Ayo, Gunakan Lem untuk Konstruksi Kayu Jati yang Bagus!

0
984

Dalam pengolahannya, meski sudah memiliki kekuatan sangat baik, namun jati tetap membutuhkan dukung adhesive yang tepat. Apa lem untuk konstruksi kayu jati yang bagus digunakan?

Tectona grandis adalah nama lain dari jati. Jati sendiri merupakan salah satu jenis kayu yang sangat banyak digunakan untuk material mebel sekaligus konstruksi bangunan. Pada proses pengolahan kayu kelas 1 ini, baik untuk menjadi furniture maupun rangka bangunan, dibutuhkan lem untuk kayu jati yang tepat. Terutama bila lem tersebut dimaksudkan untuk mendukung penyambungan yang merupakan inti kekuatan sebuah produk.

Memang, bila kita hanya melihat dari jatinya saja, material tersebut sudah memiliki kekuatan yang sangat baik. Namun untuk menghasilkan sebuah produk, jati tak bisa hanya didiamkan begitu saja. Jati harus dibentuk menjadi elemen-elemen yang kemudian disambungkan satu sama lain. Titik-titik penyambungan inilah yang membutuhkan lem untuk konstruksi kayu jati yang kualitasnya bagus.

pagar tampil baru dengan Orchid

Bagaimana Cara Mendapat Lem yang Tepat untuk Produk Jati?

Sebenarnya untuk memilih lem yang tepat untuk konstruksi jati, kita bisa membeli adhesive menurut aspek-aspek pemilihan lem secara umum. Ada sangat banyak hal yang perlu diperhatikan, misalnya:

Aspek Kekuatan dan Tahan Lama

Aspek pertama, perhatikanlah kekuatan dan ketahanan lem. Pilih lem yang sudah teruji kuat dan tahan lama. Aspek ini merupakan salah satu aspek inti dan terkait langsung dengan tujuan utama dari sebuah proses pengeleman. Apa gunanya lem diogunakan apabila tidak berdaya rekat kuat? Atau lem sangat kuat namun ternyata mudah rusak?

Lem Indoor atau Outdoor?

Perlu diperhatikan bahwa tak semua lem bisa digunakan untuk outdoor. Lem-lem indoor sebaiknya digunakan untuk kebutuhan indoor saja. Memang bila kita hanya bicara mengenai jatinya saja, material tersebut sudah sangat tahan cuaca. Namun bila ikatan lem rusak karena memaksakan penggunaan lem indoor untuk outdoor, pada akhirnya sambungan kayu juga menjadi rusak dan produk jati secara keseluruhan pun akan rusak. Sangat merugikan bukan?

Baca Juga:  Kualitas Lem untuk Bambu Jadi Syarat Suksesnya Bamboo Craft

Keamanan Adhesive

Selain berbagai aspek penting yang sifatnya teknis kala membeli lem untuk konstruksi kayu jati di atas, aspek keamanan jangan sampai kita lupakan. Apalagi bila Anda hendak mengekspor produk keluar negeri. Jati sendiri termasuk salah satu kayu yang produknya sering melalang buana ke berbagai negara. Tentu saja lem yang digunakan tidak bisa dipilih secara sembarangan sembarangan. Apalagi untuk jati-jati yang dimanfaatkan untuk furniture seperti kabinet dapur. Ingat, aturan mengenai keamanan di negara ekspor seringkali sangat ketat!

Kemudahan Aplikasi

Kemudahan aplikasi sangat perlu diperhatikan karena terkait langsung dengan biaya atau cost of production. Semakin mudah lem digunakan, maka ia akan semakin menekan budget. Lem yang cara aplikasinya mudah juga akan membuat alur pengerjaan produk menjadi lebih cepat dan demikian bisa mengefisienkan tenaga serta biaya.

Harga

Faktor terakhir namun tak kalah penting dalam pemilihan lem untuk kosntruksi kayu jati adalah harga adhesive tersebut. Apakah harga yang dipasang masuk akal dibandingkan dengan kualitasnya? Misalnya lem Crossbond X3. Lem ini sangat kami rekomendasikan untuk berbagai kebutuhan perekatan rangka. Crossbond X3 sudah teruji kuat dan memiliki standar keamanan internasional. Harga adhesive ini hanya Rp. 45.000,- saja. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa lem ini termasuk lem yang berkualitas namun harganya terjangkau.

Lem untuk Konstruksi Kayu Jati

Demikian beberapa tips untuk memilih lem untuk konstruksi kayu jati. Semoga bermanfaat ya!

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here