Tips Membuat Gazebo Murah Bersama Crossbond

0
669
Gazebo (2)

Bagi Anda yang sedang mencari referensi tips membuat gazebo murah, berikut ini saran yang bisa Anda terapkan. Berbagai kiat memang harus Anda lakukan mulai dari pemilihan material yang terjangkau sampai penggunaan adhesive yang kuat namun tidak mahal.

Siapa tak suka dengan taman? Taman atau garden adalah space outdoor di sekitar bangunan yang biasanya ditanami dengan aneka tumbuhan dan beberapa perabot serta benda pelengkapnya. Taman akan membuat desain façade rumah makin menawan sekaligus bisa digunakan untuk kegiatan tersendiri. Misalnya, taman luas Anda bisa Anda manfaatkan untuk bercengkerama bersama keluarga. Anda bisa menghabiskan hari minggu di taman yang cerah bermain bersama dengan anak-anak. Atau, Anda juga menghabiskan sore di taman sembari menikmati secangkir teh setelah lelah seharian bekerja. Agar lebih nyaman, Anda juga bisa mendirikan sebuah gazebo.

Gazebo?

Gazebo pada dasarnya adalah bangunan semi permanen yang didirikan untuk kebutuhan rekreasi atau hiburan. Gazebo memiliki ukuran yang kecil dibanding bangunan lainnya. Mungkin luasnya pun hanya sekitar 1 meter persegi. Lantainya tidak permanen, dindingnya dari kayu atau bambu, sedangkan atapnya dari ijuk atau atap genteng tanah liat.

Gazebo di masa kini sebenarnya banyak digunakan di berbagai restaurant hingga hotel. Sebab, bangunan ini memang paling cocok untuk kegiatan outdoor. Di gazebo, Anda bisa bersantap dengan lezat sambil memandangi tumbuhan yang cantik. Anda juga bisa lebih nyaman mengerjakan tugas sekolah ataupun pekerjaan dengan adanya bangunan semi permanen ini.

Ketika Membuat Gazebo Murah Jadi Impian

CS Lem Kayu

Memiliki gazebo memang sangat menarik. Namun biaya untuk membuatnya tak bisa dihiraukan begitu saja. Apalagi harga material dewasa ini semakin membumbung tinggi. Belum lagi, ketika kita bicara mengenai ongkos tukang yang harus dibayar. Jelas tidak murah, bukan?

Tetapi, tiap kemauan pasti punya jalannya tersendiri. Bagi Anda yang harus berhemat namun tetap menginginkan gazebo cantik di halaman, tips di bawah ini mungkin bisa membantu. Ada tiga tips yang akan kami jabarkan. Yang pertama adalah tips membuat gazebo dengan bentuk sederhana, yang kedua adalah tips menghemat biaya pembuatan gazebo, dan yang ketiga adalah tips agar gazebo tersebut terlihat menawan. Pada akhirnya, tips-tips ini bertujuan supaya gazebo Anda hadir dengan baik tetapi tidak memakan biaya yang besar.

Langsung saja, simak beberapa tips super menarik di bawah ini.

gazebo

Tips Desain Gazebo dan Pergola Sederhana

Bagaimana cara membuat gazebo sesederhana mungkin? Prinsipnya adalah “tak perlu menggunakan “aksesori” tambahan”. Bisa dibilang, gunakan komponen desain yang bila tak ada, maka gazebo akan “ambruk”. Bila tanpa komponen itu gazebo masih bisa berdiri, minimalisir sebisa mungkin. Beberapa hal di bawah ini pasti bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Tak perlu menggunakan lantai. Atau, gunakan batu-batu taman sebagai lantai pada gazebo. Ini akan menghemat banyak dana membeli kayu untuk lantai. Pilih batu-batu yang besar. Untuk kenyamanan, gunakan tikar bila batu dirasa lembab.
  2. Atap gazebo tak perlu dibuat sedemikian rapat. Konsep gazebo adalah tempat untuk bersantai, bukan berteduh dari hujan. Jadi, Anda bisa menggunakan kayu-kayu yang tak rapat sebagai atap. Lihat desain gazebo sederhana berbiaya terjangkau no 1 di bawah ini. Atau bila Anda ingin menghindari panas matahari, tempatkan gazebo di bawah pohon. Sebagai atap, Anda juga bisa memanfaatkan terpal atau bahan lain sejenisnya. Tak perlu khawatir terlihat buruk. Dengan sentuhan yang tepat, gazebo sederhana berbiaya murah Anda akan tetap menarik.
  3. Bila Anda menginginkan gazebo yang artistik, gunakan saja bentuk asli batang pohon. Tak perlu menggunakan desain rumit buatan yang biayanya lebih mahal.
  4. Anda juga bisa memanfaatkan support dari bahan/benda lain di halaman. Misalnya, mendirikan gazebo melekat di pagar sekaligus memanfaatkannya untuk menunjang gazebo itu sendiri. Gazebo pun akan terlihat lebih unik dan menyatu dengan halaman rumah Anda.
  5. Buat gazebo dengan ukuran sedang hingga kecil. Semakin kecil tentunya biaya pengerjaannya akan makin murah.

Tips Agar Biaya Pembuatan Gazebo Lebih Terjangkau

  1. Pembuatan gazebo yang sederhana, sudah pasti akan membuat biaya pengerjaannya lebih terjangkau. Tetapi, tentu saja usaha itu tidak cukup. Maka, selain menggunakan desain gazebo sederhana, Anda juga perlu mengikuti tips di bawah ini agar biaya pembuatan gazebo tak melambung tinggi.
  2. Buat sendiri. Membuat gazebo bisa Anda lakukan bersama keluarga. Lakukan sebagai kegiatan bersama untuk mengisi waktu luang dengan lebih bermanfaat. Anda bisa mengajarkan pada anak banyak hal bila melakukan ini. Untuk desain gazebonya sendiri, contohlah dari desain-desain yang tutorialnya dijelaskan di dunia maya.
  3. Meminta bantuan tukang boleh saja. Tapi tak perlu banyak-banyak menggunakan jasa mereka. Manfaatkan tenaga Anda sebagai asisten pembantu.
  4. Jangan cepat membuang bahan bangunan tak terpakai. Misalnya genting atau kayu. Genting dan kayu yang tak terpakai bisa Anda manfaatkan untuk membuat gazebo. Lakukan pengecatan ulang dengan cat enamel bila dirasa perlu.
  5. Pilih bahan yang murah namun menarik. Misal, daripada menggunakan kayu jati untuk dinding gazebo, gunakan saja anyaman bambu yang lebih murah namun tetap cantik.
  6. Gunakan bahan pendukung yang kualitasnya bagus tapi tetap murah. Misalnya, untuk lemnya, gunakanlah lem kayu yang terjangkau tapi bagus seperti Crossbond.
Gazebo (3)

Tips Membuat Gazebo Murah Tapi Tetap Cantik

Kedua tips sebelumnya sudah membahas mengenai cara menghadirkan gazebo dengan lebih sederhana. Nah, agar gazebo Anda juga cantik, ikuti kiat-kiat di bawah ini. Yang jelas, ingatlah bahwa keindahan gazebo bukan melulu soal desainnya. Jadi agar gazebo terlihat menarik, yang harus dimodifikasi bukan hanya bangunan semi permanennya itu saja.

  1. Tanam tanaman hias bunga di sekitar gazebo. Anda bisa mengandalkan tanaman hias bunga seperti mawar atau kamboja jepang (adenium) yang lebih mudah ditanam
  2. Tanam tanaman merambat dan rambatkan tanaman tersebut di gazebo Anda. Ada beberapa pilihan tanaman merambat yang menarik. Misalnya tanaman songgo langit dan morning glory.
  3. Tanam rumput hijau segar di halaman tempat gazebo berada
  4. Sinkronkan tampilan gazebo dengan taman
  5. Percantik dengan lampu taman yang indah. Pilih lampu hias yang kesannya natural agar lebih match dengan taman
  6. Selalu jaga kebersihan taman dan gazebo itu sendiri

Kesimpulan

Membuat gazebo murah bukanlah hal yang tidak mungkin. Ada kemauan tentu ada jalannya. Beberapa kiat bisa dilakukan supaya gazebo yang dibuat tidak memakan biaya yang besar tetapi tetap menarik. Anda bisa mencoba mengerjakannya sendiri, membangun gazebo dengan model sederhana, sampai menghiasnya dengan tanaman-tanaman cantik seperti mawar. Selain itu, jangan lupa gunakan Crossbond untuk membuat gazebo murah tersebut.
Semoga bermanfaat! Update terus berbagai informasi menarik seputar dunia woodworking dan perekatan di lemkayu.net!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here