Mana Jenis Lem untuk Kayu yang Lebih Kuat: PVAc vs Lem lain

0
2192
data

Fine woodworking merupakan sebuah majalah mengenai dunia pengolahan kayu yang sering melakukan riset-riset kecil berkaitan dengan bidang tersebut. Salah satu uji cobanya memiliki tujuan membandingkan kekuatan antar berbagai jenis lem untuk kayu. Data hasilnya adalah sebagai berikut.

data
Dari data di atas terlihat jelas ternyata lem PVAc atau biasa disebut lem putih secara umum memiliki performa sangat baik dibanding adhesive lainnya. Dari hasil ini, kita juga tahu bahwa lem yang dianggap kuat seperti epoksi pun ternyata tidak menjadi yang terkuat dibanding polyvinyl acetate glue.

Mengapa hal tersebut terjadi? Perbedaan kekuatan pada berbagai jenis lem sebenarnya bukan sesuatu yang aneh. Tiap jenis lem kayu memiliki formulasinya sendiri-sendiri. Sehingga sifat-sifatnya pun pasti akan berlainan satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan beberapa jenis lem untuk kayu.

Berbagai Jenis Lem untuk Kayu

Lem PVAc dan Lem PVAc Tahan Lama

CS Lem Kayu

jenis lem untuk kayu crossbondMerupakan lem berbahan dasar polyvinyl acetate. Adhesive berbahan ini telah diformulasikan menjadi beberapa varian. Ada PVAc lem biasa, ada pula lem PVAc yang sudah termodifikasi seperti PVA berkualitas tinggi. Contoh lem PVAc tahan lama dengan kualitas terbaik adalah Crossbond X4. Dengan ketahanannya tersebut, lem ini banyak digunakan untuk perekatan laminasi luar ruangan.

Epoksi

Lem epoksi merupakan salah satu lem yang diformulasikan dalam dua komponen, yakni resin dan hardener. Epoksi memiliki daya tahan terhadap suhu dan air yang bagus.

Polyurethane

Merupakan lem yang bisa merekatkan berbagai bahan seperti tekstil ke kayu. Lem ini mengandung isosianat yang akan bereaksi dengan air saat terpapar kelembaban.

Hot Glue

Hot glue merupakan salah satu lem yang penggunaannya praktis. Namun sifat lem ini adalah temporer sehingga sulit digunakan untuk pengeleman jangka panjang.

Hide Glue

Hide glue sering juga disebut animal glue dan lem kak. Jenis lem ini biasanya dibuat dengan bahan dasar kolagen hewan. Meskipun penggunaannya sudah sangat lama dan banyak digantikan lem-lem modern, namun jenis lem kayu ini masih memiliki fungsi khusus hingga hari ini.

mengelem kayu

Nah, memperhatikan berbagai jenis lem untuk kayu ini sangat vital bagi Anda yang bergerak di industri woodworking. Anda harus bisa memilih lem yang memiliki karakter sesuai kebutuhan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here