Jadikan FJLB Berkualitas dengan Lem untuk Laminasi Kayu Finger Joint Terbaik!

0
2571
kabinet dapur FJLB
kabinet dapur FJLB

Finger joint laminated board adalah salah satu produk hasil teknologi woodworking modern yang memberikan banyak manfaat. Tapi berbagai manfaat tersebut tak akan bisa dimaksimalkan tanpa lem untuk laminasi kayu finger joint dengan kualitas tinggi. Apa pentingnya adhesive dan bagaimana adhesive membuat FJLB lebih baik? Berikut ini penjelasannya.

Finger Joint Laminated Board

Istilah FJLB mengacu pada Finger Joint Laminated Board. Ringkasnya, produk yang disebut FJLB adalah papan kayu lebar yang dibuat dari potongan kayu yang lebih kecil. Potongan kayu yang kecil-kecil tersebut disatukan untuk kemudian menghasilkan papan yang lebar sekaligus panjang. FJLB akan membuat kayu lebih mudah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan pembuatan kabinet dapur, meja, buffet, frame jendela, pintu, hingga dinding kayu.

kabinet dapur FJLB
kabinet dapur FJLB

Ada beberapa kelebihan FJLB dibanding penggunaan kayu biasa. Pertama, bahan ini memiliki trend lebih mudah didapatkan dibanding kayu asli dalam bentuk lebar. FJLB juga memberikan kekokohan yang tak dimiliki kayu olahan seperti plywood yang cenderung kurang kokoh karena ketebalannya yang terbatas. Pada aspek estetika, FJLB biasanya memberikan visual unik yang memperlihatkan bekas potongan kayunya. Ini bisa menjadi kelebihan bagi beberapa orang, namun juga bisa menjadi kekurangan bagi sebagian yang lain. Namun bagi yang menganggap tampilan seperti ini kurang menarik, bisa diaplikasikan finishing warna solid yang lebih dulu dilakukan dengan cat dasar untuk menyamakan warna kayu yang belang-belang tersebut. BioColours Wood Putty akan menjadi dempul penyeragam warna yang bisa Anda pilih.

Dalam proses pembuatan FJLB, dibutuhkan adhesive sebagai perekat untuk menyatukan potongan-potongan kayu. Selain itu, adhesive juga berperan dalam aplikasi FJLB untuk diolah menjadi produk kayu yang lebih fungsional. Di sinilah letak pentingnya adhesive yang dimaksud pada pertanyaan di atas. Bukan saja sebagai bahan pembuatan, adhesive juga penting untuk pengolahan material ini.

Mengingat fungsi penting adhesive itulah, dibutuhkan lem dengan kualitas yang baik pada aspek daya rekat hingga estetika.

1. Pada aspek daya rekat, lem harus memiliki kekuatan yang bagus.
2. Pada aspek ketahanan, lem harus disesuaikan dengan kebutuhan FJLB, apakah untuk indoor ataukah untuk outdoor.
3. Pada aspek estetika, adhesive harus dipilih yang tak menyebabkan glue line.
4. Pada aspek kecepatan kering, adhesive harus disesuaikan dengan alur proses produksi.
5. Pada aspek keamanan, adhesive harus disesuaikan dengan tingkat keamanan akhir produk yang diinginkan.

Dari jenisnya sendiri, lem yang seharusnya dipilih adalah lem dari jenis laminasi, khususnya lem untuk laminasi kayu finger joint board (FJLB). Crossbond X4 akan menjadi pilihan yang menarik bagi Anda karena adhesive ini memang dibuat dengan salah satu tujuannya adalah untuk papan FJLB.

lem untuk laminasi kayu finger joint

Crossbond X4 juga memiliki daya rekat kuat, ketahanan yang baik, tak menyebabkan glue line, cepat kering, dan aman. Cara aplikasi Crossbond pun mudah dilakukan. Prinsipnya, berikut proses penggunaan Crossbond X4:

1. Persiapan media agar kering, bersih, dan tak mengandung minyak
2. Pengolesan pada salah satu sisi medianya saja
3. Perekatan
Sebagaimana yang Anda lihat di atas, tak dibutuhkan tambahan alat serta bahan khusus dalam penggunaan lem ini. Aplikasi lem untuk laminasi kayu finger joint ini juga sangat fleksibel sehingga mudah mengikuti alur produksi dengan berbagai teknik.

Harga Lem untuk Laminasi Kayu Papan Finger Joint

Crossbond X4 bisa Anda dapatkan mulai harga Rp. 50.000,-. Daya sebar lem yang luas dan daya rekatnya yang baik akan membuat lem ini makin hemat digunakan.

Tertarik membeli lem untuk kayu laminasi finger joint ini? Segera pencet “Pesan Sekarang” pada bagian kanan atas website ini. Anda akan dilayani dengan baik untuk pemesanan Crossbond maupun sekedar bertanya lebih jauh dulu mengenai adhesive ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here