Meja Kasir: Peluang Bisnis untuk Pengusaha Mebel Indonesia

0
1836
meja kasir (2)

Adakah yang baru dalam industri furniture? Jawabannya ada! Ia adalah meja kasir yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk usaha furniture Anda.

Dalam dunia industri, bidang mebel dan kerajinan mencatatkan namanya sebagai salah satu yang unggul di Indonesia. Industri mebel juga cukup independen secara nasional sebab banyak memakai bahan-bahan lokal mulai dari kayu, cat, pelapis, dan berbagai bahan lainnya. Usaha pembuatan furniture juga berkembang dengan berbagai skala. Ada perusahaan besar yang mengekspor produknya keluar negeri, namun ada juga usaha pembuatan mebel kecil menengah seperti toko mebel di pinggir jalan yang biasanya diproduksi langsung penjualnya.
Hal tersebut sebetulnya tidak mengherankan.

Pertama, Indonesia kaya akan kayu-kayu berkualitas. Kedua, banyak orang Indonesia yang memiliki keterampilan sangat baik dalam pembuatan mebel. Estetika atau keindahan produk buatan negeri ini juga telah tersebar di berbagai negara. Produk Indonesia terkenal karena keindahan detil tradisionalnya seperti ukiran Jepara dan Bali yang begitu mengagumkan.

Meja, Produk Furniture Paling Banyak Dibuat

Salah satu produk furniture yang banyak dibuat sendiri adalah meja. Meja secara definisi, adalah produk furniture yang fungsi utamanya menyajikan benda sebagai sajian. Misalnya untuk meletakkan makanan, penganan, minuman, hingga hiasan-hiasan dekoratif seperti bunga dan foto dalam frame. Dari segi strukturnya, meja terdiri atas bagian kaki dan atas (permukaan top table). Beberapa tambahan bagian lainnya sering hadir, namun kedua bagian tersebut adalah bagian utama sebuah meja.

Meja Kasir sebagai Peluang Usaha

Karena mudah dibuat namun sangat banyak digunakan, meja menjadi salah satu produk furniture yang paling sering dijual belikan. Coba saja cermati berbagai toko mebel di sekeliling Anda. Perhatikan, di antara berbagai furniture yang dipajang, produk seperti meja hampir selalu dijumpai. Apalagi di area sekitar kampus dan sekolahan. Biasanya banyak toko mebel kecil yang menjajakan produknya berupa aneka meja lesehan yang difungsikan sebagai meja belajar.

Meski cukup menggairahkan, tapi sebetulnya usaha pembuatan meja, khususnya di skala kecil menengah kurang variatif. Penjaja hanya menjual produk yang itu-itu saja dengan target pasar yang sama. Padahal, banyak sekali peluang yang bisa dibidik. Contohnya? Contohnya adalah meja untuk kebutuhan jual beli seperti meja kasir.

meja kasir mdf

Cashier table (atau desk) adalah meja yang dibuat khusus untuk aktivitas kasir dalam melayani pembeli yang ingin membayar belanjaan mereka. Produk seperti ini biasanya didesain dengan beberapa komponen yang mendukung kerja kasir. Misalnya, adanya rak di balik meja, bentuk meja yang khas, hingga tinggi meja yang disesuaikan dengan posisi kita saat berdiri.

Mengapa Meja Kasir Menjadi Peluang Usaha yang Potensial?

Ada beberapa alasan mengapa meja ini dianggap potensial sebagai peluang usaha.

1. Pangsa pasar yang besar. Makin besar seiring dengan tumbuhnya pusat perbelanjaan di berbagai tempat.
2. Tak sulit dibuat. Seperti produk meja kebanyakan, meja seperti ini juga tak sukar untuk dibuat.
3. Bisa dibuat dengan beragam bahan mulai dari yang mahal hingga yang murah
4. Kompetisi usaha dibanding produk lainnya lebih rendah

Keempat poin di atas menjadikan cashier desk sebagai produk yang dapat diandalkan untuk berbagai usaha kita. Apalagi dengan status Indonesia sebagai negara berkembang di mana banyak pusat perbelanjaan yang sedang tumbuh.

meja kasir

Jenis-jenis Meja Kasir

Ada beberapa jenis cashier desk baik berdasarkan material pembuatannya maupun peletakannya. Ada juga yang membaginya pada desain meja tersebut. Berikut ini contohnya.

Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Kayu Solid

Merupakan meja untuk kasir yang terbuat dari kayu-kayu seperti jati, mahoni, hingga pinus. Meja seperti ini memiliki kualitas yang sangat baik, dari segi estetika ataupun keawetan. Namun dari segi harga secara umum juga paling mahal.

Kayu Olahan

Kayu olahan saat ini banyak dipakai untuk pembuatan berbagai furniture termasuk untuk membuat meja kasir. Contoh kayu olahan yang kerap digunakan adalah triplek, mdf, hdf, hingga blockboard.

Bahan Non Kayu

Selain bahan kayu, bahan non kayu belakangan ini telah banyak digunakan untuk membuat furniture. Tiga di antaranya adalah bahan logam, bahan plastik, dan bahan kaca.
Meski berbeda-beda namun seringkali berbagai bahan di atas digunakan secara bersamaan atau dikombinasikan satu sama lain. Misalnya adalah kombinasi antara kayu solid dengan kaca untuk menghasilkan meja yang bukan hanya fungsional tapi juga menarik.

Berdasarkan Penempatannya

Meja Kasir Sudut

Merupakan cashier table yang diletakkan secara menyudut pada sebuah ruangan. Meja seperti ini sangat baik khususnya untuk menghemat space atau ruang yang sedikit.

meja kasir menyudut

Meja Centre

Merupakan cashier table yang diletakkan di bagian tengah. Beberapa desain toko, kafe, atau restauran akan cocok dengan tipe meja yang diletakkan di tengah seperti ini.

Membuat Meja Kasir Tematik dengan Crossbond dan BioColours

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, meja untuk kasir merupakan meja yang memiliki potensi besar untuk dijadikan produk usaha. Apalagi dengan pertumbuhan pusat perbelanjaan, kafe, hingga restaurant yang begitu marak. Bukan tak mungkin juga, kita bisa menyuplai meja seperti ini untuk kebutuhan ekspor dengan mengandalkan harga yang lebih murah.

Nah, selain persoalan harga, supaya produk kita bisa bersaing, tentu kita membutuhkan kualitas yang bagus dan unik. Kualitas meja kasir yang baik bisa Anda wujudkan dengan pemakaian bahan pembuat berkualitas. Dari segi bahan perekat, misalnya, Anda bisa memakai lem kayu yang kuat Crossbond X3 dan Crossbond X4.
Crossbond merupakan lem PVAc water based dengan bau tak menyengat yang aman, sangat kuat, kokoh, dan mudah digunakan. Crossbond X3 bisa Anda pakai untuk penyambungan furniture sedangkan Crossbond X4 untuk mengelem veneer.

Sedangkan untuk menciptakan produk yang unik, Anda bisa mengaplikasikan desain dan teknik finishing yang tematik. Tematik?

meja kasir vintage

Betul. Banyak pusat perbelanjaan hingga kafe yang didesain dengan tema tersendiri. Misalnya tema modern, etnik, vintage, dan masih banyak lagi. Pada berbagai tema tersebut, jelas bukan hanya bangunannya yang ditata, furniturenya pun harus ditata sedemikian rupa. Aneka furniture yang dipakai setidaknya harus sesuai dengan tema yang diterapkan. Jadi, buatlah produk Anda dengan ragam tema yang menarik.

Ada banyak lho desain meja kasir unik yang bisa dicontoh. Misalnya meja untuk kasir dengan desain gothic, mewah, Arabian, bohemian, natural, etnik Indonesia, hingga minimalis dan shabby chic. Yang perlu dilakukan, pertama-tama adalah mengaplikasikan desain yang tepat. Baru setelahnya bisa dilakukan finishing dengan teknik yang tepat dan bahan yang bagus.
Nah, untuk bahan finishingnya, produk yang kami rekomendasikan adalah seri cat BioColours. Cat-cat BioColours adalah cat water based yang bukan hanya tersedia dalam aneka warna. Cat-cat seperti ini juga bisa dipakai untuk mengaplikasikan aneka teknik finishing mulai dari solid color, natural, vintage, rustic, hingga shabby chic.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, pakai Crossbond dan BioColours supaya meja kasir yang Anda buat lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here