Membuat Papan Bambu dengan Lem untuk Laminasi Bambu Crossbond X4

0
2333
membuat papan bambu

Berbagai metode pengolahan bambu menjadi papan sudah dikembangkan. Namun tetap saja, kebutuhan lem untuk laminasi bambu Crossbond X4 tidak tergantikan.

produk bambuHampir tiap tahun, kita mendengar berita mengenai berbagai inovasi menggunakan bahan bambu. Mulai dari sepeda yang terbuat dari bambu, berbagai kerajinan tradisional yang didesain modern, dan berbagai hal lainnya. Produk-produk tersebut sering menggunakan bambu namun dalam kondisi sudah berbentuk papan. Hal ini tentu membuat kita bertanya-tanya: bagaimana caranya papan bambu dibuat?

Bamboo board atau papan bambu pastilah harus mengalami proses pengolahan tersendiri. Pasalnya, bahan asli bambu memiliki bentuk tabung-silinder.

Hingga saat ini, proses pengolahan bahan bambu telah bisa dilakukan dengan berbagai metode. Alat-alat untuk membuatnya pun semakin canggih dari waktu ke waktu. Namun teknik dasar pengolahan papan bambu sebenarnya hampir sama. Kebutuhan akan lem berkualitas seperti Crossbond X4 juga masih sama-sama dibutuhkan pada berbagai metode tersebut. Berikut ini rincian langkah-langkah tersebut menggunakan Crossbond X4.

Membuat Papan Bambu dengan Lem untuk Laminasi Bambu Crossbond X4

CS Lem Kayu

papan bambu dibuatLangkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan panen pada bambu yang usianya sudah dirasa ideal. Untuk membuat laminasi bambu, hindari memilih bambu yang ukurannya kecil. Gunakan alat-alat seperti gergaji, pisau, dan berbagai alat perkebunan lainnya.

Langkah kedua, potong bambu memanjang dan seragam. Di sini, Anda bisa memanfaatkan mesin khusus yang memang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Setelah tahap pemotongan selesai, aplikasikan pengawet kayu. Tujuan dari langkah ini adalah agar bambu tidak mudah terserang jamur dan serangga di kemudian hari. Produk yang kami sarankan adalah BioCide Insecticide sebagai antiserangga dan BioCide Wood Fungicide sebagai antijamur.

Berikutnya, pilih bambu berdasarkan karakternya. Sehingga nanti bisa disatukan bambu-bambu yang lebih seragam satu sama lain. Barulah setelah ini, proses laminasi dilakukan. Laminasi dilakukan dengan memanfaatkan lem untuk laminasi bambu Crossbond X4, pemanasan, dan atau penyinaran menggunakan UV. Untuk tahap akhirnya, gunakan mesin khusus seperti pada gambar di bawah ini.

membuat papan bambu

Sederhana bukan berbagai tahapan di atas? Namun tentu saja, kualitas produk bambu yang dihasilkan belum tentu sama. Kecermatan, penggunaan lem untuk laminasi bambu Crossbond dengan kualitas terbaiknya, hingga penggunaan mesin-mesin canggih akan membuat papan bambu makin berkualitas dan laku di pasaran.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here