Memperbaiki Gitar yang Bolong dengan Lem Kayu untuk Gitar Terkuat

0
5365
gitar rusak

langkah memperbaiki gitar berlubang 1Gitar bolong? Meskipun kedengarannya aneh, pada kenyataannya gitar berlubang atau bolong adalah hal yang tak jarang dialami pemilik gitar. Oleh sebab itulah di kesempatan ini, kami akan membagikan tips dan cara memperbaiki gitar yang bolong dengan lem kayu untuk gitar terkuat, Crossbond.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

 

 

Alat dan Bahan

perawatan kayu alami natural oil

1. Kayu biasa atau tripleks sesuai jenis bahan yang digunakan pada gitar.
2. Cutter atau jenis pemotong lainnya
3. Lem kayu untuk gitar Crossbond
4. Repair magnet (kalau Anda punya dan bisa diusahakan)
5. Selotip
6. Kuas atau bahan lainnya untuk mengoleskan lem
7. Koin atau penggaris
8. Alat tulis

Baca Juga : lem crossbond untuk memperbaiki body gitar yang lepas

Cara Memperbaiki Gitar Bolong dengan Lem Kayu untuk Gitar Terkuat Crossbond

Persiapan Alat dan Bahan

Siapkan semua alat dan bahan pada satu ruang untuk menyelesaikan proyek ini. Bila Anda punya, sediakan meja besar agar proses perbaikan menjadi lebih nyaman dilakukan.

promo produk biovarnish wood filler

Atur Posisi Bagian Gitar Bolong

gitar bolongLubang gitar pasti terjadi karena alasan khusus. Bisa karena tertimpa benda tertentu, terbanting, dan berbagai hal lainnya. Yang jelas, biasanya lubang yang dihasilkan tidaklah teratur. Serat-serat kayu pada lubang juga pasti masih banyak terdapat pada area tersebut.

Baca Juga : lem gitar patah yang mudah diaplikasikan

Padahal, kondisi ini jelas akan mengganggu proses perbaikan. Untuk itulah, Anda perlu merapikan dulu bagian yang berlubang. Potong serat kayunya dan bila memungkinkan potong lubang gitar agar bentuknya lebih teratur.

Anda bisa menggunakan koin atau penggaris untuk kemudian membuat lubang gitar menjadi lebih terukur. Tak masalah bila lubang makin besar. Yang penting, bentuknya bisa ditiru dengan mudah.langkah memperbaiki gitar berlubang

Menyiapkan Kayu untuk Menutup Gitar Bolong

Siapkan tripleks atau kayu sesuai yang digunakan gitar Anda. Potong sesuai ukuran lubang. Misal Anda sudah mengatur lubang berukuran sebesar koin 100 rupiah, maka Anda tinggal menjiplak ukuran yang sama pada kayu atau tripleks tersebut.

Pengolesan Lem

lem kayu untuk gitar Gunakan lem kayu untuk gitar terkuat Crossbond. Oleskan Crossbond di bagian sisi kayu. Daya rekat Crossbond yang tinggi akan membantu Anda memastikan lubang tersebut tak gampang lepas di kemudian hari.

Perekatan

langkah menutup lubang gitarPasang kayu pengganti pada bagian gitar yang berlubang setelah diolesi lem. Setelah itu, untuk menjaga kayu tak jatuh atau melenceng, tempel selotip dan posisikan gitar menghadap bawah pada bagian yang berlubang tersebut. Bila memungkinkan gunakan repair magnet. Alat ini akan sangat membantu untuk memposisikan kayu penutup lubang tetap stabil hingga lem mengering.

Selesai

langkah memperbaiki gitar selesaiSetelah lem kering, copot selotip dan repair magnet yang Anda pasang. Pada tahap ini, proses perbaikan telah selesai. Tak sesulit yang dibayangkan bukan? Jangan khawatir lubang tersebut copot atau lepas. Dengan lem kayu untuk gitar terkuat Crossbond, masalah itu tak akan terjadi lagi.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here