Begini Cara Memasang Lantai Kayu Ulin dengan Crossbond

0
2977
jati belanda

Ternyata mudah! Dengan Crossbond X4, Anda bisa memasang lantai kayu ulin tanpa kesulitan yang berarti. Penasaran kan bagaimana tutorialnya? Berbekal paku, bahan kayu ulin, serta Crossbond X4, Anda sudah bisa mewujudkan lantai kayu indah yang awet dan tak mudah rusak!

Mengapa Memilih Lantai Kayu Ulin?

Kayu ulin merupakan salah satu lantai yang banyak dipilih di masyrakat kita untuk pemasangan lantai kayu. Kayu ini banyak diandalkan untuk parquet, decking, hingga pool dek atau lantai kayu kolam renang. Ulin dianggap sebagai material yang cocok karena kayu ini memang memiliki keunggulan luar biasa pada aspek ketahanannya. Bila dilihat dari kelasnya, kayu ini termasuk kayu kelas awet dan kelas ketahanan nomor 1. Bahannya pun sangat keras dan kokoh sehingga membuatnya tak mudah dimakan rayap, wood boring insect, hingga jamur. Seperti jati, ulin atau yang juga biasa disebut sebagai kayu bulian ini pun memiliki zat tersendiri yang membuatnya tak disukai berbagai hama.

Baca Juga : begini caranya menempel kayu di dinding

Bagaimana dengan keindahannya? Bila dilihat dari aspek estetikanya, kayu ini memiliki pola yang sangat cantik. Ironwood Borneo ini pun banyak dipakai sebagai bahan untuk membuat perhiasan. Apalagi ketika ulin-ulin tersebut sudah menjadi fosil. Sedangkan dari teksturnya, kayu ini dinilai merupakan kayu dengan tekstur yang tidak halus. Akan tetapi, justru hal tersebut membuatnya cocok sebagai bahan untuk pembuatan lantai kayu. Lagipula, bilapun kita ingin kayu ini lebih halus, aplikasi coating dapat dilakukan dengan mudah.

Nah, karena berbagai alasan itulah ulin begitu disukai sebagai bahan lantai, meski harganya relatif mahal. Berbagai usaha komersil seperti restauran, kafe, hotel, hingga resort, sering memanfaatkan kayu ini untuk lantai pada bangunan mereka. Masyarakat awam pun sudah banyak yang menggunakan kayu ini. Tapi bagaimana cara pemasangannya?

Bagaimana Cara Memasang Lantai Kayu Ulin?

Untuk memasang lantai kayu besi ini, mula-mula sediakanlah alat dan bahan sebagai berikut.

Alat dan Bahan

1. Kayu ulin berupa potongan yang siap diaplikasikan
2. Lem Crossbond X4 sebagai lem untuk memasang kayu bulian
3. Paku dan pukul
4. Alat untuk aplikasi lem (alat untuk lepo)
5. Bahan finishing atau clear coat terutama untuk lantai site finish. Untuk lantai pre finish (lanta yang sudah difinish dari pabriknya, sehingga tinggal dilem saja, maka tak perlu bahan nomor 5 ini).

Langkah-langkah Memasang Lantai Kayu Ulin dengan Mudah

Proses pemasangan ini dilakukan untuk area lantai yang berbahan konsentrat sebagai sub floor atau lantai dasarnya. Berikut ini panduannya langkah demi langkah:

1. Pertama, beli dulu kayu ulin dalam bentuk potongan lantai yang sudah siap pakai. Anda sebenarnya bisa saja membuat potongan kayu besi ini sendiri. Tapi Anda harus mampu memotongnya dengan baik sesuai ukuran ruangan yang akan dipasangi.
2. Siapkan lantai konsentrat. Pastikan kondisinya bersih dan kering. Jangan lupa, keluarkan juga semua perabot dan benda yang ada.
3. Buka ventilasi supaya aliran udara lancar mengalir. Pasalnya, Anda harus berjibaku dengan dua bahan kimia: lem dan bahan finishing.
4. Mulailah dengan aplikasi potongan kayu ulin di salah satu sudut ruangan. Aplikasikan lem terlebih dahulu, lalu kuatkan dengan pemakuan. Lakukan dengan sabar sebab ulin adalah kayu yang sangat keras.
5. Setelah bagian sudut dan sisi paling pojok dilem serta dipaku, Anda bisa mulai memasang potongan kayu besi Kalimantan ini di sisi yang lebih dalam. Caranya, oleskan dulu lem lalu ratakan dengan baik (lihat gambar ilustrasi). Aplikasikan Crossbond untuk 2 hingga beberapa potongan kayu, lalu aplikasikan kayu tersebut. Barulah kemudian, aplikasikan lem lagi di area yang lainnya.
6. Lakukan terus langkah kelima memasang lantai kayu ulin di atas sampai semua ruangan telah terpasangi.
7. Bila terdapat lubang atau area yang belum tertutup, buat potongan kecil ulin, lalu rekatkan dengan Crossbond X4.
8. Biarkan lem mengering.
9. Selesai!

Tips untuk Memasang Lantai Kayu Ulin

lantai ulin

Ada beberapa tips yang akan bermanfaat bagi Anda supaya pemasangan lantai bulian semakin optimal. Berikut ini beberapa tips tersebut.

1. Selalu pastikan bahwa kondisi kayu ataupun lantai dasar (sub floor) yang akan dilem sudah dalam kondisi bersih dan kering. Adanya tetesan air, minyak, atau debu bisa membuat ikatan atau bonding lem tak maksimal sehingga perekatan menjadi gagal atau kurang baik.
2. Kayu ulin adalah kayu yang sangat keras. Kayu ini telah lama dikenal sebagai kayu yang sulit digergaji. Dan karena itulah kayu ini kerap dinamai sebagai kayu besi atau Ironwood dari Borneo (Kalimantan). Jadi Anda harus menggunakan alat pemakuan yang benar-benar bagus tatkala memasang lantai kayu ulin ini, dan tenaga ekstra.
3. Pastikan untuk memilih bahan finishing berupa coating yang anti gores. Misalnya bahan finishing dengan bahan dasar Polyurethane. Memilih coating yang tak anti gores akan membuat lantai dengan cepat tampak jelek.
4. Saat mengaplikasikan lem, aplikasikanlah secara merata dalam jumlah yang cukup.
5. Perhatikan di mana lantai akan diaplikasikan. Untuk aplikasi indoor, gunakan coating indoor atau outdoor. Sedangkan untuk aplikasi outdoor, Anda wajib menggunakan coating outdoor.

Jangan Lupa Gunakan Crossbond X4 ya!

Pada tutorial cara memasang lantai kayu di atas, kami telah menyarankan pemakaian Crossbond X4. Apa alasannya?

Pertama, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa memilih lem yang tepat di pasaran untuk memasang lantai kayu tidaklah mudah. Meski banyak terdapat jenis lem kayu, namun tak semuanya merupakan lem untuk memasang lantai. Lem untuk memasang lantai haruslah dari jenis lem laminasi. Adhesive-adhesive seperti ini biasanya memang didesain untuk perekatan bidang horizontal. Selain untuk memasang lantai, lem laminasi juga bisa dipakai untuk aplikasi veneer, aplikasi dinding kayu, dan berbagai kebutuhan perekatan pada bidang horizontal lainnya, termasuk pembuatan kayu lapis.

Namun lem laminasi saja tidak cukup menjadi kriteria yang tepat untuk memasang lantai kayu ulin. Selain ketepatan jenis adhesive, kita juga perlu memperhatikan keawetan lem dan daya rekatnya. Hal ini begitu penting sebab lem diaplikasikan sebagai komponen yang mendapat tekanan dari berbagai faktor. Lantai adalah area di mana tekanan fisik selalu terjadi, tumpahan tak bisa dihindari, hingga munculnya kelembaban dari tanah yang sering terjadi. Oleh seba itu, lem yang diaplikasikan pun harus senantiasa kuat (selain kayunya).

lem untuk dinding kayu

Berdasarkan hal-hal itulah, dipilih lem untuk memasang lantai kayu ulin yang bagus, Crossbond X4. Lem ini juga telah banyak diandalkan dalam pembangunan berbagai hotel, resort, restaurant, hingga kebutuhan pribadi aplikasi lantai ulin. Adhesive ini tak hanya terbukti kuat dan awet, namun juga mudah digunakan, cepat kering, harganya murah, dan tidak menyebabkan glue line. Tak hanya itu, manufaktur Crossbond juga setia hadir untuk konsultasi pelanggannya. Aplikasi lem pun bisa benar-benar maksimal karena adanya informasi akurat dan terpercaya dari CS kami. Menarik sekali bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here