Raup Untung dengan Kayu Mahogany Bersama Crossbond

0
350
kursi mahoni

Kayu mahogany, meski di Indonesia dianggap di bawah jati, sebetulnya punya market luar biasa secara global. Banyak negara termasuk Amerika Serikat menyenangi mebel dari kayu ini. Buka peluang ekspor Anda dengan mebel dari mahoni bersama lem andalan kami, Crossbond.

Swietenia sp. merupakan nama ilmiah dari pohon mahogany yang di Indonesia sering disebut dengan nama mahoni. Tanaman ini adalah tanaman asli dari benua Amerika dan kemudian dperdagangkan serta dikembang-biakkan di berbagai negara lain di dunia. Di Indonesia, pohon mahoni juga sudah lama ditanam di berbagai wilayah. Sedangkan di negara tetangga kita, Filipina, mahoni bahkan sudah tergolong tanaman invasive. Secara umum tanaman ini mampu menghasilkan kayu mahoni dengan karakter:

  • Warna coklat kemerahan
  • Pola serat kayu lurus
  • Tekstur cenderung kasar
  • Termasuk kayu berdensitas tinggi meski masih di bawah jati
  • Resistensi terhadap kelembanan dan jamur, berkisar di level moderate hingga lemah

Swietenia sp. sebagai penghasil kayu mahogany bisa dibedakan menjadi beberapa jenis atau spesies. Terdapat mahogany Honduran atau kadang juga disebut mahoni berdaun besar. Spesies ini memiliki nama ilmiah Swietenia macrophyllia. Habitat aslinya ada di Meksiko dan Brazil. Tipe Honduran ini adalah tipe mahoni yang kayunya banyak diperdagangkan hingga saat ini. Yang kedua adalah West Indian atau Cuban Mahogany dengan nama ilmiah Swietenia mahogany. Habitat aslinya berada di Florida dan kepulauan Karibia. Dulunya, tanaman ini sering diperjual belikan, namun tidak lagi sejak perang dunia kedua. Terakhir, adalah Swietenia humilis. Swietenia humilis berasa dari kepualauan pasifik di Amerika Tengah. Jenis ini dibatasi untuk pemanfaatan secara komersial. Beberapa ahli botani menyebut bahwa Swietenia humilis hanyalah sub spesies dari Swietenia yang lain.

Kayu Mahogany untuk Mebel Ekspor Anda

Dengan estetika yang menarik dan densitas kayu yang baik, mahoni merupakan salah satu material yang banyak digunakan di dunia. Salah satunya dalam industri woodworking untuk pembuatan mebel. Beberapa negara di dunia juga sangat memfavoritkan kayu ini dibanding kayu-kayu yang lain. Amerika Serikat, misalnya. Dari deretan kayu yang populer di negeri Paman Sam, kayu mahoni menduduki peringkat atas untuk produksi mebel.

CS Lem Kayu

Indonesia sendiri selama ini dikenal sebagai penghasil mebel dengan kualitas yang baik. Karenanya, berbagai produk dari pelaku mebel Indonesia dengan mudah menembus pasar ekspor. Di dalam negeri, industri ini telah berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu manufaktur kebanggan nasional dan telah berkontribusi positif hingga menyerap ratusan ribu tenaga kerja. Salah satu produk unggulan Indonesia adalah mebel jati. Teak furniture dalam bentuk meja, kursi, hingga dresser memiliki keindahan yang begitu khas. Dari berbagai pemerintah di dunia sendiri, pemerintah Indonesia dipuji karena secara khusus memiliki perhatian terhadap kayu bernama ilmiah Tectona grandis ini.

Tetapi apakah jati hanya akan menjadi satu-satunya dan andalan Indonesia? Tentu tidak, bukan? Dibutuhkan inovasi dan kejelian membaca selera target pasar. Mebel dari kayu mahogany yang disenangi Amerika Serikat, misalnya, bisa menjadi bidikan untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Ada beberapa keuntungan tambahan yang akan mempermudah produksi mebel dari kayu ini:

  • SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia yang lebih murah sehingga biaya produksi bisa ditekan. Sebagai hasilnya, mebel mahogany yang dijual bisa lebih murah atau setidaknya kompetitif dengan pasar ekspor.
  • Indonesia memiliki SDM yang berkualitas dan terampil dalam industri woodworking.
  • Indonesia memiliki keragaman pola etnis yang menarik sehingga akan membuat mebel dari kayu mahogany lebih mengundang daya tarik.
  • Swietenia merupakan kayu yang lebih terjangkau dibanding kayu jati.

Penggunaan mahoni juga bisa meningkatkan nilai ekspor produk secara global. Apalagi saat ini, meski manufaktur mebel menunjukkan performa yang baik akan tetapi kita masih kalah dibanding negara lain seperti Vietnam. Produk yang dihasilkan dari kayu mahoni sendiri bisa begitu beragam, misalnya:

  • Meja tamu dari kayu mahony
  • Tempat tidur
  • Kursi
  • Meja rias
  • Meja kerja
  • Meja makan

Meningkatkan Kualitas Furniture Kayu Mahogany dengan Crossbond

Menyadari betapa pentingnya industri manufaktur bagi Indonesia, kami di Bio Industries secara khusus menghadirkan adhesive dengan kualitas terbaik. Lem yang kami rekomendasikan, Crossbond, juga bisa menjadi andalan Anda untuk membuat mebel dari kayu mahogani yang lebih bermutu tetapi tetap terjangkau.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Sebagaimana yang kita tahu, salah satu yang menjadi penentu laris tidaknya mebel untuk ekspor adalah kualitas produknya. Selain masalah regulasi yang seharusnya bisa membantu kalangan pelaku usaha, seyogyanya kualitas produk juga tak diabaikan. Sehingga mebel yang dihasilkan nantinya bisa ter-branding sebagai mebel yang baik dan bukan mebel murahan.

Untuk mendukung produksi mebel berkualitas, tentu dibutuhkan bahan yang juga berkualitas. Adhesive sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas penyambungan perlu hadir dalam kualitas terbaiknya. Kualitas yang dimaksud mencakup daya rekat, kestabilan ikatan lem, resistensi lem pada faktor panas hingga kelembaban, sampai keamanan lem.

Yang terakhir ini sangat dibutuhkan untuk kebutuhan ekspor mebel dari kayu mahogany. Sebab saat ini, berbagai regulasi harus dituruti dan kebanyakan merupakan sebuah aturan yang terkait dengan efek kegiatan industri terhadap kelestarian alam.

Crossbond sendiri merupakan PVAc water based atau polyvinyl acetate water based glue. Lem ini dikenal karena merupakan lem yang eco friendly dan bisa digunakan untuk perekatan mebel yang kuat dan stabil. Terdapat dua varian Crossbond yang bisa Anda gunakan.

Crossbond X3 untuk perekatan area wood joint. Lem ini akan membantu Anda menghasilkan struktur mebel yang kokoh dan tahan beban.
Crossbond X4 untuk perekatan laminasi. Lem ini bisa digunakan untuk aplikasi veneer mahoni atau perekatan pelapisan lainnya.

Beli Crossbond Sekarang Juga!

Gunakan Crossbond akan membuat produk kayu mahogany Anda menjadi lebih berkualitas. Kami menyediakan lem ini karena kualifikasinya yang memang sangat baik. Meskipun demikian, lem ini tetap terjangkau dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp. 45.000,-. Crossbond sebagai lem yang berkualitas telah lama menjadi andalan berbagai industri woodworking lokal dan nasional. Lem ini banyak digunakan untuk bidang konstruksi dan pembuatan mebel.

mebel mahoni

Sekarang, Crossbond juga bisa dibeli secara online. Tak sulit, Anda hanya perlu menghubungi kami via kontak Customer Service (CS) di atas. Atau, via marketplace yang jadi langganan Anda. Masukkan saja kata kunci nama produk ini pada kotak search online shop tersebut. Sedangkan pembelian secara konvensional bisa dilakukan di Bio Service Point di Jepara, Cirebon, hingga Yogyakarta. Mudah sekali, bukan? Segera hubungi kami dan dapatkan lem Crossbond X3 dan Crossbond X4 untuk membuat furniture kayu mahogany yang murah namun bermutu.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here