Kelebihan Lem PVA dari Mudah Dicari hingga Mudah Digunakan

0
1244
kelebihan lem pva crossbond™
Kelebihan lem pva crossbond™

Apa saja kelebihan lem PVA? Pada artikel yang lalu, kita telah membahas mengenai salah satu tipe adhesive ini. Lem PVA adalah adhesive yang banyak digunakan manusia. Produk berbahan tersebut menggunakan material sintetis dengan rumus kimia (C4H6O2)n atau polyvinyl acetate.

 Fungsi produk ini bukan saja dapat dirasakan bagi mereka yang bekerja dalam industri woodworking. Manfaat lem PVA sangat beragam hingga dapat dipergunakan pada industri kertas, serat alam, dan sebagainya. Tak heran penggunaan lem ini di kalangan masyarakat awam pun juga tergolong tinggi. Terlebih lagi dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan polyvinyl acetate adhesive tersebut.

Kelebihan Lem PVA

    1. Jauh lebih aman dibanding kebanyakan lem yang kita kenal. Bahkan beberapa lem berbahan ini bisa digunakan untuk keperluan perekatan food grade atau aman kontak dengan makanan.
    1. Tidak menimbulkan bau menyengat. Jadi selain tidak menurunkan kualitas produk yang dilem, pva juga tidak perlu diaplikasikan di luar ruangan.
    1. Relatif bisa dihilangkan hanya dengan air. Tak perlu digunakan bahan kimia keras yang membahayakan.
    1. Khusus untuk lem putih PVA, saat kering akan meninggalkan film yang transparan.sedangkan lem kuning PVA, karena didesain khusus, akan mengering dengan warna kekuningan
    1. Jauh lebih murah dari banyak produk lem kebanyakan.
    1. Mudah diaplikasikan dan tak memerlukan tambahan bahan lain.
    1. Memiliki ketahanan yang cukup baik.
  1. Mudah didapat.

Kelebihan Khusus Lem PVA Crossbond™

kelebihan lem pva crossbond™
Kelebihan lem pva crossbond™ antara lain bisa dilihat dari daya rekatnya.

Meskipun hampir semua lem PVA memiliki kelebihan yang disebut di atas, kita tak bisa lantas menyamakan semua produk adhesive dari bahan tersebut. Tiap lem PVA diformulasikan dengan formulasi tersendiri meski bahan dasarnya masih sama. Misalnya, lem dengan hanya bahan PVA yang masih standar akan memiliki kekurangan atas sifatnya yang tak tahan lembab. Tetapi beberapa merek lem tersebut telah diberi campuran khusus sehingga membuatnya sangat tahan pada kelembaban. Contohnya adalah Crossbond™.

Kelebihan lem PVA Crossbond™ lebih dari sekedar poin yang disebut di atas. Lem ini memiliki daya rekat yang kuat, sangat aman digunakan, tahan lama, dan cepat kering. Crossbond™ sebagai lem putih untuk keperluan perekatan kayu akan membuat produk dari bahan tersebut lebih berkualitas dengan perekatan yang baik.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here