Lem Putih HPL Lebih Aman Dibanding Lem Solvent Based!

0
1790
laminateswatches

Di pasaran saat ini, tersedia lem putih dan solvent based untuk merekatkan HPL. Manakah yang lebih baik antara lem putih HPL dengan lem solvent based?

laminateswatchesEthylene vinyl acetate telah kami sebut pada beberapa artikel sebelumnya sebagai formulasi terbaik untuk merekatkan high pressure laminate atau HPL. Pasalnya, formulasi seperti ini, seperti yang ditunjukkan pada Eva Phaethon, memang sangat cocok untuk pengeleman HPL dengan kayu olahan. EVA juga memiliki daya rekat yang kuat dan ketahanan stabil. Meski demikian, adhesive di pasaran yang bisa digunakan untuk mengelem HPL bukan hanya Eva Phaethon yang dikenal sebagai lem putih. Tersedia juga berbagai lem solvent based yang konon unggul dalam hal antijamurnya.

Lem Solvent Based untuk HPL?

Solvent based adhesive adalah lem berbasis formula yang menggunakan pelarut solvent atau “minyak”. Tipe lem seperti ini banyak tersedia di pasaran, termasuk salah satunya untuk merekatkan HPL. Meski demikian, tipe lem seperti ini sama sekali tidak kami sarankan.

CS Lem Kayu

Pertama, karena secara umum, kualitas adhesive ini masih di bawah lem Eva Phaethon. Solvent based glue yang diklaim tahan jamur juga tidak memonopoli kelebihan tersebut. Eva Phaethon pun memiliki feature antijamur yang bagus meski merupakan lem berbasis air.

toxic-solventAspek Keamanan Lem Putih HPL Jadikan yang Terbaik
Selain masalah performa, aspek keamanan juga menjadi keunggulan yang tak bisa dikalahkan lem solvent based. Lem solvent based secara umum memiliki jumlah kandungan VOCs atau volatile organic compounds yang lebih tinggi. Padahal, VOC bisa menyebabkan:

• Gangguan kesehatan ringan
• Gangguan kesehatan serius berupa kegagalan organ dalam
• Resiko kanker dan tumor

Contoh senyawa VOCs antara lain formalin, benzena, xylena, hingga toulena. Kandungan berbagai bahan tersebut secara berlebih bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Nah, penggunaan lem putih HPL bisa menghindarkan kita dari berbagai persoalan di atas. Apalagi lem HPL standar yang sudah memenuhi regulasi dari lembaga kredibel seperti Eva Phaethon. Dengan demikian, produk HPL yang dilem dengannya pun akan menjadi lebih terjamin keamanannya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here