Wajib Dibaca Sebelum Membeli Meja TV yang Tepat!

0
1331
meja tv minimalis natural

Anda mau membeli meja TV tapi bingung mencari produk yang tepat? Baca dulu hal-hal penting di bawah ini sebagai tips sebelum Anda menentukan produk yang akan dibeli!

Mengapa Meja TV?

Hal pertama yang perlu Anda tanyakan adalah: mengapa membeli produk ini? Selain produk yang secara khusus didesain untuk kebutuhan menonton TV, ada beberapa produk lain yang punya fungsi serupa. Misalnya saja buffet. Hanya, bufet biasanya memiliki ukuran lebih besar, dan fungsinya bukan sekedar untuk kegiatan menonton TV. Lebih dari itu, buffet juga biasanya dipakai untuk menaruh berbagai barang dan punya fungsi dekoratif tersendiri. Pertimbangkan dulu mana kira-kira produk yang ingin Anda beli.

Ukuran Meja Televisi

Ada tiga hal soal ukuran yang perlu Anda perhatikan:

1. Karena akan digunakan untuk meletakkan TV, tentu Anda harus memperhatikan kesesuaian ukuran produk yang akan dibeli dengan ukuran TV Anda. Kalau Anda tak tahu berapa ukuran inch TV Anda, lakukan pengukuran secara manual, baik secara horizontal ataupun secara vertikal. Jadi Anda bisa mendapat ukuran yang pas. Sebetulnya, bisa saja Anda membeli produk yang lebih lebar dari ukuran TV, tapi dari segi estetika akan terlihat kurang menarik.
2. Pastikan ukuran meja TV yang dibeli sesuai dengan ukuran ruangan. Jangan terlalu besar tapi juga jangan terlalu kecil. Perhatikan juga komposisi ukurannya dengan mebel yang ada di ruangan yang sama.
3. Perhatikan ketinggian meja TV. Kalau Anda berencana menonton TV sambil duduk tentu ketinggiannya harus beda dengan meja TV yang didesain untuk menonton TV secara lesehan.

Bahan atau Material yang Digunakan

CS Lem Kayu

meja tv

Ada 3 macam material populer yang biasa dipakai untuk membuat meja TV. Yang pertama kayu, yang kedua metal, dan yang ketiga plastik. Tak jarang ketiganya dikombinasikan satu sama lain.

Mana yang lebih bagus? Jawabannya tergantung selera Anda. Tetapi secara umum, meja untuk TV yang terbuat dari kayu menawarkan keindahan yang lebih baik serta ketahanan yang juga bagus. Kayu yang dipakai sendiri pun beragam. Hingga kini, banyak tukang dan pengrajin yang memakai kayu jati, mahoni, sawo, bahkan kayu kelapa. Tiap jenis kayu punya keunggulan masing-masing dengan keindahan pola seratnya yang menawan. Kalaupun Anda ingin harga lebih rendah, gunakan meja dari kayu olahan seperti MDF yang dilapisi veneer atau HPL. Meski ketahanannya kurang, tapi harganya jauh lebih rendah dibanding meja dari kayu solid.

Tipe

Tipe meja TV sangat beragam, 3 di antaranya yang paling umum ialah:

1. TV stand pojok yang biasanya berukuran lebih kecil, dengan bentuk segitiga, dan memang didesain agar pas diletakkan di pojok ruangan.
2. TV stand tertutup, yang biasanya punya area tertutup untuk TV.
3. TV stand Entertainment Centre, yang merupakan tipe terpopuler, dengan letak tempat televise di tengah, dan biasanya diberikan komponen tambahan untuk wadah CD.

meja tv pojok

Gaya

Tiap rumah seringkali dibangun dengan sebuah gaya tersendiri. Gaya ini menyatukan estetika seluruh area ruangan dari dinding sampai furniture-nya. Jadi, pilihlah meja televisi yang sesuai dengan gaya di interior ruangan Anda. Contoh, bila ruangan Anda bergaya minimalis, maka pilihlah meja televise yang juga bergaya minimalis. Jangan tiba-tiba memakai gaya lain apalagi yang tak sesuai dengan style minimalis tersebut.

Gaya meja TV yang ada sendiri sebetulnya sangat beragam, berikut ini beberapa contohnya:

1. Minimalis
2. Vintage
3. Shabby chic
4. Britania dengan bendera Union Jack
5. Arabian Style
6. Oriental Style
7. Urban
8. Dan masih banyak gaya lagi yang tak bisa disebut satu per satu.

meja tv bagus

 

Komponen Ekstra

Secara umum, yang disebut meja TV adalah meja yang digunakan untuk menaruh TV. Tapi secara spesifik pengertian tersebut kurang lengkap. Sebagai meja untuk menaruh TV, meja seperti ini pun pasti dibuat untuk kebutuhan menonton televisi. Desainnya pun pasti dibuat khusus sehingga cocok dengan bentuk TV itu sendiri. Makanya, kebanyakan produk ini hadir dengan semacam kotak kosong di bagian tengah untuk menaruh TV, bukan hanya berupa meja saja.

Meskipun fungsinya sama, tapi komponen meja seperti ini bisa berlainan satu dengan yang lain. Tak jarang beberapa brand atau merk meja televisi menawarkan extra feature atau komponen ekstra. Misalnya adanya lapisan kaca, rak tempat PS, jumlah rak yang lebih banyak, serta masih banyak lagi. Hal-hal seperti ini memang biasanya akan menambah jumlah uang yang harus Anda bayarkan. Tapi cukup worth it bila Anda memang memerlukannya bukan?

Warna Produk

Secara umum, kebanyakan TV stand atau meja TV terbuat dari kayu. Maka dari itulah, ketika Anda ke toko mebel dan mencari produk ini, seringkali warna yang dominan adalah warna coklat natural. Warna-warna alami kayu seperti itu memang sangat menarik, tapi bukan satu-satunya warna yang bisa Anda pilih. Ada berbagai warna lainnya yang tak kalah menarik. Misalnya warna hitam yang sebetulnya juga warna alami kayu tertentu seperti ebony. Ada juga warna lawas (vintage), white wash, patina, rustic color, hingga shabby chic. Warna-warna tua seperti ini pernah menjadi trend desain furniture beberapa waktu belakangan. Ada pula warna pastel yang menawan seperti peach, putih, ungu, hingga biru. Elemen warna metal pun tak kalah bagus dan bisa menghadirkan kesan mewah seperti warna emas dan perak.

Harga

Tak bisa dipungkiri, budget kita tentu menentukan kemampuan kita dalam membeli. Makanya, kita pun juga harus melihat harga meja TV bersangkutan. Seyogyanya, pilih produk yang harganya berada pada kisaran nominal yang dapat Anda penuhi. Sedikit trik agar Anda bisa membeli meja untuk menaruh TV yang lebih murah, belilah saat ada diskon, pameran, cuci gudang, atau di online shop yang menyediakan produk murah free ongkos kirim. Kalau Anda telaten, pasti Anda bisa mendapat produk yang bagus dengan harga yang lebih murah!

Merk dan Kualitas

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat membeli meja TV adalah merk-nya. Tapi ingat, merk tidak ekuivalen dengan kualitas. Sebuah brand terkenal belum tentu bagus. Toh, bisa saja kepopuleran merk meja televisi tersebut disebabkan karena harganya yang murah atau karena bahannya yang kurang bagus. Jadi jangan terpaku pada merek saja.

Di pasaran sendiri, telah hadir sangat banyak brand TV stand baik lokal maupun internasional. Pilihlah produk yang benar-benar bagus dari bahan, kekokohan, hingga estetikanya. Pertimbangan menggunakan merk, bisa Anda andalkan untuk keawetannya saja, tapi sekali lagi, jangan terlalu terpaku. Akan lebih baik, bila ada garansi dari merk terkait.

Nah, itulah beberapa hal super penting yang wajib Anda baca sebelum membeli meja TV! Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here