Lem yang Tahan Panas untuk Pembuatan Kabinet Dapur HPL

1
3780
kabinet dapur minimalis

Sudah barang tentu pengerjaan kabinet dapur dengan pelapis HPL memerlukan lem tahan panas. Yang jadi pertanyaan, apa lem yang tahan panas untuk pembuatan kabinet dapur HPL yang bagus digunakan?

Apa itu kabinet dapur? Kitchen cabinet atau kabinet dapur memang bukan produk yang familiar bagi kebanyakan orang Indonesia. Tapi jangan salah. Kian hari, popularitas kabinet dapur kian meningkat. Dan ini wajar terjadi karena furniture ini menawarkan banyak keuntungan untuk dinikmati.

Yang utama, kabinet dapur mampu memaksimalkan space atau ruang yang sempit untuk kebutuhan penyimpanan yang kian banyak. Dengan tatanan meja yang dibuat khusus berjejer lengkap dengan raknya serta lemari-lemari kecil yang ditempelkan di bagian dinding, dapur akan lebih fungsional. Selain itu dari segi estetika, dapur juga lebih terlihat rapi dan menarik. Apalagi bila kabinetnya dipilih dari jenis yang berkualitas.

Industri Kabinet Dapur di Indonesia

Satu perlengkapan lengkap kabinet (dari lemari atas hingga bawah) sering disebut sebagai kitchen set. Di Indonesia industri seperti ini mulai memunculkan “bibit-bibitnya” meski produk ekspor masih membanjiri pasar lokal. Namun demikian, hal ini tetaplah merupakan sesuatu yang positif meski masih perlu lebih jauh ditingkatkan potensinya.

Pembuatan kabinet sendiri sebenarnya cukup sederhana. Budget atau dana yang dibutuhkan juga tidak begitu besar asalkan mau memanfaatkan produk-produk yang tidak begitu mahal. Misalnya saja dengan menggunakan kayu olahan seperti MDF hingga blockboard disertai dengan pelapis HPL atau High Pressure Laminate. Kayu olahan seperti MDF merupakan material yang terjangkau dibanding kayu solid. Sedangkan HPL memiliki banyak feature menarik seperti resistensinya pada air dan panas yang dibutuhkan kabinet yang baik.

Gunakan Lem yang Tahan Panas untuk Pembuatan Kabinet HPL

Dalam pemanfaatan HPL, selain dibutuhkan HPL-nya sendiri juga dibutuhkan bahan perekat. Hati-hati! Lem yang dipakai untuk kebutuhan perekatan HPL untuk kitchen set juga harus memiliki resistensi yang baik. Pasalnya, ikatan pada perekat adalah ikatan kimia yang bisa saja rusak akibat perubahan suhu. Bila lem yang dipakai tak punya ketahanan panas yang baik, otomatis HPL rentan mengelupas atau terlepas dari kayu olahan tempatnya semua direkatkan.

Apa Lem yang Sebaiknya Digunakan?

Di lemkayu.net kami menyediakan adhesive yang bisa digunakan untuk berbagai industri woodworking tak terkecuali industri pembautan kabinet dapur HPL. Lem yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah EVA Phaethon.

Eva Phaethon adalah lem berbasis EVA atau Ethylene Vinyl Acetate. Adhesive ini memiliki resistensi yang sangat baik. Lem ini juga kuat serta memiliki tingkat keamanan sangat baik.
Dalam pemakaian lem yang tahan panas untuk pembuatan kabinet dapur HPL ini caranya juga cukup mudah. Yang dibutuhkan hanyalah mengoleskan adhesive pada dua media tersebut.

Lem yang Tahan Panas untuk Pembuatan Kabinet Dapur HPL

Mengapa Tak Boleh Sembarangan Membeli Lem?

Rekomendasi kami pada Eva Phaethon tidak semata-mata hanya disebabkan karena kualitas Eva Phaethon yang unggul saja. Lebih dari itu, perekatan dengan HPL adalah perekatan yang sangat khusus. Perekatan HPL tak bisa dilakukan dengan sembarang lem kayu yang didesain untuk bahan kaya selulosa.

Hanya beberapa jenis lem yang bisa dengan baik merekatkan High Pressure Laminate. Salah satunya yang terbaik adalah Eva Phaethon. Adhesive ini bisa merekatkan media beda karakter seperti kayu olahan yang porositasnya besar dengan HPL yang hampir tak punya porositas.

Kabinet Dapur Jadi Cantik dengan Eva Phaethon

kabinet dapur natural coklat

Pada akhirnya, ketepatan memilih lem memang harus senantiasa diperhatikan. Pemakaian lem dengan kualitas yang baik serta tepat seperti Eva Phaethon pastinya akan membuat kabinet tahan lama dipakai. Selain itu, lem yang tahan panas untuk pembuatan kabinet dapur HPL ini juga pastinya lebih bisa mendukung kitchen kabinet yang lebih menawan!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here