Informasi Terbaru Harga Triplek Tahun 2021 dan Lem yang Kami Sarankan

0
180
harga triplek

Berapa harga triplek untuk tahun 2021? Simak penjelasannya di bawah ini. Pada dasarnya harga plywood sangat tergantung menurut ketebalan, jenis kayunya, hingga lebarnya.

Pernahkah Anda naik kereta dan memerhatikan dinding yang digunakan? Beberapa jenis kereta menggunakan bahan plywood sebagai wall interior. Salah satunya adalah kereta cepat China yang memanfaatkan plywood berkualitas tinggi agar bagian dalamnya terlihat menawan.

Plywood atau triplek (dan multipleks) dengan demikian merupakan material kayu yang penggunaannya sangat beragam. Meski selama ini lebih dikenal sebagai material untuk meja dan bagian belakang buffet, toh nyatanya triplek bisa memberikan kesan mewah juga.

Sebagai engineered wood yang dibuat dari lembar-lembar tipis kayu sendiri, tripleks memang diproduksi dengan alasan yang spesifik. Material ini secara umum ditujukan untuk penggunaan:

  1. Kayu lebar yang tipis
  2. Lembaran kayu yang sedikit banyak bisa dilengkungkan
  3. Kayu lebar untuk harga yang lebih terjangkau

Berapa Harga Triplek?

Iklan Biothane Banner perkenalan CS Lem Kayu

Hingga saat ini, kayu lapis telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Alasannya karena material ini menawarkan beberpa kelebihan. Contohnya saja dari segi harga.

Dibanding harga kayu solid dengan lebar yang sama, harga multipleks jauh lebih murah. Bobotnya yang ringan juga memungkinkannya untuk didistribusikan dengan lebih leluasa.

Contohnya saja untuk ekspor dan impor beberapa jenis kayu yang diproduksi di negara tertentu saja. Pengiriman kayu solid jelas sangat sulit. Selain mahal dan berat, banyak negara yang melarang ekspor kayu solid. Sehingga pilihannya kemudian adalah mengekspor barang jadi seperti mebel ataupun kayu olahan seperti plywood.

Di pasar lokal sendiri, penggunaan kayu lapis begitu disukai. Sebab pengrajin bisa memanfaatkannya untuk membuat mebel yang harganya lebih terjangkau. Contohnya saja untuk membuat almari. Bila dibuat menggunakan kayu lapis, kenaikan harga almari bisa lebih dari 100% harga produk yang sama tapi berbahan plywood.

Lantas berapa harga triplek untuk tahun 2021 ini? Sebenarnya, harga produk tersebut tak begitu berbeda dibanding harga di tahun sebelumnya. Hanya saja, kadang-kadang terjadi kenaikan harga yang disebabkan oleh pandemi covid-19.

harga triplek

Berikut ini beberapa contoh daftar harga multipleks untuk tahun ini.

Harga Triplek Albasia Ukuran 122 x 244cm

  1. 3 mm: Rp. 50.000,-
  2. 4 mm: Rp. 80.000,-
  3. 8 mm: Rp. 85.000,-
  4. 9 mm: Rp. 125.000,-
  5. 12 mm: Rp. 150.000,-
  6. 15 mm: Rp. 175.000,-
  7. 18 mm: Rp. 165.000,-

Harga Triplek Sengon Ukuran 122 x 244 cm

  1. 4 mm: Rp. 50.000,-
  2. 8 mm: Rp. 80.000,-
  3. 9 mm: Rp. 90.000,-
  4. 12 mm: Rp. 120.000,-
  5. 15 mm: Rp. 150.000,-
  6. 18 mm: Rp. 168.000

Harga Kayu Lapis Meranti Ukuran 122 x 244 cm

  1. 3 mm: Rp. 45.000,-
  2. 4 mm: Rp. 55.000,-
  3. 8 mm: Rp. 85.000,-
  4. 9 mm: Rp. 95.000
  5. 12 mm: Rp. 150.000,-
  6. 15 mm: Rp. 180.000,-
  7. 18 mm: Rp. 230.000,-

Catatan: daftar harga di atas kadang tidak sama persis dengan harga di pasaran. Sebab, harga produk di lapangan dipengaruhi oleh berbagai hal mulai dari kebijakan pemilik toko sampai lokasi pembelian. Gunakan daftar di atas sebagai gambaran besar untuk menghitung budget yang harus Anda keluarkan.

Faktor yang Memengaruhi Harga Particle Board

Secara umum, berdasarkan daftar harga di atas, beberapa faktor yang memengaruhi nominal pembelian untuk plywood adalah:

  1. Ketebalan. Faktor ketebalan sangat memengaruhi harga multipleks. Semakin tebal, maka harganya pun semakin mahal.
  2. Jenis kayu. Perbedaan jenis kayu juga memengaruhi perbedaan harga. Secara umum, kayu keras (hardwood) dan yang dikenal memiliki kualitas lebih baik dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.
  3. Lebar plywood. Lebar plywood juga memengaruhi harganya.
  4. Brand. Tiap brand menetapkan harga produknya sendiri-sendiri
  5. Feature lain seperti kualitas eco friendly, ketahanan, feasibilitas untuk dilengkungkan, dan lain sebagainya

Untuk Lem Triplek, Andalkan Crossbond X4

untuk perekatan pada plywood, gunakan selalu lem Crossbond X4. Crossbond X4 adalah lem laminasi yang sangat ideal digunakan untuk triplek.

Anda dapat menggunakan Crossbond X4 untuk merekatkan veneer dekoratif pada permukaan tripleks. Selain itu, lem ini juga bahkan bisa digunakan untuk pembuatan plywood itu sendiri. Selain itu, pada aplikasi plywood sebagai dinding rumah hingga moda transportasi (seperti kereta api), permukaan meja kantor, dan lainnya, Crossbond X4 juga sangat bisa diandalkan.

Crossbond X4 sendiri adalah polyvinyl acetate atau PVAc water based adhesive. Lem ini diformulasikan secara khusus untuk perekatan di area yang luas.

Keunggulan Lem Crossbond X4

Kenapa lem Crossbond X4 dan bukan yang lain? Sebagian dari Anda mungkin bertanya demikian, dan jawabannya adalah karena:

  1. Crossbond X4 adalah lem khusus untuk laminasi, jadi memang sangat cocok untuk kebutuhan ini
  2. Lem ini mudah menyebar, viskositasnya pun tidak pekat namun sangat kuat
  3. Berdaya rekat tinggi
  4. Ikatan adhesive yang sangat stabil
  5. Merupakan lem yang sangat mudah digunakan
  6. Penggunaan yang sangat hemat
  7. Harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan adhesive laminasi kebanyakan
  8. Dibuat dengan standar keamanan yang sangat baik dan sesuai regulasi dari pemerintah
  9. Tidak menyebabkan glue line ataupun lapisan lem tebal yang jelek

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, Crossbond X4 akan memberikan perekatan yang baik, berapapun harga triplek yang Anda miliki.

Cara Mendapatkan Crossbond X4

Tertarikkah Anda dengan berbagai keunggulan Crossond X4 di atas? Bila iya, tunggu apa lagi untuk memesan adhesive ini? Crossbond sebagai lem laminasi akan memenuhi kebutuhan perekatan Anda dengan sangat ideal.

Lem ini pun mudah sekali dipesan. Anda bisa memesan secara daring ataupun secara langsung. Untuk memesan secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami ea gen-agen Bio Industries dan Bio Service Point. Sedangkan untuk pemesanan secara daring, Anda bisa menghubungi CS kami untuk kemudian dipandu step by step-nya.

Simpulan

Menurut penjelasan di atas, ada beberapa poin yang bisa disimpulkan, yaitu:

  1. Tripleks atau kayu lapis adalah lembaran tipis kayu yang disatukan menggunakan bahan lem dan resin khusus.
  2. Salah satu tujuan pembuatan multipleks adalah untuk memenuhi kebutuhan kayu lebar yang tidak tebal. Misalnya untuk plafon, pembuatan furniture kantor, hingga untuk membuat pintu geser.
  3. Harga triplek sendiri bervariasi, termasuk untuk harga di tahun 2021 ini.
  4. Namun secara umum, harga produk ditentukan oleh ketebalannya, lebarnya, hingga jenis kayu yang digunakan.
  5. Untuk perekatan triplek, andalkanlah lem yang terbaik, yakni lem Crossbond X4. Crossbond X4 bisa digunakan untuk merekatkan lembaran veneer dekoratif hingga pengeleman plywood sebagai dinding kereta api.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terus setia mengupdate artikel menarik lainnya di lemkayu.net!

Iklan Biothane utama CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here