Apa itu Lem Putih? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

2
9896
lem putih

Istilah lem putih sama sekali tak asing di dunia pengeleman atau perekatan kayu. Yang dimaksud dengan istilah tersebut adalah bahan perekat yang terbuat dari polyvinyl acetate atau biasa disingkat PVA/PVAC. Meski pada beberapa kasus, juga terdapat lem carpenter yang merupakan lem PVA akan tetapi berwarna kuning.

lem putihAwal mula digunakannya lem PVA sendiri tak lepas dari penemuan polyvinyl acetate tahun 1912. Penemuan tersebut mengundang perhatian banyak pihak dan menjadi salah satu babak penting di bidang adhesive kayu. Hal ini tak lepas dari keunggulan lem putih yang tak dimiliki lem kayu sejenisnya.
Pertama, lem ini adalah satu dari sekian banyak lem yang aman bagi kesehatan. Lem PVA adalah lem food grade atau tidak membahayakan ketika bersentuhan dengan makanan. Di luar itu, lem ini juga memiliki performa sangat baik. Lem putih diunggulkan karena ongkos produksinya lebih murah, durabilitas lebih terjamin, dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis media, mulai dari kayu solid hingga MDF.

Baca Juga : Eva Phaethon dan Ultra Phaethon: Lem untuk Pouch

Baca Juga : Eva Phaethon, Lem yang Bagus untuk Taco Sheet

Kekurangan Lem Putih

Meski demikian, sebagaimana produk lain pada umumnya, lem putih juga memiliki kekurangan di sana-sini. Satu di antaranya terkait dengan luberan lem yang harus dihilangkan untuk aplikasi yang bagus. Luberan ini seringkali menjadi indikasi kesuksesan pengeleman. Lubernya lem, menandakan semua bagian kayu telah terke bahan perekat. Untungnya, luberan ini sangat mudah dihilangkan dan pada beberapa jenis lem putih, tidak menyebabkan cacat finishing.

Informasi Lem Putih dari Bahan PVA

Kami menyediakan produk-produk lem putih, baik lem untuk kayu maupun lem untuk keperluan umum. Produk rekomendasi kami gunakan untuk keperluan umum antara lain Perekatan tipe konstruksi seperti dalam pembuatan mebel.

Baca Juga : Kekurangan Lem PVA yang Harus Anda Tahu

Produk Kemasan (kg) Fungsi & Kegunaan Harga (Rp.)
Crossbond™ X3 4 Perekatan tipe konstruksi seperti dalam pembuatan mebel. 209.000,-
Eva Phaeton 4 General adhesive 222.000,-
Ultra Phaeton 1 General adhesive 57.000,-

Harga sewaktu-waktu dapat berubah. Silahkan hubungi Customer Service pada nomor yang tersedia untuk informasi paling lengkap.

2 COMMENTS

    • Dear Pak Ali. Untuk busa, kami sarankan menggunakan Phaeton saja. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut hubungi kami di 082167600692, bisa via SMS, WA, maupun telepon. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here