Jamin Mutu Produk, Perusahaan Furniture Perlu Crossbond

0
508
perusahaan furniture

Kelancaran produksi perusahaan furniture membutuhkan lem dengan kualitas yang baik. Dari berbagai lem yang ada di pasaran, Crossbond menjadi adhesive terbaik untuk digunakan.

Perlunya Lem yang Bagus

Proses produksi adalah suatu istilah yang merujuk pada serangkaian tahapan sampai sebuah produk selesai dibuat. Proses ini membutuhkan waktu yang lamanya dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor bahan. Hal ini berlaku pada berbagai usaha manufaktur, tak terkecuali manufaktur mebel sebagai salah satu manufaktur andalan Indonesia.

Pada pembuatan produk mebel, bahan yang digunakan sangat mempengaruhi kelancaran dan kesuksesan proses produksi. Misalnya, dalam pembuatan meja, seorang pengrajin membutuhkan waktu selama sekian hari. Tetapi, pada satu waktu, salah satu bahan yang dipakai dalam pembuatan meja ternyata tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Lama produksi yang direncanakan pun mundur jauh dari jadwal. Akibat dari kondisi ini, bukan hanya meja yang telat dibuat, tetapi ongkos produksi pun akan naik. Sebab, selama proses tersebut, perusahaan jelas harus membayar upah tenaga kerja lebih sampai menggunakan mesin dengan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itulah penggunaan bahan yang dipakai pada pembuatan furniture perlu dilakukan secara hati-hati. Salah satu bahan yang demikian penting diperhatikan adalah lem.

Lem atau adhesive merupakan perekat yang hampir selalu dibutuhkan pada pembuatan mebel perusahaan furniture. Lem secara umum bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan fungsinya, yaitu:

  1. Lem untuk menyambung komponen rangka mebel
  2. Lem untuk aplikasi finishing tempel. Misalnya untuk perekatan veneer pada MDF
CS Lem Kayu

Sebagai penyamung komponen rangka mebel, lem memiliki peran yang secara langsung berhubungan dengan kekokohan mebel terkait. Bayangkan saja, misalnya pada sambungan apron dan kaki, lem yang digunakan kurang kuat. Akibatnya, meja menjadi tidak kokoh. Area penyambungan tidak akan stabil bahkan meski sudah disambungkan dengan paku. Sebab, sifat penyambungan paku terkonsentrasi pada satu titik saja. Penyambungan paku memang kuat, tetapi karena terkonsetrasi pada satu titik, dibutuhkan perekatan lem yang mampu menyatukan area keseluruhan sambungan agar lebih stabil.

Sedangkan sebagai perekat untuk finishing tempel, lem akan mempengaruhi estetika hingga keawetan produk. Bila lem yang digunakan bagus, hasil finishing tempel pun akan terlihat bagus dengan permukaan yang mulus dan tidak mudah lepas. Kayu olahan yang dilapisi pun akan terlindungi dengan baik sehingga produk menjadi lebih awet.

Crossbond, Lem Terbaik untuk Perusahaan Furniture Anda

Berbagai aspek pada produk pada akhirnya memang dipengaruhi kualitas lem yang digunakan. Karenanya, memilih lem untuk usaha mebel perlu dilakukan dengan cermat. Di pasaran sendiri telah tersedia beragam jenis adhesive yang bisa digunakan. Tetapi, satu-satunya adhesive yang menjadi rekomendasi kami adalah lem Crossbond.

Crossbond merupakan lem polyvinyl acetate water based. Lem dengan formulasi PVAc sering disebut sebagai lem kayu atau lem putih. Formula PVAc sendiri merupakan formula yang banyak digunakan adhesive modern. Namun demikian, tentu saja, Crossbond didesain dengan formula PVAc yang spesifik dengan modifikasi di sana-sini agar kualitasnya lebih baik.

Sebagai lem mebel, adhesive ini telah menjadi kepercayaan berbagai perusahaan furniture. Crossbond memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi adhesive andalan. Berikut ini berbagai kelebihan Crossbond dibanding adhesive lainnya.

Lem untuk perusahaan furniture

Berbagai Keunggulan Adhesive Crossbond untuk Perusahaan Furniture

Daya Rekat Kuat

Sebagaimana disebut di atas, Crossbond merupakan lem yang didesain dengan formula PVAc. Salah satu keunggulan formula PVAc adalah sifatnya yang lebih kuat. Ditambah dengan inner cross linker modifier, Crossbond menjadi lem kayu yang lebih kuat dibanding lem lainnya di pasaran termasuk lem berbasis PVAc yang lain. Adhesive ini mampu membentuk ikatan rangkap ganda yang akan mengikat produk dengan kuat. Molekul lem juga akan berikatan satu sama lain sehingga area penyambungan tidak mudah terlepas.

Diformulasikan secara Modern sehingga Ikatannya Stabil

Lem Crossbond merupakan lem andalan perusahaan furniture yang diformulasikan secara modern dengan ikatan yang stabil. Ikatan adhesive ini dibuat sedemikian rupa sehingga secara kimiawi atau mekanis tidak mudah rusak. Lem akan membentuk ikatan yang tahan panas, kelembaban, hingga paparan sinar matahari.

Dua Varian untuk Dua Kebutuhan

Crossbond didesain dalam 2 varian. Yang pertama adalah Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem untuk penyambungan rangka produk. Lem ini bisa digunakan untuk menyambungkan apron dan kaki, rangka tempat tidur, hingga rangka almari. Sedangkan varian kedua adalah Crossbond X4. Berbeda dengan Crossbond X3, lem Crossbond X4 adalah lem untuk perekatan laminasi. Artinya, adhesive ini diperuntukkan pada proses penempelan veneer dan komponen lainnya secara laminatif.

Jadikan Perusahaan Furniture Eco Friendly

Manufaktur Crossbond sangat menyadari bahwa salah satu kebutuhan perusahaan furniture saat ini adalah bahan-bahan yang ramah lingkungan. Sebab, tuntutan masyarakat dan regulasi pemerintah terkait produk yang eco friendly semakin ketat. Karenanya, kami menghadirkan adhesive yang aman digunakan. Lem ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan ataupun kesehatan manusia. Sebagai lem water based, Crossbond juga tidak akan menimbulkan bau pedas sebagaimana lem solvent based.

Cepat Kering

Crossbond merupakan lem yang memiliki kecepatan kering ideal. Lem ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki lama kering sesuai dengan standar mesin. Kecepatan kering lem yang ideal ini pada akhirnya akan membuat budget produksi lebih hemat. Sebab, tenaga dan waktu akan lebih efisien ketika produk bisa dikerjakan lebih cepat.

perusahaan mebel

Tidak Merusak Estetika Produk Perusahaan Furniture

Perusahaan furniture sering mengalami masalah pada lem yang menyebabkan warna. Keberadaan warna lem ini akan merusak estetika dan keseragaman warna mebel. Warna-warna yang ditimbulkan lem pada garis pengeleman sering disebut sebagai glue line. Fenomena glue line memang menjadi momok tersendiri bagi banyak pelaku usaha woodworking. Menyadari hal ini, kami menghadirkan lem Crossbond sebagai lem yang tidak menyebabkan kerusakan warna. Selain itu, adhesive Crossbond juga tidak tebal. Sehingga, estetika produk akan benar-benar lebih terjamin.

Hemat dan Lebih Terjangkau

Crossbond bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Crossbond X3 bisa Anda dapatkan mulai harga Rp. 45.000,- sedangkan Crossbond X4 bisa Anda dapatkan mulai harga Rp. 50.000,-. Selain nominal harganya yang murah, perusahaan furniture juga bisa menikmati fitur lem yang hemat digunakan. Lem ini didesaindengan solid conten tinggi serta cover area yang luas sehingga penggunaannya tidak akan boros sama sekali.

Segera Dapatkan Crossbond!

Berbagai keunggulan di atas menjadikan Crossbond sebagai lem ideal untuk usaha mebel Anda. Tak mengherankan bahwa adhesive ini telah dipercaya berbagai perusahaan mebel baik yang berskala UKM hingga besar.

Tertarik menggunakan adhesive ini? Hubungi kontak Customer Service kami sekarang juga untuk mendapatkan adhesive ini. Lem Crossbond akan segera kami kirim ke alamat perusahaan furniture Anda.

Semoga bermanfaat! Sukses selalu bersama Crossbond X3 dan Crossbond X4.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here