Harus Anda Tahu Sebelum Membeli Lem Kayu Paling Kuat

0
2016
salah satu cara menguji kekuatan lem
salah satu cara menguji kekuatan lem.

Karena berfungsi sebagai bahan perekat, tentunya lem yang bagus untuk kayu adalah lem kayu paling kuat. Tetapi pengertian paling kuat di sini harus dipahami lebih dari sekedar daya rekat lem saja. Utamanya, kita harus tahu apa yang menjadi “beban” utama produk yang akan direkatkan. Sebagai contoh, lem kayu dengan daya rekat terkuat untuk lantai jelas memiliki standar yang berbeda dibanding lem kayu untuk keperluan konstruksi.

salah satu cara menguji kekuatan lem
salah satu cara menguji kekuatan lem.

Selain beban, pengertian “paling kuat” juga harus didasarkan pada berbagai ancaman lain. Misalnya faktor-faktor seperti ketahanan lem pada air, suhu panas, solvent, hingga sinar UV. Hal-hal demikian, meski sifatnya umum, tapi sebenarnya sangat spesifik dan harus diperhatikan untuk tiap keperluan perekatan. Sekali lagi, karena tiap keperluan perekatan memerlukan karakter adhesive yang berbeda-beda.

Tapi untuk membeli produk yang lebih aman dan mampu memenuhi berbagai kriteria tersebut, kita juga bisa membeli lem kayu dengan ketahanan yang lengkap untuk berbagai aspek. Memilih produk seperti ini jelas tidak mudah. Selain karena banyak produk lem yang kurang berkualitas, informasi yang tersedia juga minim. Apalagi bila Anda masih baru di dunia pengolahan kayu atau lebih spesifiknya pengeleman.

Iklan Biothane Banner perkenalan CS Lem Kayu

Perekatan meski terkesan sepele, sebenarnya adalah bidang yang sangat rumit karena membutuhkan dukungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu. Perekatan yang baik dimana kualitasnya tahan uji pada air hingga solvent jelas tak bisa didapat dengan sembarang produk. Bahkan untuk menentukan apakah sebuah produk tergolong sebagai “lem kayu yang kuat” pun caranya tak sesimpel yang kita kira. Pengujian harus dilakukan sehingga menghasilkan dukungan empiris.

Cara Menguji Lem Kayu Paling Kuat

Tiga cara di bawah ini hanya sekian dari berbagai cara untuk menguji kekuatan lem:

Cross Grain

Merupakan metode pengujian kekuatan lem tanpa mengaplikasikan konstruksi apapun. Dua batang kayu direkatkan membentuk sudut siku, lalu setelah kering diberikan tekanan hingga level tertentu.

Searah Serat

Metode ini dilakukan dengan merekatkan potongan kayu membentuk sudut 15 hingga 20 derajat. Selanjutnya, dilakukan pengeleman pada permukaan yang terpotong dan setelah kering diberikan tekanan untuk memisahkan keduanya.

Perendaman

Metode ini khusus digunakan untuk lem outdoor seperti lem decking kayu. Caranya, dilakukan dengan merendam kayu yang dilem di air hingga kehilangan daya adhesinya. Catat waktu. Semakin lama waktu yang dibutuhkan hingga daya adhesi hilang, semakin pantas produk tersebut disebut “lem kayu paling kuat”.

lem kayu paling kuatDi antara berbagai produk di pasaran sendiri, adhesive yang menurut kami memiliki daya rekat baik dibanding yang lain adalah Crossbond™. Crossbond™ terdiri dari dua produk yakni Crossbond™ X3 untuk konstruksi seperti mebel dan Crossbond™ X4 untuk laminasi seperti pengeleman lantai kayu. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap produk ini dengan cara menghubungi kami via kontak yang tersedia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Biothane utama CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here