Menggiurkan, Lem Kayu Murah tapi Berkualitas!

0
1137
lem-kayu-murah

Kita seringkali terjebak dengan pemilihan lem yang murah tapi tak berkualitas atau lem yang mahal namun berkualitas. Padahal, antara harga dan kualitas sebenarnya bukan sesuatu yang harus dipertentangkan. Yang paling penting ialah jeli agar bisa mendapatkan lem kayu murah tapi berkualitas.

Ada banyak bahan pendukung dalam industri woodworking. Lem adalah satu di antara berbagai bahan pendukung tersebut. Bahan ini berguna merekatkan komponen-komponen mebel, craft, hingga konstruksi bangunan. Bisa dibilang, lem sangat penting dan memiliki peran krusial pada kualitas produk yang dihasilkan. Lantas seperti apakah lem yang memiliki kualitas baik?

Seperti Apa Lem yang Bagus?

Daya Rekat Kuat

lem-kayu-murahKekuatan atau daya rekat lem adalah aspek pertama yang wajib dicermati saat membeli lem jenis apapun dan untuk keperluan apapun. Sebab aspek inilah yang menjadi fungsi utama setiap produk wood glue atau lem kayu.

Tahan Lama

Untuk apa mengaplikasikan lem yang kuat tapi mudah rusak? Belilah lem yang memiliki ketahanan terhadap air, solvent, panas, dan faktor-faktor yang beresiko merusak lainnya.

Mudah Digunakan

CS Lem Kayu

Kemudahan aplikasi juga perlu dipertimbangkan. Jangan memaksakan membeli lem yang harus diaplikasikan dengan alat yang tidak Anda miliki.

Cepat Kering

Kecepatan kering akan mempengaruhi lama produksi. Semakin cepat lem mengering, maka semakin cepat pula proses produksi dan biaya yang harus dikeluarkan.

Tak Berbau dan Tak Timbulkan Glue Line

Pada kebutuhan tertentu misalnya craft dan mebel, kita perlu memperhatikan apakah adhesive terkait menimbulkan bau menyengat dan glue line. Bau menyengat harus dihindari karena membuat konsumen tidak nyaman. Sedangkan glue line bisa merusak keindahan produk.

Aman

Karena lem Anda akan diaplikasikan pada produk yang digunakan manusia, sebisa mungkin gunakanlah lem yang aman untuk kesehatan.

Membeli Lem Kayu Murah tapi Berkualitas

Jangan terjebak dengan dikotomi harga dan kualitas produk. Di kehidupan sehari-hari kita sering menganggap bahwa sebuah produk yang murah pasti kualitasnya juga murahan. Hal ini tidak selalu benar. Pikirkan bagaimana bisa sebuah produk lem dikatakan murah apabila justru menyebabkan kegagalan pengeleman! Dalam hal ini, lem yang lebih mahal namun tidak menyebabkan kegagalan pengeleman justru bisa disebut lebih terjangkau.

Hal ini juga berlaku untuk semua aspek lem kayu ideal yang disebut di atas. Berbagai aspek tersebut penting diperhatikan justru agar kita bisa menghemat banyak dana. Apalagi bila kita selanjutnya bisa benar-benar mendapatkan adhesive yang dari segi nominalnya terjangkau seperti Crossbond™.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here