Cara Membuat Tempat Tidur dari Kayu Bekas? Ternyata Bisa Kok

0
7082
tempat tidur kayu bekas

Bagaimana cara membuat tempat tidur dari kayu bekas? Ternyata caranya cukup mudah dan gampang ditiru.

tempat tidur kayu bekas

CS Lem Kayu

Kayu-kayu bekas rupanya masih bisa banyak digunakan. Salah satunya untuk dijadikan rangka tempat tidur baru. Meski demikian, sebelum mengolah kayu bekas untuk keperluan ini, ada baiknya Anda:

1. Membersihkan dulu kayu bekas dengan ekstra telaten. Apalagi ketika kayu tersebut bekas digunakan untuk kebutuhan yang cenderung kotor.
2. Aplikasi pengawet kayu atau antihama seperti BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide.
3. Keringkan kayu. Gunakan MC meter sebelum mengolah kayu lebih jauh dan pastikan levelnya sesuai standar yang direkomendasikan.
4. Untuk membuat bagian atasnya, siapkan 5 potongan kayu dengan ukuran sesuai selera Anda.
5. Buat rangka produk seperti gambar di bawah ini. Untuk menyambungkan rangka tersebut, Anda bisa menggunakan sambungan dowel yang direkatkan dengan Crossbond X3 maupun dengan menggunakan paku. Kami merekomendasikan kombinasi keduanya supaya tempat tidur kayu bekas yang dihasilkan benar-benar kuat.
6. Untuk memasang bagian atas tempat tidur, sambungkan dengan dowel potongan kayu memanjang di atas bagian kepala tempat tidur. Selanjutnya, kita bisa menempelkan papan-papan bagian atas tempat tidur.
7. Sebagai alasnya, siapkan 3 potongan kayu memanjang dan 10 potongan kayu melebar. Selanjutnya, dua kayu potongan memanjang dipasang sesuai ukuran panjang tempat tidur dengan dua di antaranya diposisikan menempel di bagian sisi tempat tidur. Barulah setelah itu, potongan kayu melebar diposisikan di atasnya.
8. Selesai!

rangka tempat tidur

Untuk finishingnya, ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan. Misal:

1. Finishing kayu daur ulang sebagaimana contoh. Meski demikian, justru di sini terlihat keindahan cantik tempat tidur tersebut.
2. Finishing warna pastel menggunakan cat orchid.
Kami sarankan, untuk aplikasi finishingnya, gunakanlah cat BioColours. Sebab brand finishing tersebut menyediakan produk berbasis air atau water based. Sehingga tempat tidur yang baru dihasilkan akan jauh lebih aman dan tidak menyebabkan bau menyengat.

Demikian cara membuat tempat tidur dari kayu bekas. Ternyata tak sulit bukan melakukannya?

Sumber gambar: mrkate.com

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here