoh dan inspirasi meja dan kursi tamu bergaya minimalis.

Membuat Meja Kursi Tamu Minimalis yang Bagus Tapi Murah: Bisakah?

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Kunci keberhasilan membuat meja dan kursi tamu minimalis terletak pada pengetahuan dan keterampilan kita. Keduanya memiliki peran yang sama penting. Tetapi yang tak kalah penting adlaah memastikan mebel yang dijual tersebut hadir dengan harga yang kompetitif di pasaran. Mengapa? Sebab, saat ini pasar mebel Indonesia bukan hanya medan tempat “bertarung” pelaku usaha Indonesia, namun juga dunia. Di berbagai negara lain, tentunya biaya produksi bisa ditekan sehingga harga mebel yang mereka buat bisa menjadi lebih murah. Level of competitiveness mebel Indonesia pun dipertanyakan dalam situasi seperti ini. Solusinya jelas memastikan bahwa harga mebel Indonesia senantiasa kompetitif.

Baca Juga:  Lem untuk Kayu Cendana Tak Boleh Bau!

Tetapi, membuat meja kursi tamu minimalis dengan harga yang kompetitif memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Hanya saja, sebetulnya ada beberapa kiat sederhana yang bisa dilakukan. Misalnya, dari segi bahan perekat atau lem yang digunakan, Anda bisa mengandalkan adhesive Crossbond. Didesain dengan PVAc water based, Crossbond merupakan lem kayu yang memiliki sangat banyak keunggulan. Adhesive ini memiliki daya rekat yang sangat baik, tahan lama, tidak mudah rusak, dan cepat kering. Selain itu, Crossbond juga merupakan lem yang tidak menyebabkan glue line dan bisa digunakan dengan sangat mudah bahkan oleh orang awam sekalipun. Sangat menarik, bukan? Pemakaian Crossbond akan mampu menurunkan biaya produksi tanpa mengorbankan mutu atau kualitas produk mebel.

Kesimpulan

Bisa dikatakan bahwa berdasarkan penjelasan di atas, gaya minimalis adalah salah satu gaya yang populer di berbagai bidang. Salah satu bidang di mana gaya ini menjadi trend tersendiri adalah pada industri woodworking. Gaya minimalis bisa diterapkan pada beragam produk mebel termasuk meja kursi tamu minimalis. Bagi pelaku usaha mebel sendiri, membuat mebel tamu dengan gaya minimalis adalah salah satu cara menarik untuk menggaet lebih banyak pembeli. Pasalnya, penyuka mebel minimalis tergolong banyak. Karena itu, daya jualnya pun sangat baik dan prospektif. Hanya saja agar keuntungan yang didapat lebih besar, tentu saja beberapa hal harus dilakukan. Khusus untuk lemnya, adhesive yang kami sarankan untuk Anda agar bisa menghemat biaya produksi tanpa mengurangi kualitas produk adalah lem Crossbond.

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here