Optimalkan Keuntungan Glubam dengan Lem Bambu Laminasi Terbaik Ini

0
1142
furniture bambu laminasi

Ada banyak keuntungan yang bisa kita nikmati dari produk bambu laminasi. Tapi jangan lupa untuk menggunakan lem bambu laminasi terbaik supaya berbagai keuntungan tersebut benar-benar teroptimalkan.

Bambu adalah salah satu sub keluarga rumput yang hidup di wilayah beriklim tropis. Di seluruh dunia, terdapat sekitar 1400 spesies bambu dengan Indonesia menjadi salah satu rumah yang kaya akan tanaman ini. Tak mengherankan bila penggunaan bambu sudah lama dilakukan di negara kita.

Dulu bambu banyak digunakan untuk membuat bangunan hingga perabot. Bagaimana dengan sekarang? Seolah tersisih dengan kayu, bambu sebenarnya memiliki potensi besar. Malah bahan ini sekarang digadang-gadang menjadi alternative pengganti kayu solid yang makin mahal dan susah didapat. Apalagi saat ini dengan aplikasi teknik bambu laminasi.

Teknik Bambu Laminasi

pagar tampil baru dengan Orchid

Teknik bambu laminasi adalah sebuah teknik khusus di mana bambu diproses hingga bisa menghasilkan papan atau bentuk yang lebih lurus seperti kayu. Kadang-kadang bambu laminasi disebut sebagai glubam atau glue laminate bamboo board. Papan bambu seperti ini umumnya dibuat dengan cara yang prinsipnya sederhana saja.

Pembuatan bambu laminasi biasanya dimulai dengan pemotongan bagian bambu secara memanjang. Potongan tersebut kemudian disatukan satu sama lain menggunakan lem dalam sebuah alat yang dikondisikan bertekanan dan suhu tinggi. Voila, jadilah produk-produk papan bambu laminasi.

Keuntungan Teknik Bambu Laminasi

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dari aplikasi teknik bambu laminasi yang pada akhirnya menghasilkan glubam board (papan bambu laminasi). Beberapa di antaranya adalah:
1. Memaksimalkan fungsi bambu sebagai pengganti kayu. Selama ini, banyak pengrajin mebel enggan mengganti bahan mereka dengan bambu karena kedua material tersebut memang memiliki bentuk yang berbeda. Akibatnya, bambu susah diaplikasikan dalam proses pengerjaan kayu yang mereka kenal.
2. Meningkatkan kekuatan bambu. Bambu laminasi biasanya memiliki kekuatan yang jauh lebih baik dibanding bambu biasanya.
3. Fungsi lebih banyak. Seperti dijelaskan pada poin 1, salah satu hambatan penggunaan bambu dalam industri furniture adalah sifatnya yang sulit diolah karena bentuk bambu yang sangat khas. Dengan teknik ini, bambu laminasi bisa diolah dengan cara yang lebih fleksibel menghasilkan furniture yang biasanya hanya bisa dibuat dengan kayu.
4. Untuk bentuk khusus. Selain bisa diolah dengan lebih fleksibel, bambu laminasi juga bisa digunakan untuk struktur lengkung. Namun tentu saja pengerjaannya sejak awal harus memperhatikan tujuan tersebut. Sebab bila laminasi terlalu kaku, pada akhirnya bambu laminasi akan sulit juga untuk dilengkungkan.
5. Untuk lantai dan wall panelling. Dengan bentuk mendatar, bambu laminasi bisa kita manfaatkan untuk pembuatan lantai parquet, decking, hingga wall panelling. Bahkan sudah ada produk serupa plywood, yakni plybamboo.

Baca Juga:  Lem untuk Laminasi Kayu Lapis Berbagai Jenis!

Optimalkan Keuntungan dengan Lem Bambu Laminasi Terbaik

Berbagai keuntungan bambu laminasi di atas tak akan bisa kita nikmati secara maksimal apabila tidak dihasilkan dengan proses yang tepat. Selain kecermatan dalam melakukan tahapan langkah bambu laminasi, juga dibutuhkan adhesive yang tepat.

Usahakan untuk menggunakan lem bambu laminasi terbaik, Crossbond X4. Adhesive ini memiliki berbagai keunggulan seperti:
1. Kuat
2. Tahan lama
3. Mudah digunakan
4. Cover area luas
5. Solid content tinggi
6. Medium viscosity sesuai perekatan laminasi
7. Sangat aman dan ramah lingkungan
8. Harga terjangkau hanya Rp. 50.000,- saja

Lem Bambu Laminasi Terbaik

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, lem bambu laminasi terbaik Crossbond X4 pasti bisa membuat produk Anda lebih berkualitas.

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here