Wajib Baca! Ini Pentingnya Mengukur Kayu dan Memotongnya dengan Tepat

0
164
tips mengukur kayu

Mari pelajari dan simak beberapa tips mengukur kayu di bawah ini. Apabila Anda bekerja dalam industri woodworking, keterampilan pengukuran merupakan keterampilan yang sangat penting, lho.

Banyak hal yang mesti dipelajari seorang pengrajin kayu, baik itu yang profesional ataupun yang memiliki hobi di bidang terkait. Salah satunya adalah keterampilan untuk mengukur.

Ya, dalam industri woodworking, ketepatan atau tingkat presisi pengukuran adalah hal yang sangat krusial. Apalagi bila Anda adalah pengrajin profesional.

Bagi seorang profesional, kerja yang efektif dan efisien adalah kunci untuk kesuksesan. Dan seperti yang kita tahu, apabila pengukuran tidak dilakukan dengan presisi, maka yang akan terjadi adalah pemborosan tenaga, uang, dan juga waktu.

CS Lem Kayu

Katakanlah Anda hendak membuat kursi. Tapi Anda memotong kaki kursi dengan ukuran yang sedikit kebesaran. Anda kemudian mengoreksinya dengan mengira-ira.

Ketika Anda hendak memasang kaki kursi lagi, sekarang ukurannya malah kekecilan. Alhasil, kaki kursi tersebut tak bisa digunakan lagi.

Bagi penghobi kayu pun, sejatinya tingkat presisi dalam pengukuran adalah hal yang juga perludiperhatikan. Sebab, Anda pun akan menikmati lebih banyak waktu, tenaga, dan uang yang tidak tersedot gara-gara kesalahan dalam mengukur dan memotong kayu.

Pertanyaannya, bagaimana sebenarnya cara agar kita bisa melakukan dan menerapkan pengukuran serta pemotongan yang presisi? Sekiranya Anda masih bingung, silahkan  simak beberapa tips dari kami di bawah ini.

5 Tips Mengukur Kayu dan Memotongnya dengan Tepat

1. Pahami Pentingnya Presisi

Mindset adalah cara berpikir dan sudut pandang seseorang. Sebelum memulai sesuatu atau melakukan perubahan, hal pertama yang harus diubah ialah mindset kita.

Jadi, bila sebelumnya Anda adalah seorang pengrajin kayu yang memiliki prinsip “mengira-ira”, mulailah untuk meninggalkan hal tersebut. Ubah sudut pandang Anda untuk mengedepankan efisiensi dan efektivitas dalam bekerja.

Bandingkan cara kerja Anda selama ini yang memusingkan dan ribet dengan mereka yang bisa lebih rapi dan cepat. Bila perlu, paksa diri Anda untuk berubah selama setidaknya seminggu. Nikmatilah hasil kerja yang lebih praktis tersebut dibanding periode sebelumnya di mana Anda cenderung sembrono.

2. Tetapkan Standar

tips mengukur kayu

Tetapkan standar untuk ukuran Anda. Misalnya Anda menetapkan toleransi keakuratan hingga batas 0,001 inchi. Maka bila Anda memotong sepotong kayu dengan ukuran lebih 0,003 inchi, koreksi harus segera dilakukan.

Begitu juga dengan pengukuran derajat kayu dan aspek-aspek yang lain. Jangan malas dan melanggar batas toleransi yang Anda tetapkan. Sebab yang rugi nantinya ialah Anda sendiri.

Bisa jadi, ketika dicocokkan, kayu tampak masuk saja dalam sambungan produk. Namun ketika dilem, ukurannya menjadi agak kebesaran.

3. Gunakan Alat yang Berkualitas

Tips mengukur kayu yang juga penting diperhatikan ialah terkait dengan kualitas alat. Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa alat pengukuran yang dibanderol dengan harga murah, memiliki kualitas yang lebih buruk.

Oleh sebab itu, jangan mudah terlena dengan alat-alat yang terjangkau. Utamakan kualitas alat tersebut. Syukur-syukur Anda bisa mendapatkan alat yang murah namun bagus. Tapi bila tidak ada opsi seperti itu, belilah alat yang bagus meski harganya lebih mahal.

Percayalah bahwa Anda akan diuntungkan dengan konsep belanja seperti ini. Sebab bila Anda memaksakan diri membeli alat yang murah padahal jelek, proses kerja Anda akan lebih melelahkan. Hasilnya pun tak akan sebaik bila Anda menggunakan alat yang bagus.

4.  Buat Model Bila Perlu

Apakah Anda perlu membuat beberapa potong kayu dengan ukuran yang identik? Bila iya, jangan cuma melakukan pengukuran sekali saja untuk tiap potongan kayu tersebut.

Idealnya, setelah masing-masing potongan kayu dibuat, Anda mencocokkannya satu sama lain. Perhatikan mana potongan yang perlu dikoreksi dan yang tidak. Bila perlu, buat suatu pola agar hasil pemotongan lebih seragam.

5. Tertib dan Teratur

Jadilah pekerja profesional yang tertib dan teratur dalam bekerja. Perhatikan detil-detil pada setiap apa yang Anda lakukan. Prinsip ini akan membantu Anda menghasilkan kayu dengan potongan yang tepat.

Selain itu, bekerjalah dengan kepala dingin. Jangan terburu-buru mengejar deadline. Setiap pekerjaan semestinya dicicil agar tidak menumpuk di tanggal-tanggal tertentu.

Tips Mengukur Kayu Saja Tak Cukup, Gunakan Lem yang Bagus!

Menetapkan pengukuran dan pemotongan yang tepat memang hal yang penting untuk menghasilkan produk berkualitas dengan proses yang efisien.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Paricle Board

Namun selain memastikan tingkat presisi yang baik, adhesive yang digunakan pun harus bagus kualitasnya. Dan di lemkayu.net, kami memiliki 4 jenis lem yang bisa Anda gunakan, yaitu:

NoProduk LemPenggunaanKeterangan
1Lem Crossbond X3Untuk merekatkan sambungan kayu pada rangka bangunan dan furniture indoorLem terbuat dari PVAc yang daya rekatnya baik, aman, dan tidak glue line. Lem tidak direkomendasikan untuk outdoor.
2Lem Crossbond X4Untuk merekatkan kayu pada permukaan lebar misalnya untuk mengelem veneer dan memasang lantai.Lem PVAc yang kuat, aman, dan tidak glue line. Lem bisa digunakan untuk outdoor dan indoor.
3Lem Eva PhaethonUntuk mengelem kayu pada bahan dengan porositas rendah seperti HPLLem berbasis ethylene vinyl acetate yang berdaya rekat kuat, aman, dan tidak glue line.
4Lem Ultra PhaethonUntuk mengelem produk kerajinan seperti pembuatan vas kayu, hiasan dinding kayu, dan wadah hape dari kayu.Lem PVAc untuk kerajinan yang kualitasnya memang cocok untuk industri craft.

Setiap adhesive yang disebutkan di atas memiliki fungsi dan formulanya sendiri-sendiri. Semuanya bisa digunakan untuk mengelem kayu, baik itu kayu rangka bangunan, mebel, lantai kayu, hingga kerajinan.

Silahkan pilih adhesive yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab, sekali lagi, agar produk woodworking berkualitas, adhesive-nya pun harus bagus.

Ingin membeli lem kami? Kami di lemkayu.net membuka beberapa opsi pembelian untuk Anda, antara lain:

  1. Beli online: silahkan hubungi Customer Service kami dan Anda akan dipandu mengikuti langkah-langkah pembelian secara online.
  2. Beli secara langsung: Anda bisa membeli secara langsung dengan berkunjung ke Bio Service Point dan juga agen kami.

Penutup tentang Tips Mengukur Kayu dalam Industri Woodworking

  1. Dalam dunia woodworking, keterampilan mengukur dan memotong dengan presisi adalah hal yang teramat penting.
  2. Seorang pekerja yang bisa mengukur dan memotong dengan tepat akan menghemat waktu, tenaga, dan juga uangnya. Produk yang dibuat pun secara umum lebih indah dan juga kuat.
  3. Untuk bisa melakukan pengukuran serta pemotongan yang presisi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya saja mengubah mindset dan menetapkan standar toleransi.
  4. Selain itu, gunakan juga alat ukur yang berkualitas, model untuk potongan yang banyak, serta sistem kerja yang tertib dan teratur.
  5. Agar kualitas produk kayu makin bagus, aplikasikan juga adhesive berkualitas yang tersedia di lemkayu.net.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here