Tips Kerajinan dari Kayu Beserta Cara Pembuatannya yang Murah

0
3663

Ingin membuat kerajinan dari kayu tapi bingung dengan dananya? Berikut ini beberapa tips kerajinan dari kayu beserta cara pembuatannya yang murah.

Gunakan Kayu Bekas atau Limbah

Gunakan kayu-kayu yang sudah tak terpakai. Misalnya saja kayu bekas mebel, kayu pallet, ataupun kayu sisa dari industri pengolahan kayu. Anda juga bisa memanfaatkan kayu dengan harga terjangkau. Misalnya, daripada memanfaatkan jati, Anda bisa menggunakan kayu pinus. Pun demikian pemanfaatan kayu olahan, seperti tripleks dan HDF. Bagaimana dengan ranting? Kalau memungkinkan, kenapa tidak? Toh banyak juga kerajinan dari ranting dengan hasil menawan.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Baca Juga : cara membuat kerajinan dari kayu bekas

Gunakan Bahan Non Kayu Bekas

perawatan kayu alami natural oil

Selain kayunya, Anda juga bisa memanfaatkan aneka bahan bekas non kayu. Misalnya saja, bekas kotak tissue untuk membuat pas foto, kardus sebagai alas frame, hingga kain perca untuk membuat pita pada kerajinan kayu.

Pilih Desain yang Sederhana tapi Mengena

Daripada mahal-mahal mengaplikasikan desain yang rumit, pilih saja desain yang sederhana tapi “mengena”. Misalnya saja contoh vas bunga kayu di bawah ini. Simpel bukan? Akan tetapi hasilnya justru sangat menarik.

Baca Juga : begini cara membuat kotak tisu dari kayu yang mudah

promo produk biovarnish wood filler

Aplikasikan Lem yang Berkualitas tapi Murah

Tips berikutnya untuk kerajinan dari kayu beserta cara pembuatannya yang murah adalah memastikan proses pengerjaannya menggunakan bahan yang bagus namun terjangkau. Contohnya saja lem. Pilih lem yang daya rekatnya kuat namun harganya tak mahal. Dengan demikian, kegagalan pengeleman akibat kualitas lem yang rendah bisa dihindari. Dana yang dihabiskan pun tak perlu menguras dompet. Tips lem yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah lem Crossbond dan Phaethon.

Baca Juga : tips kerajinan bunga dari daun kering

Aplikasikan Cat yang Praktis

Masalah finishing kerap memakan biaya besar. Sebab dibutuhkan berbagai jenis cat hanya untuk menghasilkan satu tampilan tertentu. Bila Anda ingin menghindari hal ini, Anda bisa mencoba memanfaatkan cat BioColours Orchid.

Orchid yang merupakan cat kayu dan besi tersedia dalam aneka pilihan warna pastel seperti merah hingga ungu, maupun pilihan warna metalik seperti perak hingga emas. Orchid juga akan memudahkan pengerjaan finishing Anda karena dapat digunakan untuk logam.

Baca Juga : cara sambung papan kayu sederhana

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here