DIY Kerajinan Frame Bambu dengan Lem untuk Bambu Crossbond

0
2867
frame bambu

Beragam frame cantik bisa dibuat dari bambu-bambu kecil. Pada kesempatan ini, lemkayu akan mengajak Anda untuk membuat sendiri frame bambu tersebut. Tentu saja lem untuk bambu Crossbond tak lupa menemani.

frame bambu

Alat dan Bahan

Untuk alat dan bahannya sediakanlah perlengkapan seperti bambu-bambu kecil, lem serbaguna Crossbond, papan kayu atau karton, tali (sesuai selera), cat (opsional), kuas, pemotong, alat tulis, gambar atau foto.

Langkah-langkah Membuat Frame dengan Lem untuk Bambu Crossbond

Persiapan

CS Lem Kayu

Siapkan semua alat dan bahan yang perlu diaplikasikan. Untuk bambunya, pilih yang sudah kering dan tua. Hindari menggunakan bambu-bambu yang masih muda dan belum kering. Sedangkan untuk finishingnya, silahkan pilih sesuai selera Anda. Saran kami, untuk warna-warna pastel dan metalik, gunakan saja cat BioColours Orchid. Sedangkan untuk warna transparan (hanya untuk melindungi bambu), gunakan top coat Bio Industries.

bambu

Pemotongan

Potong bambu sesuai panjang frame yang akan dibuat. Potong juga kertas karton atau kayu yang digunakan sebagai alas.

Pengecatan (Opsional)

Lakukan pengecatan bila Anda menginginkannya. Aplikasikan saja cat Orchid untuk warna-warna pastel dan metalik seperti perak, merah, biru, dan lainnya. Sedangkan untuk tampilan natural tapi tetap terfinish, gunakan top coat Bio Industries. Pilih top coat dengan tingkat glossy sesuai keinginan Anda.

Pengikatan

Ikat dua sampai tiga bambu yang sudah dipotong dengan tali yang disediakan. Desain hingga menghasilkan bentuk tertentu. Misalnya bentuk persegi, segi empat, hingga jajaran genjang.

cara membuat frame bambu

 

Pengeleman

Langkah berikutnya adalah aplikasi lem untuk bambu Crossbond. Oleskan Crossbond pada sisi bawah bambu yang sudah diikat. Tempelkan dengan hati-hati pada alas yang disediakan. Pastikan salah satu sisinya tidak menempel. Dari sisi inilah nantinya kita bisa memasukkan gambar atau foto yang diinginkan.

mengelem sisi frame

Kiranya, demikian cara untuk membuat frame sederhana namun cantik dengan lem Crossbond. Langkah di atas tergolong mudah dan bisa diaplikasikan oleh orang awam sekalipun. Jadi, daripada buang-buang uang untuk frame yang kualitasnya belum tentu bagus, ada baiknya Anda mencoba membuatnya sendiri. Dengan lem untuk bambu Crossbond, cat Orchid, maupun top coat Bio Industries, Anda pasti bisa membuat frame bambu kualitas unggulan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here