Info Harga dan Merek Lem Plastik Tahan Air Tahun 2022

0
104
lem plastik tahan air

Berapa harga lem plastik tahan air di tahun 2022? Seperti apa contoh kebutuhan yang memerlukan lem plastik yang tahan air tersebut?

Plastik merupakan salah satu bahan yang telah digunakan sejak berdekade yang lalu. Kemunculannya menandai era baru di mana bahan organik mulai disisihkan. Seiring berjalannya waktu pemakaian plastik semakin masif karena dinilai lebih murah dan mudah didistribusikan.

Hanya saja, isu sulitnya plastik terurai membuat pemakaian bahan ini dipandang negatif oleh banyak kalangan masyarakat. Penggunaan plastik pun sedikit demi sedikit mulai dikurangi. Meski, untuk beberapa kebutuhan plastik hampir tak tergantikan.
Oleh karena sifat plastik yang tak tergantikan, di pasaran dijual bahan-bahan penunjangnya. Salah satunya adalah perekat. Perekat diperlukan untuk menyambungkan satu komponen plastik dengan yang lain, memperbaiki bagian yang rusak, sekaligus sebagai gap filling.

Perlu Lem Plastik Tahan Air

Kenapa kita membutuhkan lem plastik harus tahan air? Sebab dalam banyak kasus, bahan plastik digunakan untuk keperluan yang lebih sering terkena air. Hal ini dikarenakan sifat plastik yang tidak berkarat seperti logam atau lapuk seperti kayu.

Namun, penggunaan plastik untuk keperluan tersebut tentu mensyaratkan bahan penunjangnya juga tahan air. Oleh karena itulah penting mencari lem plastik dengan sifat anti-air atau setidaknya water resistance.

Harga Lem Plastik Tahan Air di Tahun 2022

Tersedia cukup banyak lem untuk plastik yang memiliki karakter tahan air yang cukup bagus. Namun berdasarkan jenisnya, setidaknya lem-lem tersebut bisa dibagi dalam 5 kategori. Berikut ini penjelasan tiap jenis sekaligus informasi harga terbaru yang berlaku tahun 2022. Harga ini mungkin juga berlaku hingga beberapa tahun mendatang.

ini lem plastik tahan air
Selaain pipa plastik, pipa besi juga butuh lem yang tahan air

Super Glue

Kisaran harga lem super glue atau cyanoacrylate, mulai dari Rp3000 untuk kemasan kecil hingga ratusan ribu untuk kemasan besar.

Super glue adalah pilihan yang disarankan untuk menyambungkan beberapa jenis plastik. Tipe lem ini, ideal untuk bahan plastik dari polyethylene atau polypropylene.

Super glue memiliki kecepatan kering yang tinggi. Produk ini dibuat dari ethyl cyanoacrylate dan senyawa ester sejenis. Super glue telah digunakan di bidang industri, medis, hingga rumah tangga. Sifatnya yang cukup aman (toksisitas rendah) membuat super glue disukai banyak orang.

Epoksi

Kisaran harga lem tahan air dari epoksi kurang lebih Rp50.000 untuk kemasan 1 Kg.

Terdapat 2 jenis produk epoksi yang bisa digunakan untuk lem plastik. Yang pertama khusus sebagai bahan perekat, yang kedua adalah epoksi duty yang berfungsi untuk gap filling.

Epoksi sendiri adalah lem 2 komponen yang perlu dicampurkan hardener sebelum direkatkan. Lem ini menghasilkan lapisan keras yang tidak rusak terkena paparan air terus-menerus.

Solvent Cement

Kisaran harga lem solvent cement setidaknya di angka Rp100.000 untuk kemasan 1 Kg.

Solvent cement adalah produk ideal untuk menambal atau merekatkan material PVC. Berbeda dengan super glue dan epoksi, solvent cement tida hanya untuk merekatkan plastik, namun bisa melelehkannya juga. Proses perekatannya terjadi secara intens dalam wujud ikatan kimia.

Produk ini terdiri atas 2 bagian yang digunakan dalam langkah yang berbeda. Pertama, primernya diaplikasika dulu untuk melunakkan permukaan PVC. Setelah itu, semennya diterapkan untuk merekatkan bahan plastik.

Bahan plastik ditempelkan selama kira-kira 30 detik. Selama proses ini berlangsungm area perekatan tersebut dibiarkan tetap stabil. Setelah itu, biarkan lem mengering dengan menunggu beberapa jam.

Bagi Anda yang ingin mengelem pipa dengan diameter lebih dari 3 inchi, lem ini sangat disarankan. Sebab selain kuat dan tahan air, sifatnya juga cukup aman.

PU

Kisaran harga lem tahan air PU berada di angka Rp100.000 untuk kemasan 1 Kg.

Lem PU atau polyurethane merupakan lem yang terdiri atas 2 komponen. Secara umum, lem ini memiliki sifat yang agak mirip dengan epoksi. Hanya saja, PU memiliki beberapa karakter tersendiri yang membuatnya memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan epoksi. Misal, PU tidak begitu merepotkan dibandingkan epoksi. Namun demikian, lem ini tak sekuat epoksi ketika harus menahan beban berat.

Silikon

Kisaran harga lem Silikon, yaitu Rp15.000 untuk kemasan sedang

Lem silikon adalah lem yang umum digunakan untuk merekatkan kaca akuarium. Lem ini banyak disukai karena memiliki tingkat keamanan yang baik. Selain itu, lem silikon juga memiliki ketahanan prima terhadap air, panas, minyak, dan faktor lain yang bisa menyebabkan kerusakan. Selain pemakaiannya untuk pembuatan akuarium, beberapa jenis lem silikon juga sudah digunakan untuk industri berskala besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here