Cara Membuat Papan Meja Menggunakan Lem Crossbond

    0
    247
    membuat papan meja table top
    Image: flickr.com/photos/chanceprojects/34193490115

    Bagaimana ya cara membuat papan meja? Apakah sisi-sisinya bisa langsung direkatkan menggunakan Crossbond dan biscuit joint?

    Salah satu mebel yang paling banyak digunakan manusia adalah meja. Di ruang tamu, di ruang kerja, bahkan di dapur tempat bersantap ria bersama keluarga terdapat meja.

    Dalam industri kayu, meja adalah salah satu produk yang paling banyak dibuat. Hal ini disebabkan jumlah permintaan meja yang cukup tinggi.

    Proses pembuatan meja sendiri cukup mudah dilakukan. Meski ada beberapa kesulitan yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah memastikan papan meja rata dan lurus.

    Kesulitan Membuat Papan Meja

    Papan meja (table top) adalah bagian meja yang terletak di atas dan memiliki permukaan lebar. Di bagian inilah fungsi dari meja bisa kita rasakan.

    Pembuatan papan meja secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Kita hanya perlu menyatukan beberapa papan kayu menggunakan lem yang bagus. Namun pada praktiknya, banyak tukang kayu pemula yang kesulitan karena papan yang digunakan tidak rata dan lurus.

    Bahan dan Peralatan untuk Membuat Papan Meja

    1. Papan kayu sejumlah yang Anda butuhkan
    2. Penggaris woodworking
    3. Pensil
    4. Clamp presss
    5. Lem Crossbond
    6. Mesin jointer
    7. Kuas atau roll untuk aplikasi lem
    8. Lap bersih dan air
    9. Meja besar untuk tempat kerja
    10. Sambungan biscuit
    11. Ampelas

    lem crossbond untuk sambungan papan meja
    Lem Crossbond bisa digunakan untuk menyambungkan papan mejs

    Langkah-langkah Pembuatan Papan Meja

    Setelah semua alat dan bahan di atas siap, silahkan ikuti 5 langkah di bawah ini.

    1. Preparasi Papan Kayu yang Lurus dan Rata

    Papan meja terdiri dari beberapa potongan kayu yang disatukan melebar. Namun, kayu yang digunakan tidak boleh dipilih secara sembarangan. Untuk pembuatan papan meja, wajib hukumnya menggunakan kayu yang rata permukaannya dan lurus sisi sampingnya.

    Mengapa harus begitu? Bayangkan bila ada satu saja kayu yang sisinya miring, apan meja tidak akan rapat karena memiliki celah di bagian yang miring tersebut.

    Ada berbagai cara untuk mendapatkan papan yang sudah siap seperti ini. Anda bisa membeli potongan yang sudah jadi atau mengolahnya langsung dari log tebangan pohon yang Anda punya. Silahkan pilih sesuai dengan kondisi dan kemampuan. Namun sekali lagi, pastikan potongan rata dan lurus, ya.

    2. Pembuatan Struktur Sambungan Biscuit

    biscuit joint
    Sambungan biscuit untuk menyambungkan papan meja

    Untuk membuat papan meja, sambungan yang paling mudah dan umum diterapkan adalah sambungan biskuit (biscuit joinery). Sambungan ini terdiri dari kepingan kayu pipih bulat telur dan struktur lubang di sisi-sisi papan.

    Sambungan biscuit memang tak mudah dibuat untuk woodworker pemula. Apalagi dengan peralatan seadanya. Namun dengan cara kerja yang telaten, sambungan ini akan bisa Anda wujudkan dengan ukuran yang cukup presisi.

    3. Pengaturan Awal dengan Clamp Press

    Katakanlah sekarang Anda sudah punya papan yang siap dibuat menjadi papan meja. Sebelum proses perekatan dilangsungkan, cek dulu kekurangannya dengan menggunakan clamp press.

    Jangan terburu-buru untuk langsung membuat papan meja dengan melakukan pengeleman. Salah-salah papan meja yang dihasilkan malah tidak rata dan lurus.

    Untuk mengeceknya, silahkan posisikan kayu di meja. Bila Anda ingin mengecat meja tersebut dnegan finishing natural look, atur dengan baik kayu menurut pola serat dan gradasi warnanya.

    Agar susunannya tidak tertukar, buat pola huruf V di atas papan-papan tersebut. Jadi, nanti Anda bisa memasangnya kembali sesuai dengan susunan ini dengan cara membentuk ulang huruf V.

    Setelah diatur, ikat menggunakan clamp press. Perhatikan dengan baik apakah masih ada celah di antara kayu-kayu itu? Tandai dengan pensil untuk kemudian dikikis dengan amplas atau dipotong dengan jointer.

    Setelah itu, lihat rata tidaknya permukaan meja. Gunakan kayu yang lurus untuk mengetahui hal ini. Letakkan kayu lurus tersebut dan perhatikan apakah ada celah di sisi bawahnya. Bila ada, berarti table top tersebut belum rata sehingga perlu diluruskan dengan jointer atau amplas terlebih dahulu.

    4. Perekatan dengan Lem Crossbond

     

    Cara mengaplikasi lem pada papan meja dengan sistem clamp
    Proses aplikasi lem pada papan meja

    Setelah semua komponen rata dan lurus, kini saatnya mengaplikasikan lem. Ambil Crossbond yang sudah Anda siapkan dan oleskanlah di sisi-sisi tiap papan kayu.

    Cara aplikasi lem bisa menggunakan kuas atau roller kecil. Setelah dioleskan, satukan papan kayu menggunakan biscuit joinery yang juga sudah Anda sediakan sebelumnya.

    Stabilkan ikatan tersebut menggunakan clamp press. Kencangkan hingga sebagian lem muncrat ke arah luar garis sambungan. Bila lem belum keluar, artinya Anda terlalu sedikit dalam menggunakan lem dan beresiko menyebabkan papan meja menjadi tidak kuat. Pastikan Anda menggunakan lem dalam jumlah yang cukup, ya.

    5. Pembersihan

    Setelah clam press dilepas, kini Anda tinggal memastikan table top tersebut terlihat lebih indah dan bersih. Jadi, silahkan bersihkan noda lem dengan lebih teliti.

    Setelah itu, buatlah komponen meja yang lainnya. Sebab membuat papan meja saja tidak akan cukup untuk mewujudkan furniture yang lengkap dan juga fungsional.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here