Tips Memilih Lem untuk Kayu Jati

0
2023
furniture jati
Mebel dari jati yang berkualitas tak lepas dari kualitas perekatnya.
furniture jati
Mebel dari jati yang berkualitas tak lepas dari kualitas perekatnya.

Popularitas jati dalam industri pengolahan kayu sudah tak perlu diragukan lagi. Kayu ini terkenal dengan kualitasnya yang tanpa tanding. Meski demikian, bukan berarti pengolahan kayu ini dapat dilakukan sembarangan. Bahan-bahan seperti lem untuk kayu jati harus diperhatikan kualitasnya untuk mendapatkan produk yang lebih baik. Apalagi, perekatan memainkan peran vital terhadap kualitas fungsional maupun estetika produk dari jati atau kayu manapun. Kualitas mumpuni kayu ini jelas akan sia-sia bila adhesive yang digunakan bermutu rendah.

Karenanya, berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara untuk mendapatkan bahan perekat kayu jati yang baik.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Lem untuk Kayu Jati

Tipe Perekatan

Ada berbagai jenis tipe perekatan. Anda harus mendefinisikan kebutuhan perekatan tersebut menjadi kriteria bahan perekat yang diperlukan. Misalnya, akan sangat berbeda bila Anda ingin mengelem panel kayu dari jati dengan mengelem komponen mebel dari material tersebut. Perekatan panel kayu adalah tipe perekatan laminasi, sedangkan perekatan komponen mebel adalah tipe perekatan konstruksi. Hal ini berimplikasi pada nilai viskositas hingga daya sebar ideal yang harus Anda dapatkan.

Jenis Jati yang Direkatkan

Salah satu kunci kesuksesan pengeleman terletak pada faktor media yang dilem. Mengelem jati yang berbeda jelas akan memberikan tantangan tersendiri karena sifat media yang juga berbeda. Bahkan mengelem jati dari jenis yang sama tetapi usianya berbeda pun harus dicermati terlebih dahulu.

Penggunaan Produk yang Direkatkan

Akan digunakan untuk apa produk yang dihasilkan? Secara umum, lem yang baik adalah lem yang tahan panas, tahan solvent, hingga tahan air. Akan tetapi, terkadang harus dipenuhi karakter khusus karena kebutuhan yang juga khusus. Misalnya, mengelem lantai kayu luar ruangan bisa saja berbeda dengan mengelem lantai kayu dalam ruangan. Sebab, kondisi luar ruangan memberikan tantangan perubahan cuaca termasuk eksposi hujan yang jauh lebih besar.

Kualitas Ramah Lingkungan

Apabila Anda menyasar pasar Eropa atau Amerika, berhati-hatilah memilih lem agar tidak mendapatkan produk mengandung bahan-bahan terlarang. Misalnya di Amerika Serikat, penggunaan lem mengandung formalin sudah sangat dibatasi.¬† Untuk lebih amannya, selalu andalkan produk-produk adhesive ramah lingkungan seperti Crossbond™.

Pelayanan Pembeli dan Kejelasan Informasi

Karena pengeleman adalah proses kompleks, Anda akan sangat membutuhkan informasi memadai mengenai produk lem yang digunakan. Misalnya saja informasi terkait kecocokan lem dengan jenis kayu tertentu atau cara aplikasinya pada  kondisi spesial.

Demikian 5 tips membeli lem untuk kayu jati. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here