Bambu Laminasi untuk Struktural? Gunakan Lem untuk Laminasi Bambu Terkuat ini

0
1335
papan bambu laminasi

Selama ini, penggunaan bambu banyak terbatasi oleh bentuknya yang secara alami memang kurang mendukung. Namun dengan aplikasi berbagai teknologi terbaru, bambu-bambu bisa diolah untuk kebutuhan yang dulunya hanya bisa dipenuhi kayu. Misalnya saja penggunaan bambu laminasi untuk struktural. Namun tentu saja untuk kebutuhan ini, Anda akan sangat memerlukan adhesive dengan daya rekat yang baik, yakni lem untuk laminasi bambu terkuat Crossbond.

papan bambu laminasiDilansir dari Springer, Sharma, Ghatoo, dan Ramage telah melakukan penelitian mengenai penggunaan bambu laminasi untuk kebutuhan konstruksi. Menurut ketiga peneliti tersebut, bambu dianggap sebagai material yang menjanjikan dan memiliki potensi besar sebagai alternative kayu. Hal ini termasuk bambu-bambu olahan seperti bambu laminasi yang mirip dengan glue laminated timber. Berdasarkan hal tersebut, ketiganya mencoba menguji bagaimana kemampuan bambu laminasi ketika dipakai untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Dari hasil penelitiannya, disimpulkan bahwa bambu laminasi memiliki karakter yang setara dengan kayu-kayu potongan untuk mendukung kebutuhan konstruksi. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dianjurkan.

Hasil penelitian Sharma dan kawan-kawannya tentu membawa angin segar pada berbagai industri furniture hingga bangunan. Pasalnya, seringkali berbagai industri tersebut mengalami kesulitan mendapatkan kayu-kayu baru yang tidak bermasalah secara hukum. Selama ini, banyak kayu yang digunakan terlalu muda atau malah berasal dari aktivitas penebangan liar. Akibatnya, produk mereka terancam ditolak untuk masuk ke pasaran, terutama pasar ekspor. Adanya alternatif berupa bambu laminasi tentu adalah sebuah kabar menggembirakan. Apalagi ketika berbagai bambu laminasi tersebut ternyata bisa digunakan untuk kebutuhan serupa seperti kayu.

Memerlukan Lem untuk Laminasi Bambu Terkuat

CS Lem Kayu

bambu laminasi

Kemampuan bambu laminasi untuk digunakan sebagai pengganti kayu tentu memerlukan syarat-syarat tersendiri. Yang utama, bambu yang dipilih harus bambu tua yang kualitasnya bagus. Yang kedua, proses pembuatannya pun harus benar-benar maksimal. Alat dan bahan yang digunakan tak boleh dipilih sembarangan, apalagi adhesive sebagai bahan pemersatu bambu laminasi.

Aspek daya rekat adhesive perlu kita utamakan kala membeli lem untuk kebutuhan ini. Dengan demikian, hasil atau produk bambu laminasi yang dihasilkan nantinya bisa benar-benar kuat dan tak mudah rusak.

Crossbond X4 sebagai Lem untuk Laminasi Bambu Terkuat

Dari berbagai lem di pasaran, lem yang kami anjurkan untuk kebutuhan bambu laminasi adalah Crossbond X4. Sebagai PVAc water based, Crossbond X4 merupakan lem putih dengan keamanan baik yang telah dimodifikasi sehingga:

1. Lebih kuat dari lem PVAc biasanya
2. Lebih tahan air bahkan bisa untuk outdoor
3. Lebih cepat kering

em untuk Laminasi Bambu TerkuatSelain itu, Crossbond X4 masih memiliki kekhasan lem PVAc yang terkenal mudah digunakan dan memiliki tingkat keamanan yang baik. Sehingga bukan saja lem untuk laminasi bambu terkuat ini bisa membantu Anda menghasilkan laminated bamboo yang kokoh, namun juga bisa membantu Anda menghasilkan produk ramah lingkungan. Bukankah aspek keamanan saat ini demikian penting diperhatikan?

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here