Cara Membuat Kotak Tisu dari Kayu

0
45
kotak tisu dari kayu

Cara membuat kotak tisu dari kayu ternyata cukup ringkas dan mudah dilakukan. Apalagi jika menggunakan bahan lem Crossbond X3.

Terdapat banyak sekali benda-benda yang sering kita sepelekan, namun memiliki manfaat besar. Tisu, misalnya. Kertas berukuran tipis yang mudah rapuh itu memiliki sangat banyak manfaat. Namun sebagian besar di antara kita mengabaikan fungsinya tersebut.

Hal yang sama juga berlaku pada wadah tisu. Ya, didesain sebagai wadah benda yang dianggap tak berguna, wadah tisu  dianggap kurang penting. Padahal, ketiadaan wadah tisu bisa menjadi bencana besar. Coba saja bayangkan betapa merepotkannya penataan di restaurant sekiranya tak ada kotak tisu.

Padahal di balik peran pentingnya yang sering diabaikan, kotak tisu sebenarnya tak sulit dibuat. Tak sedikit wirausahawan yang berhasil mendapatkan untung besar dengan membuat produk tersebut.

CS Lem Kayu

Tertarik juga untuk turut membuatnya? Yuk simak langkah-langkah tutorial pembuatannya di bawah ini. Kami juga memiliki beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan.

Cara Membuat Kotak Tisu dari Kayu

Sebelum pembuatan wadah tisu dimulai, siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Anda perlu menyediakan,

1. Potongan kayu (sebaiknya pilih yang tak begitu keras, tak mudah retak)
2. Gergaji dan pemotong kayu lainnya
3. Kertas ampelas
4. Kuas kecil untuk aplikasi lem
5. Kuas atau spray gun untuk aplikasi cat
6. Lem Crossbond X3
7. Cat (bebas menggunakan cat natural transparent ataupun cat warna pastel)
8. Alat tulis dan penggaris

Kumpulkan semua alat dan bahan tersebut di ruang yang cukup leluasa sehingga kerja Anda berjalan lebih cepat. Selain itu, usahakan benar-benar menggunakan bahan yang kami rekomendasikan (terutama lemnya). Sebab, pada proyek ini tidak digunakan paku atau skrup. Jadi, pastikan menggunakan lem kayu yang benar-benar kuat seperti lem Crossbond X3.

Langkah-langkah Cara Membuat Kotak Tisu dari Kayu

1. Potong Komponen Kayu

Yang pertama harus dilakukan adalah memotong komponen kayu sesuai desain yang ingin diwujudkan.

Potong tiap komponen kayu dengan teliti. Setelah itu, amplas bagian pinggirnya yang kasar. Bila kayu masih kotor dan basah, usahakan untuk membersihkan dan mengeringkannya dulu. Pada tahap selanjutnya, kayu sudah harus berada dalam kondisi yang bersih dan juga kering.

2. Rekatkan dan Tahan

Setelah semua potongan kayu tersedia dalam kondisi yang baik (halus dan ukurannya tepat), kini saatnya menyatukan “puzzle” kotak tisu tersebut. Penyatuan kayu untuk kotak tisu dilakukan dengan menggunakan lem yang kuat, yaitu Crossbond X3.
Kenapa tidak menggunakan paku? Atau skrup khusus?

Kotak tisue ini berukuran kecil sehingga penyambungan dengan paku bisa merusak kayu, terutama saat proses palu atau pengeborannya. Selain itu, ujung paku akan sulit ditutupi yang membuat kotak tisu berkurang keindahannya.

3. Finishing

Langkah terakhir adalah proses finishing atau pengecatan. Untuk pengecatan dalam jumlah sedikit, Anda cukup menggunakan kuas. Namun untuk pengecatan kotak tisu dalam jumlah banyak, kami sarankan menggunakan spray gun.

Sebab,

1. Teknik penyemprotan bisa menjangkau ujung-ujung yang tersembunyi pada produk yang berukuran kecil
2. Teknik penyemprotan lebih cepat dilakukan, meski kemungkinan lebih boros dibanding teknik penguasan

Agar tidak berbau menyengat, disarankan untuk tidak menggunakan cat dengan pengencer thinner atau spiritus. Carilah cat kayu water based atau cat kayu yang pengencernya air. Cat water based sama sekali tidak menimbukan bau menyengat. Selain itu, Anda tidak perlu membeli tambahan pengencer karena cat cukup dicampur dengan air bersih saja.

Tips Supaya Lebih Menarik

Di atas telah diterangkan cara membuat kotak tisu dari kayu. Supaya hasilnya semakin menarik, simak juga beberapa tips di bawah ini.

1. Gunakan cat yang bagus namun aman. Mengapa cat harus aman? Sebab cat yang digunakan akan melapisi permukaan wadah tisu biasanya kontak langsung dengan tisu. Sekiranya terdapat kandungan toksik pada cat, konsumen bisa mengonsumsinya tanpa sengaja melalui cat yang mengelupas dan cara kontak lainnya.
2. Lakukan pengemasan dengan baik. Pengemasan yang ideal adalah yang bisa melindungi produk dari hama dan kelembaban. Sebaiknya menggunakan silica gel dalam wadah pengemasan. Silica gel adalah butiran yang bisa menyerap kelembaban udara. Silica juga bisa membantu mencegah serangan hama, khususnya jamur.
3. Ekspreimen dengan desain yang menarik. Buatlah produk Anda terlihat menonjol dari yang lain, terutama untuk tampilannya. Sebab, hal pertama yang dilihat calon pembeli pada suatu produk jelas adalah tampilan visual produk tersebut.

Gunakan Lem Crossbond

Untuk membuat kotak tisu dari kayu yang mutunya baik pada akhirnya memang diperlukan bahan-bahan yang kualitasnya juga bagus. Dan karena itulah di atas kami sarankan penggunaan adhesive Crossbond.

Lem Crossbond merupakan lem untuk perekatan bahan kayu dan bambu. Adhesive ini diformulasikan dengan PVAc water based yang bukan hanya kuat, praktis, dan mudah, namun juga sangat aman digunakan. Lem ini juga bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau dan ketahanan yang tinggi.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera beli dan dapatkan Crossbond untuk membuat kotak tisu dari kayu yang berkualitas. Anda bisa memesan via online dengan menghubungi CS kami atau langsung saja bertandang ke Bio Service Point.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here