Lem untuk Wallpaper: Jangan Sekedar Kuat!

0
3347
wallpaper-cantik

Jika Anda pikir memilih lem untuk wallpaper bisa dilakukan hanya dengan pertimbangan daya rekatnya, maka Anda akan rugi. Ada berbagai aspek lain yang sama krusialnya dengan daya rekat.

wallpaper-cantikPenggunaan wallpaper memang masih jarang di Indonesia. Namun bukan berarti ke depannya akan terus begitu. Globalisasi akan menyebabkan trend penggunaan wallpaper makin meningkat. Apalagi, produk ini menawarkan sesuatu yang tak bisa dihadirkan cat. Dengan penggunaan wallpaper, ruangan Anda akan tampak lebih cantik dengan berbagai motif dan gambar yang menarik.

Namun dalam penggunaan wallpaper ini, kita juga harus memperhatikan banyak aspek lain. Contohnya lem. Apa jadinya bila kita menggunakan lem yang buruk dalam pemasangan wallpaper?

Lem harus cocok digunakan untuk produk tersebut sehingga daya rekatnya bisa dioptimakan. Ingat, tiga faktor penting perekatan yang mencakup lem, media yang akan dilem, dan cara aplikasinya.

Tapi jangan salah. Aspek daya rekat saja tak cukup untuk memilih lem wallpaper. Adhesive untuk produk ini setidaknya juga harus aman.

Memilih Lem untuk Wallpaper yang Non Toxic

Aspek keamanan sangat krusial karena mempengaruhi kesehatan keluarga. Aspek ini tak boleh disepelekan sebab banyak lem dengan kandungan berbahaya di pasaran. Contohnya saja lem yang mengandung:

VOC

VOC atau Volatile Organic Compounds adalah senyawa organik mudah menguap. Contoh senyawa VOC adalah formalin. Senyawa ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan ringan seperti pusing hingga yang berat seperti kanker.

Logam Berat

Banyak adhesive di pasaran yang masih menggunakan logam berat. Salah satu yang paling sering didapati adalah timbal atau Pb. Padahal Pb diketahui bisa menimbulkan gangguan organ dalam.

sumber-paparan-voc
Sumber paparan VOC dan logam berat salah satunya dari lem untuk wallpaper

Efek dari zat-zat tersebut memang tak akan terlihat langsung. Namun bisa berdampak pada tidak optimalnya perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan fisik. Potensi anak dan diri kita sendiri yang seharusnya sangat baik akan menurun akibat paparan senyawa tersebut secara terus menerus.

Harus Ada Buktinya

Pemilihan lem untuk wallpaper yang aman sudah sangat terbukti penting untuk dilakukan. Yang jadi persoalan sekarang adalah bagaimana memilih lem yang aman?
Kita tak bisa sekedar mengandalkan klaim dari berbagai produk adhesive. Bisa jadi klaim-klaim tersebut hanya sekedar iklan yang tak bisa dibuktikan. Jadi, akan sangat penting apabila kita memilih lem bukan dari klaimnya saja namun juga dari standar yang digunakan.

Yuk, cerdas dan cermat dalam memilih lem untuk wallpaper!

Lem untuk wallpaper
Eva Phaeton, lem aman untuk wallpaper Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here