Langkah-langkah Membuat Kerajinan dari Kayu Kotak Tissue

0
9257
langkah-langkah membuat kerajinan dari kayu kotak tissue

Penasaran bagaimana langkah-langkah membuat kerajinan dari kayu berbentuk kotak tissue? Ayo, simak cara, panduan, dan tipsnya di bawah ini.

Pertama-tama, siapkanlah alat dan bahan sebagai berikut:

1. Kayu tripleks atau kayu solid (paca contoh ini yang digunakan adalah kayu tripleks).

CS Lem Kayu

2. Pemotong (tergantung kayu yang Anda gunakan, kalau kayu solid keras tentu Anda membutuhkan gergaji yang besar).

3. Lem kayu Crossbond X3

4. Alat tulis5. Pola lingkaran atau setengah lingkaran (Anda bisa memanfaatkan penggaris bujur).

6. Clamp (sangat disarankan bila Anda punya)

7. Amplas

8. Kuas

9. Lap dan air untuk menghilangkan bekas lem

10. Cat atau clear varnish (ini opsional)

Langkah-langkah Membuat Kerajinan dari Kayu

1. Tentukan ukuran box yang Anda inginkan. Dari sini, nantinya Anda bisa menentukan potongan kayu untuk semua sisinya. Sebagai gambaran ukuran yang digunakan pada box di atas adalah: 2 sisi dengan ukuran 4 13/16 x 4 5/16, 2 sisi 9 1/8″ x 4 5/16″ inchi, dan 2 sisi atas bawah 9 1/8″ x 5 1/16″ inchi.

2. Untuk membuat lubang kotak tisu, ambil sisi atas dan sisi depan. Masing-masing, potong setengah lingkaran. Caranya? Anda bisa menggunakan penggaris bujur atau bahkan mangkok di rumah.

membuat lubang kotak tissue

3. Amplas bagian yang dipotong supaya halus dan rata.

4. Keringkan semua sisi kayu. Pastikan juga semuanya bersih. Kita akan segera mulai tahap pengeleman menggunakan Crossbond X3.

5. Oleskan lem pada sisi-sisi kayu. Kemudian rekatkan satu per satu sisinya. Gunakan clamp press. Setelah itu, baru berlanjut ke sisi lainnya.

6. Setelah semua bagian kotak tertempel, Anda bisa melakukan langkah lanjutan supaya kotak tersebut terlihat lebih menarik. Anda bisa mengecatnya, melukis kotak tersebut, ataupun melakukan teknik kerajinan decoupage. Silahkan pilih cara yang menurut Anda paling menarik.

7. Selesai!

Kotak Anda sekarang sudah siap. Anda bisa menggunakannya sendiri, menghadiahkan pada teman, atau malah menjualnya. Yang jelas, langkah-langkah membuat kerajinan dari kayu untuk kotak tissue di atas sangat mudah dilakukan dan pasti Anda bisa menirunya dengan baik.Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here