7 Keuntungan Memasang Wallpaper pada Tripleks dan Tips Melakukannya

0
52
memasang wallpaper pada triplek

Punya tembok berbahan triplek? Kenapa tidak pasangi saja menggunakan wallpaper? Ada banyak lho keuntungan memasang wallpaper pada triplek. Apalagi bila Anda bisa memasangnya dengan rapi dan baik.

Triplek atau plywood adalah salah satu kayu olahan yang dewasa ini banyak dipakai untuk sekat rumah. Penggunaan triplek meningkat karena harganya yang murah dan pemasangannya yang sangat mudah. Hanya saja, kayu olahan ini memang punya beberapa kekurangan. Salah satunya terletak pada tampilannya yang kurang bagus.

Namun demikian, kekurangan ini sejatinya bisa diatasi lho. Salah satunya adalah dengan menggunakan wallpaper. Pelapis dinding dekoratif itu akan membuat tampilan plywood yang tadinya kurang bagus menjadi indah dan sesuai selera kita. Penggunaannya pun secara umum sangat menguntungkan.

Apa saja keuntungan pemasangan wallpaper ke plywood? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

7 Keuntungan Memasang Wallpaper pada Triplek

Indah

CS Lem Kayu

Sekat interior berbahan triplek, sebagaimana disebut di atas, tak bisa dipungkiri memang terlihat kurang menarik. Ruang akan terlihat kurang elegan sebab tampilan tripleks yang dipakai pun biasanya tidak memiliki keindahan yang tingi.

Dengan pemasangan wallpaper, hal seperti ini bisa dihindari. Anda bisa mengubah ruangan yang tadinya terlihat kurang bagus menjadi sangat artistic. Misalnya saja dengan memasang wallpaper floral (bunga), ruangan Anda bisa terlihat menawan dengan gaya shabby chic.

Atau, bila Anda memasang wallpaper dengan warna beludru maroon, maka ruangan Anda bisa terlihat dengan kesan mewah. Orang-orang pun tak akan menyangka bahwa di balik dinding bermotif indah itu adalah sekat tripleks.

Alternatif Penggunaan Cat yang Sulit

Aplikasi pemasangan wallpaper pada triplek sama sekali tidak sulit dilakukan. Anda tinggal:

  1. Memotong wallpaper sesuai ukuran sekat triplek
  2. Membersihkan kedua permukaan dari kotoran dan debu
  3. Mengoleskan lem Eva Phaethon ke wallpaper
  4. Merekatkan wallpaper ke dinding plywood
  5. Menunggu hingga kering

Yang terpenting adalah hati-hati dalam aplikasi serta menggunakan lem yang bagus seperti Eva Phaethon. Dan voila, Anda pun sudah bisa menyulap ruangan yang tadinya biasa saja menjadi indah.

Metode ini bagaimanapun juga lebih mudah dibanding bila Anda menggunakan cat. Bahan plywood biasanya memiliki porositas (daya serap cairan) yang berbeda-beda. Ketika kita mengecatnya, maka warna cat tidak akan terlihat rata. Ada bagian yang warnanya tajam, namun ada bagian yang warnanya terlihat pudar. Karena itulah, pemakaian wallpaper menjadi alternative yang sebenarnya sangat disarankan.

Variatif

Bagi Anda yang ingin memasang wallpaper pada triplek, Anda sama sekali tak perlu khawatir dengan tampilan yang monoton. Produk wallpaper di pasaran sangat beragam. Polanya variatif, pun warnanya terdiri dari aneka pilihan.

Ada pelapis dinding yang hadir dengan motif garis, motif hewan, motif bunga, hingga tanpa motif. Warnanya pun ada yang berwarna vintage, rustic, pastel, hingga keemasan. Semuanya tersedia dan bisa Anda pilih. Bilapun Anda tak mendapatkan tampilan sesuai keinginan, Anda bisa melakukan pembelian secara daring.

memasang wallpaper pada triplek

Harga Beragam

Harga wallpaper sangat beragam. Ada yang harganya hanya belasan ribu per 1 meter persegi, namun ada juga yang harganya hingga ratusan ribu untuk ukuran yang sama. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Contoh, untuk sekat ruang tamu, Anda bisa membeli wallpaper yang harganya agak mahal supaya ruang tersebut hadir dengan kesan yang lebih berkelas. Sedangkan untuk ruang lain, Anda bisa berkompromi dengan membeli wallpaper yang harganya lebih murah.

Melindungi Tripleks

Memasang wallpaper pada triplek juga merupakan salah satu cara melindungi triplek itu sendiri. Ingat, triplek adalah salah satu jenis kayu olahan. Tingkat keawetan kayu olahan sudah pasti di bawah kayu solid.

Kayu olahan lebih rentan diserang jamur dalam kondisi ruangan lembab. Kayu seperti ini juga lebih mudah dimakan dan dirusak oleh serangga seperti rayap dan teter. Pemasangan pelapis akan memberikan perlindungan yang menahan hama-hama itu.

Tak Sulit Diterapkan

Seperti diterangkan dijelaskan di poin 2, aplikasi finishing tempel secara umum lebih mudah dibanding aplikasi cat pada plywood. Yang Anda perlu perhatikan hanyalah kehati-hatian saat menempelkan wallpaper dan memastikan penggunaan lem yang kualitasnya bagus seperti lem Eva Phaethon.

Cepat

Proses pemasangan wallpaper pada triplek jelas tak memakan waktu lama. Anda toh tinggal menempelkannya saja pada dinding yang diinginkan. Hal ini berbeda dengan aplikasi cat yang kadang memakan waktu hingga beberapa hari.

Aplikasi cat solvent based malah membutuhkan waktu hingga 1 minggu supaya cat mengering. Sebelum 1 minggu, cat masih akan mengeluarkan bau pedas yang bukan hanya tidak enak namun juga sangat beracun.

Tips Memasang Wallpaper pada Triplek

  1. Ukuran itu penting. Jadi ukurlah dengan presisi dan baik supaya hasil pemasangannya rapi.
  2. Gunakan pensil dan penggaris panjang untuk membuat garis pada triplek. Garis tersebut bisa digunakan sebagai penanda lurus dan tidaknya pemasangan wallpaper.
  3. Sekali lagi, gunakan lem yang bagus seperti Eva Phaethon. Jangan sembarangan menggunakan lem karena hasilnya bisa jadi tidak rekat. Padahal, setelah diolesi lem, Anda tak bisa membasuhnya lagi lalu menerapkan lem baru. Kalaupun bisa pasti sangat merepotkan.
  4. Kadang-kadang, ada produk wallpaper yang bagian belakangnya sudah ada lemnya. Meski praktis, tapi kadang-kadang lapisan perekat tersebut sudah kering. Jadi hati-hatilah saat membeli produk seperti ini.
  5. Pilih wallpaper dengan corak dan warna sesuai desain ruangan. Dengan demikian, tampilan ruangan Anda terlihat lebih pas dan indah.

Ayo Beli dan Gunakan Eva Phaethon

Kami sedia lem Eva Phaethon lho. Yuk beli dan dapatkan adhesive ini. Anda bisa membelinya secara online ataupun secara langsung. Untuk membeli secara online, silahkan ke toko online langganan Anda. Atau, pesan ke CS kami. Sedangkan bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen Bio Industries.

Ingin tanya-tanya dulu? Tak masalah. Silahkan hubungi saja CS kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini.

Penutup

  1. Karena harganya yang terjangkau, saat ini banyak orang yang menggunakan sekat dari bahan triplek. Meski, tak bisa dipungkiri bahwa tampilan plywood sama sekali tidak menarik.
  2. Penggunaan wallpaper sejatinya bisa menutupi kekurangan tersebut. Wallpaper adalah pelapis dekoratif yang hadir dengan berbagai varian warna dan juga pola.
  3. Memasang wallpaper pada triplek pun memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah kemudahan aplikasi. Cukup dengan kehati-hatian dan penggunaan Eva Phaethon, Anda sudah bisa memasang wallpaper dengan benar.
  4. Wallpaper juga hadir dengan varian motif dan warna yang beragam. Hal ini membuatnya bisa dipilih sesuai selera.
  5. Secara keseluruhan, pemasangan wallpaper ke plywood memang lebih banyak memberikan keuntungan dibanding kerugian.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan andalkan selalu lem Eva Phaethon.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here