Panduan Memilih Lem Kayu untuk Tripleks

0
1856
lem kayu untuk tripleks

multipleks kayu lapisKebutuhan pengeleman adalah kebutuhan yang sangat spesifik. Pun demikian bila Anda ingin membeli lem kayu untuk tripleks, Anda harus memilih produk yang tepat. Sebab, meskipun terlihat sederhana, perekatan adalah sebuah proses kimia yang melibatkan substrat kayu dan lem. Dengan demikian, lem bukan hanya harus bagus, tapi juga cocok secara kimiawi pada kayu. Apalagi bila jenis kayu yang akan direkatkan berbeda. Sebab, tiap jenis kayu memiliki sifat kimia dan fisis sendiri-sendiri.

Apa Jenis Lem Kayu untuk Tripleksi yang Paling Tepat?

Perekatan kayu lapis seperti tripleks (multipleks) termasuk dalam jenis perekatan laminasi. Tipe ini biasanya melibatkan dua media untuk disatukan secara horizontal maupun vertikal. Berbeda dengan perekatan tipe konstruksi, umumnya tidak terdapat komponen yang bisa dipisahkan. Pada kasus pembuatan tripleks, misalnya, setiap kayu akan disatukan membentuk ketebalan tertentu tanpa dibedakan antar komponennya seperti pada perekatan kaki kursi dan dudukannya.

Pada perekatan laminasi ini, hal-hal yang harus diperhatikan selain kualitas umum seperti daya rekat antara lain: lem kayu untuk tripleks

Viskositas

Jangan memilih lem kayu yang kekentalan atau viskositasnya tinggi untuk kebutuhan penyambungan tripleks. Pilihlah produk dengan viskositas medium hingga encer seperti Crossbond™ X4. Sebab pada perekatan laminasi, substrat lem harus mampu meresap ke dalam kayu dengan cepat tanpa meninggalkan lapisan film.

Daya Sebar

CS Lem Kayu

Pilih lem yang daya sebarnya tinggi. Sebab, kebutuhan perekatan laminasi seperti tripleks dilakukan pada media yang lebar. Dengan daya sebar yang baik, ongkos produksi dapat ditekan sedemikian rupa.

Kepraktisan Aplikasi

Beberapa jenis lem harus diaplikasikan pada kedua sisi dalam aplikasinya. Sedang yang lain, langsung bisa merekat ketika diaplikasikan pada salah satu sisinya saja. Untuk kebutuhan perekatan tripleks yang lebar, sebaiknya pilih lem yang langsung bisa merekat ketika diaplikasikan pada salah satu sisi medianya saja.

Lapisan Film

Poin ini terkait dengan masalah viskositas, tapi tak selalu berkaitan dengan faktor tersebut.
Hal terakhir yang harus Anda perhatikan saat membeli lem kayu untuk tripleks adalah masalah pembentukan lapisan film. Jangan pernah membeli produk yang menghasilkan lapisan tersebut. Sebab, nantinya plywood produksi Anda memiliki lapisan tambahan berupa lapisan lem yang sangat mengganggu dari segi estetika maupun kekuatan struktural.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here