Panduan Memilih Meja Kursi Tamu untuk Ruangan Cantik Anda

0
825
meja kursi tamu bohemian
meja kursi tamu bohemian

Apa saja hal yang harus diperhatikan saat membeli meja kursi tamu? Simak langsung tips-tips pentingnya di bawah ini.

Dari berbagai ruangan di rumah kita, ruang tamu tentu memiliki tempat tersendiri. Ruang tamu memiliki beragam fungsi yang tak sekedar lokasi untuk menjamu tamu. Lebih dari itu, ruang tamu juga bisa diposisikan sebagai representasi dari rumah dan diri kita secara umum. Sebab, gambaran ruang tamulah yang menjadi sebagian besar kontak seseorang ketika berkunjung ke rumah kita. Bila ruang tamu kita bersih, rapi, dan baik, maka persepsi orang pada kita dan rumah kita secar keseluruhan bisa baik. Begitu pula sebaliknya, bila ruang tamu tersebut kotor, jelek, dan tidak rapi, maka orang akan menilai kita secara negatif.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memastikan ruang tamu hadir dalam kondisi yang baik adalah dengan memilih mebel yang tepat. Meja kursi tamu adalah yang utama harus diperhatikan. Sebagai perabot pokok ruang tamu dan benda yang dipakai langsung oleh tamu, jelas kita tak bisa menghadirkan meja dan ruang tamu secara asal. Harus ada berbagai pertimbangan yang digunakan. Berikut ini aneka tips penting saat memilih mejan dan kursi ruang tamu yang bagus.

Ukuran Meja Kursi vs Ukuran Ruangan

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

Selalu perhatikan ukuran mebel yang Anda beli dan bandingkan dengan ukuran ruangan di mana mebel itu akan ditempatkan. Hal ini sebenarnya mudah dipahami, tapi ironisnya sering diabaikan orang. Misalnya, untuk ruangan yang sempit, hindarilah mebel besar dengan kesan berat. Sebaliknya untuk ruang yang luas, jangan malah membeli mebel dengan ukuran terlalu kecil.

Kebanyakan di antara kita, ketika belanja ke toko mebel hanya melihat keindahan mebel tersebut saja tapi kurang memperhatikan ukurannya yang terlalu besar atau bahkan terlalu kecil sebagaimana sudah dicontohkan. Salah satu yang sering terjadi di rumah-rumah Indonesia adalah pembelian sofa yang terlalu besar untuk ruang tamu yang sempit. Saat ini, banyak rumah yang memang tak seluas rumah zaman dulu. Jadi, saat membeli furniture pun, Anda tidak bisa abai begitu saja terhadap aspek krusial ini. Pasalnya, sebagus apapun mebel yang Anda beli, bila ukurannya terlalu besar atau kekecilan, estetikanya juga tak akan terlihat maksimal.

Baca Juga:  Mengenal Kegunaan Mesin Router dan Tips untuk Menggunakannya

Perhatikan Style yang Diterapkan

Kedua, perhatikan style ruangan dengan style meja kursi ruang tamu. Anda tidak boleh mudah tergoda dengan mebel yang bagus, tapi stylenya tidak cocok. Misal, Anda ingin menjadikan rumah Anda hadir dengan gaya bohemian. Untuk mendukung bohemian style, perabot yang ditempatkan pun idealnya cocok dengan style ini. Maka hindari style-style yang tak begitu mendukung, misalnya gaya futuristic, gothic, sampai eropa klasik.

meja tamu

Jumlah Kursi

Berapa orang anggota rumah Anda? Dan berapa kira-kira tamu yang bertandang ke rumah? Hal ini wajib diperhatikan. Bila Anda memang orang yang sering kedatangan tamu dalam jumlah besar, dan memiliki ruang tamu yang besar, jangan ragu untuk mengambil set sofa dan coffee table yang juga besar. Atau kombinasikan dengan produk lain yang masih cocok. Jangan asal menempatkan meja dan kursi tamu begitu saja padahal keduanya tidak memiliki kecocokan.

Pilih yang Kid Friendly

Utamakan keselamatan anak saat membeli produk apapun di rumah. Hal ini juga berlaku saat Anda hendak membeli meja kursi tamu. Pilihlah meja dan kursi tamu yang aman, misalnya tidak punya bagian yang runcing, bahannya tidak mudah melukai anak, dan finishingnya adalah finishing cat ramah lingkungan. Anda tidak mau bukan si kecil menderita karena kita abai terhadap faktor keselamatan ini?

Pilih yang Nyaman

meja sofa beach house
meja sofa beach house

Meja kursi tamu memang bukan meja kursi untuk beristirahat anggota keluarga dari kelelahan beraktivitas seharian. Akan tetapi bukan berarti kita dapat mengabaikan faktor kenyamanan. Tetaplah memilih meja dan kursi untuk ruang tamu yang bisa menghadirkan kenyamanan yang baik. Perhatikan bagian dudukan kursi dan sandarannya yang paling berpengaruh terhadap hal itu. Sebab bagaimanapun juga, sebagus apapun meja dan kursi tamu, kalau ia tidak nyaman digunakan, maka kehadirannya pun bisa jadi merugikan. Apalagi perabot ini ditempatkan di ruang tamu bagi pendatang yang barangkali juga ingin melepas penat sejenak di rumah Anda.

Baca Juga:  Sulap MDF Anda Jadi Meja Minimalis dengan Crossbond X4

Pilih yang Kokoh dan Awet

meja tamu (2)

Pastikan juga meja kursi tamu tersebut awet dan tahan lama. Artinya, kedua mebel tersebut idealnya tidak mudah rusak baik oleh faktor abiotik seperti kelembaban ataupun faktor biotik seperti jamur. Terkait dengan kekokohannya, adalah penting bagi kita membeli meja dan kursi yang kokoh. Sehingga produk tidak membahayakan ketika digunakan.

Andalkan Kayu

Saat ini sudah banyak meja dan kursi tamu yang dibuat dari beragam jenis bahan. Akan tetapi, tetap yang kami sarankan adalah meja dan kursi tamu yang menggunakan bahan kayu. Bahan kayu secara umum lebih estetik, nyaman dipandang, nyaman digunakan, ramah lingkungan, dan bisa memberikan efek relaks pada diri kita. Anda pun tak perlu khawatir dengan harga meja kursi tamu kayu solid yang mahal. Bukankah sekarang sudah ada meja dan kursi tamu dari engineered wood?

Membuat Meja Kursi Tamu sesuai Selera Konsumen

Beberapa tips di atas adalah tips yang penting untuk diperhatikan calon pembeli meja dan kursi tamu. Akan tetapi, bila Anda pelaku usaha mebel, memperhatikan berbagai tips di atas juga krusial. Dengan memperhatikan berbagai tips di atas, Anda bisa:

  1. Menjual produk ideal yang bagus di mata pembeli.
  2. Meningkatkan nilai jual meja dan kursi tamu dengan berbagai karakter di atas.

Untuk mewujudkan berbagai tips di atas memang tidak mudah. Namun, bukan berarti juga sulit. Ada banyak kiat yang bisa dilakukan. Misalnya dengan menggunakan Crossbond agar meja kursi tamu Anda tidak mudah rusak. Crossbond merupakan lem berbasis PVAc water based yang didesain dengan inner cross linker. Lem ini memiliki berbagai keunggulan sebagai lem untuk industri mebel. Berbagai keunggulan lem ini antara lain terletak pada daya rekatnya yang baik, tahan lama, mudah digunakan, cover area luas, dan tidak menyebabkan glue line.

Baca Juga:  Menggiurkan, Lem Kayu Murah tapi Berkualitas!

Adhesive Crossbond terdiri atas dua varian dengan fungsi yang berbeda:

  1. Crossbond X3 untuk penyambungan rangka mebel. Sambungan seperti dowel hingga bisquit joint bisa dikokohkan dengan adhesive ini.
  2. Crossbond X4 untuk laminasi. Crossbond X4 bisa Anda gunakan untuk aplikasi pengeleman laminasi sampai veneer. Lem ini merupakan lem heavy duty yang bisa diaplikasikan pada kondisi yang jauh dari ideal.

Harga Crossbond mulai Rp. 45.000 untuk Crossbond X3 dan Rp. 50.000 untuk Crossbond X4. Segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan kedua lem terbaik untuk membuat meja kursi tamu tersebut.

Semoga bermanfaat.

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here