Tak Sulit, Membuat Meja Meeting untuk Keuntungan Berlipat

0
952
meja meeting kecil

Merasa stagnan dengan produksi mebel rumah tangga dengan kompetisi yang begitu ketat? Kenapa Anda tak mencoba membuat meja meeting? Meja meeting merupakan salah satu office furniture yang tak hanya murah, tetapi juga mudah untuk dibuat.

Pengertian Meeting Table alias Meja Rapat

Dari sekian banyak meja untuk kantor, Anda akan dengan mudah melihat meja rapat. Berbeda dengan meja kantor yang lain, meja ini memiliki ukuran yang lebih besar. Ukurannya itulah yang membuat meja ini mudah diidentifikasi. Apalagi bila dibandingkan dengan meja hias. Bahkan beberapa meja rapat memiliki luas begitu signifikan sampai hampir memenuhi satu ruangan.

Bagaimana dengan fungsinya? Secara umum, meeting table atau meja rapat memiliki fungsi untuk menunjang aktivitas saat rapat. Meja seperti ini didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga didesain dengan ciri tersendiri, antara lain:

  1. Ukurannya yang besar, sebagaimana disebut di atas. Ukuran besar meja ini memang dibuat sengaja karena anggota rapat biasanya banyak. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa ada beberapa meja untuk rapat yang didesain dengan ukuran yang lebih kecil.
  2. Didesain dengan tinggi spesifik, namun tinggi meja disesuakan agar meja nyaman digunakan untuk menulis dan menyimak presentasi.
  3. Didesain di mana anggotanya duduk dengan interaksi tatap muka
  4. Kadang kala, dibuat dengan bagian depan dan bagian belakang.

Hampir semua kantor sejatinya membutuhkan meja untuk rapat. Akan tetapi, mengingat harga meja ini cukup tinggi, beberapa kantor biasanya menggunakan meja biasa untuk aktivitas rapat.

CS Lem Kayu

meja rapat (2)

Mengenal Model dan Bentuk Meja Meeting

Memiliki fungsi serupa untuk menunjang kegiatan rapat, meja ini bisa dibagi menjadi beberapa kategori, misalnya saja bila didasarkan pada bentuknya, meja ini bisa dibagi menjadi:

Persegi Panjang

Bentuk persegi panjang adalah bentuk paling populer yang bisa ditemukan pada meja rapat. Bentuk ini banyak dicari karena memberikan lebih banyak space, memiliki bagian fokus di ujung salah satu meja (sehingga ideal untuk presentasi), serta memiliki kesan yang formal. Pada acara seperti rapat, kesan formal dan serius memang kerapkali dibutuhkan. Apalagi, ketika rapat tersebut dilakukan bukan hanya untuk internal kantor tetapi juga untuk mitra bisnis dari perusahaan yang lain.

Persegi

Dibanding meja meeting dnegan bentuk persegi panjang, meja serupa dengan bentuk persegi atau kotak lumayan jarang ditemukan. Kalaupun ada, seringkali ukuran meja rapat persegi lebih kecil dibanding yang persegi panjang. Hal ini dikarenakan, meja rapat biasanya didesain mengikuti karakter ruang rapat. Ruangan rapat sendiri seringkali hadir dengan bentuk persegi panjang, bukan persegi.

U atau O

Bentuk meja U dan O, sebagaimana namanya, mengacu pada meja meeting yang memang memiliki bentuk seperti kedua huruf tersebut. Bentuk ini, meski terdengar tak biasa, tapi sebetulnya sudah banyak diterapkan untuk membuat meja rapat. Ada beberapa kelebihan meja yang didesain dengan bentuk ini. Salah satunya adalah adanya space di bagian tengah meja. Adanya space di bagian tengah meja ini akan memungkinkan presentasi bisa dilakukan di bagian tengah, atau kalaupun tidak mampu memberikan kesan yang lebih dinamis pada meja itu sendiri.

meja rapat

Lingkaran

Bentuk lingkaran juga sering diaplikasikan pada meja meeting. Bila dibandingkan dengan bentuk yang lain sendiri, meja rapat dengan bentuk lingkaran memiliki beberapa kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya, meja ini memberikan lebih banyak space, namun tidak efektif untuk ruang rapat yang agak sempit. Kedua, meja ini memberikan kesan yang tak seformal meja rapat yang lain. Bagi beberapa kalangan, kesan yang tak begitu formal pada meja rapat mungkin justru dicari.

Membuat Sendiri Meja Rapat, Bisakah?

Meskipun bukan negara maju, Indonesia merupakan negara dengan prospek ekonomi yang saat ini dinilai menjanjikan. Berbagai perusahaan banyak beroperasi karena kekayaan SDA hingga SDM Indonesia yang lebih terjangkau. Bagi pengusaha mebel, sebetulnya hal ini bisa diandalkan untuk mendapatkan keuntungan tersendiri. Caranya? Tentu saja dengan memproduksi meja kantor, termasuk di antaranya adalah meja meeting.

Produksi office furniture seperti meja rapat juga bisa menjadi pemecah kebuntuan Anda akan penjualan meja dan mebel rumah tangga yang persaingannya begitu ketat. Anda bisa mencoba mengambil perhatian pasar office furniture di lapangan.

Namun ingat, berbagai hal tentu harus diupayakan bila Anda ingin agar meja rapat yang Anda produksi laku. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa meja meeting yang Anda buat tidak semahal meja-meja yang lainnya, atau setidaknya tidak lebih mahal. Untuk melakukan ini, memang harus ada upaya yang perlu dilakukan. Misalnya, mulai dengan menggunakan kayu olahan dibanding kayu solid. Sebab, dengan ukuran yang luar biasa, jelas jumlah kayu solid yang dibutuhkan untuk membuat meja ini sangat banyak. Padahal, kita tahu sendiri bahwa harga kayu solid tidaklah murah. Karena itulah, kayu olahan atau engineered wood bisa dijadikan pilihan yang tepat.

lem untuk dinding kayuKuncinya, adalah memastikan bahwa meja rapat dari bahan kayu olahan tersebut tetap berkualitas. Untuk masalah estetikanya sendiri, bisa digunakan veneer. Veneer seperti yang kita tahu adalah lapisan sangat tipis yang dibuat dari potongan kayu solid. Veneer bisa direkatkan pada permukaan kayu olahan untuk memberikan tampilan yang bagus. Contohnya saja, aplikasi veneer jati pada Medium Density Fiberboard (MDF). Dengan kiat sederhana ini, Anda bisa mengubah tampilan MDF yang kurang menarik menjadi sangat menarik dengan pelapis jatinya. Tidak sulit, bukan? Aplikasinya pun hanya perlu dilakukan dengan perekatan. Pilih lem untuk laminasi yang tepat, Crossbond X4.

Cara Memesan Crossbond X4

Sebagaimana dijelaskan di atas, lem yang kami rekomendasikan untuk membuat meja meeting yang murah dan berkuailitas adalah Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan salah satu varian Crossbond yang didesain khusus untuk perekatan laminasi. Lem ini bisa dipakai untuk merekatkan decking, parquet, pembuatan kayu laminasi, pembuatan plywood, dan tentu saja aplikasi veneer untuk membuat meja rapat yang terjangkau.

Crossbond X4 sebagai PVAc water based memiliki keunggulan:

  1. Teruji sangat kuat
  2. Tahan lama
  3. Cepat kering
  4. Mudah digunakan
  5. Tidak menyebabkan glue line
  6. Solid content tinggi
  7. Daya sebar luas
  8. Tidak tebal
  9. Viskositas medium yang ideal untuk perekatan pada pembuatan mebel

Crossbond X4 bisa dipesan dengan mudah secara online. Proses pemesanan online dapat dilakukan di marketplace ataupun dengan menghubungi nomor kontak di atas. Format pemesanan lem ini meliputi nama, produk, jumlah produk, serta alamat pengiriman. Setelah itu, CS Crossbond akan memberikan Anda tagihan invoice untuk dibayar. Pasca pembayaran, pesanan Anda akan segera diurus dan dijamin benar-benar sampai di alamat pengiriman. Mudah, bukan?

meja rapat u

Segera buat meja meeting dengan lem Crossbond X4!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here