Dengan MDF, Ini Cara Membuat Meja Ruang Tamu Minimalis

0
2080
meja tamu minimalis putih hitam

Dengan MDF, veneer, dan Crossbond X4 Anda bisa menghasilkan meja ruang tamu minimalis yang sangat cantik. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk, simak segera tips dan tutorial pembuatannya di bawah ini.

Mengapa Minimalis di Ruang Tamu Kita?

Coba ingat-ingat bagaimana kondisi tiap rumah yang pernah Anda kunjungi. Dari berbagai pengalaman tersebut, tentukan mana ruangan paling bagus di antara ruangan yang lainnya. Kebanyakan dari kita pasti menjawab ruang tamu. Hal ini tidak mengherankan. Kita sendiri pun wajar bila ingin menghadirkan ruang tamu dalam kondisi terbaiknya melebih kondisi ruangan yang lain. Pasalnya, ruang tamu adalah ruangan di mana rumah dan diri kita direpresentasikan. Ruangan ini akan menjadi ruangan yang sangat menentukan persepsi orang lain terhadap salah satu bagian dari diri kita, yakni bagaimana kerapihan dan selera estetik kita.

Berbagai upaya telah dilakukan orang untuk menghias ruang tamu yang mereka miliki. Salah satu yang paling mudah dan banyak diterapkan adalah dengan menggunakan meja dan sofa ruang tamu yang bagus. Contohnya saja dengan menggunakan meja ruang tamu minimalis yang memang memiliki keindahan yang lain daripada yang lain. Style minimalisme memiliki karakter yang kuat dari segi warna ataupun bentuknya. Style ini juga cocok bagi Anda yang ingin memberikan kesan efektif, efisien, modern, dan bersahaja.

CS Lem Kayu

Yang jadi masalah, meja tamu dengan gaya minimalis, tidak begitu mudah dicari. Apalagi bagi Anda yang tidak tinggal di kota besar. Kebanyakan toko mebel langganan menjual meja dengan gaya kontemporer dan tradisional. Jarang yang menerapkan desain selain kedua desain tersebut.

Untuk Pengusaha Mebel, Membuat Meja Ruang Tamu Minimalis Sangatlah Prospektif

Bagi calon pembeli, sedikitnya meja tamu yang hadir dengan gaya minimalis jelas merupakan sebuah masalah tersendiri. Tapi bagi pelaku usaha, sebetulnya kondisi ini adalah kondisi yang memungkinkan Anda untung besar. Ada peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh banyak keuntungan. Caranya? Tentu saja dengan menghadirkan meja ruang tamu yang didesain dengan gaya minimalis.

Beberapa ciri meja tamu dengan gaya minimalis yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Warna produk yang cenderung monokromatik. Atau warna natural yang kalem.
  2. Bentuk produk yang sederhana.
  3. Produk meja tidak memiliki elemen yang tidak fungsional. Keseluruhan elemen memiliki fungsi tersendiri.
  4. Tidak perlu dihias dengan dekorasi mendetil seperti ukiran
  5. Menerapkan prinsip effortless beauty dan the less is more. Intinya adalah bagaimana cara menghadirkan meja ruang tamu yang menarik tanpa menggunakan bahan tambahan, tapi justru mengurangi bahan yang ada.

Membuat meja ruang tamu minimalis sesuai kelima ciri ini memang tricky. Dibutuhkan kecermatan dan keahlian khusus untuk bisa merealisasikannya.

Tak Sesulit yang Kita Kira

Namun demikian, sebetulnya proses pembuatan meja tamu dengan gaya minimalis, tidaklah sesulit yang kita kira. Toh sejatinya, meja ini didesain dengan nilai efisiensi dan kesederhanaan. Anda tak perlu memilki keterampilan khusus seperti keterampilan mengukir untuk membuat meja dengan gaya minimalis.

Yang jadi tantangan justru adalah harganya. Mampukah Anda menghadirkan meja ruang tamu minimalis yang harganya terjangkau? Kebanyakan mebel dengan gaya minimalis dibanderol dengan harga relatif tinggi. Bila Anda mampu menghadirkan meja dengan harga yang lebih terjangkau, tentu konsumen akan lebih melirik produk Anda.

Untungnya, ada kiat khusus yang bisa dilakukan untuk membuat meja ruang tamu dengan desain minimalis yang harganya murah. Caranya adalah dengan menggunakan kayu olahan atau engineered wood. Kayu olahan merupakan kayu khusus yang dibuat dari kayu solid. Kayu seperti ini kadang dibuat dari lembah kayu solid sehingga harganya menjadi semakin murah. Pembuatan meja minimalis dengan kayu solid pun, dengan demikian bisa menghemat ongkos produksi dengan angka yang signifikan.

Membuat Meja Ruang Tamu Minimalis dengan Harga Terjangkau

Alat dan Bahan

  1. Kayu olahan, misalnya MDF
  2. Veneer dengan warna yang sesuai dengan warna-warna desain minimalis
  3. Gergaji
  4. Alat tulis
  5. Penggaris
  6. Lem Crossbond X4 untuk merekatkan veneer pada MDF
  7. Penyambung berupa potongan kayu
    Kuas untuk aplikasi lem
  8. Amplas

lem untuk dinding kayu

Setelah semua perlengkapan di atas siap, Anda bisa segera memulai langkah-langkah di bawah ini. Terdapat dua contoh cara yang bisa Anda tiru. Masing-masing bisa menghasilkan produk yang berbeda dengan keunikannya masing-masing. Mana cara yang sebaiknya Anda pilih? Jawabannya tergantung atau sesuai dengan selera Anda. Yang jelas, perhatikan dulu tutorialnya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Meja Ruang Tamu Minimalis dengan Crossbond

Proses pembuatan meja ruang tamu dengan gaya minimalis ini pada dasarnya tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit. Yang diperlukan adalah ketelatenan dan kecermatan Anda saat melakukannya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan step by step pembuatan meja tamu minimalis dengan MDF di bawah ini.

Contoh Cara I

Pada model meja tamu yang akan dibuat ini, digunakan beberapa lembar MDF atau kayu olahan sampai ketebalannya 7-10 cm dengan luas 50 cm x 50 cm. Kotak-kotak MDF itu ditumpuk dan direkatkan menggunakan Crossbond X4. Berikutnya, diratakan permukaannya agar lebih halus. Langkah ini dilakukan sekali lagi, sampai kita memiliki dua kotakan yang sama.

Dua kotak MDF yang sudah dilapisi veneer ini, bisa kita jadikan satu meja. Caranya, buatlah lubang di salah satu permukaan tiap kotak. Masing-masing lubang dilokasikan di dekat sudut kotak dengan posisi yang sama. Lubang ini nantinya akan diisi dengan ujung kayu silinder yang akan menyatukan dua kotak.

Setelah lubang selesai dibuat, lapisi dulu kotak MDF tersebut dengan veneer. Veneer diterapkan secara menyeluruh di bagian atas, samping atau bawah. Jangan lupa untuk melubangi veneer di area yang berlubang. Berikutnya, dengan Crossbond X3 rekatkan kayu penyambung di tiap lubang. Pasang ujung kayu penyambung di kotak yang satu, dan ujung lainnya di kotak yang lain. Atau, Anda juga bisa membuat penyambung secara melintang di tengah meja. Tunggu sampai kering, dan voila, Anda pun memiliki meja ruang tamu yang sangat unik.

Contoh Cara II

Cara kedua membuat meja ruang tamu minimalis ini tak begitu berbeda dengan cara pertama. Hanya saja, buatlah meja dengan ukuran lebih tebal dan berjumlah 3. Selanjutnya, 3 kotak tersebut direkatkan secara tidak simetris tanpa menggunanyak penyambung. Posisinya seperti buku yang diletakkan di atas buku lainnya tapi tidak diposisikan dengan tepat. Veneer diaplikasikan terlebih dahulu sebelum kedua kotak meja tersebut direkatkan. Cara ini juga akan membantu Anda menghasilkan meja tamu yang bagus.

meja ruang tamu minimalis

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara membuat meja ruang tamu minimalis di atas? Selain mudah, hasilnya juga sangat bagus. Jadi tunggu apalagi? Segeralah membuat produk serupa sendiri. Jangan lupa, gunakan Crossbond X4 agar veneer bisa terekatkan dengan kuat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here